Albert Einstein (Sumber gambar: Taton Moise/Unsplash)

On This Day 14 Maret: Kelahiran Albert Einstein dan Meninggalnya Stephen Hawking

14 March 2023   |   13:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Banyak peristiwa kelahiran dan kematian orang berpengaruh di dunia yang terjadi pada 14 Maret. Meski bukan dalam rentang tahun yang sama, 14 Maret mencatat banyak kejadian dalam masa hidup para ilmuwan yang bersumbangsih dalam perkembangan ilmu pengetahuan abad modern.

Misalnya saja Albert Eintein yang menemukan teori persamaan paling populer di dunia. Karl Marx yang tenar dengan marxisme dan melahirkan teori penting terkait tatanan sosial, ekonomi, dan politik. Stephen Hawking yang melahirkan teori kosmologi bernama Big Bang yang berpengaruh dalam pengetahuan astronomi. Tiga ilmuwan ini memiliki catatan khusus dengan peritiwa pada 14 Maret.

Baca juga: 7 Penemuan Hebat Einstein untuk Mengenal Alam Semesta


1. Albert Einstein

Albert Einstein, salah satu ilmuwan terkemuka di dunia dilahirkan pada 14 Maret. Tepatnya pada 1879 di Jerman. Tak ada yang menyangka jika kelahiran Albert Eintein menyumbang banyak hal penting dalam pengetahuan dunia. Pasalnya, dia memiliki pertumbuhan yang kurang baik di masa kecilnya. Albert Einstein tidak bisa berbicara hingga usianya dua tahun.

Bisa dibilang, Albert Einstein hidup berkat rasa ingin tahu yang besar. Dia selalu mencoba mengetahui apa saja yang ada di sekelilingnya. Rasa penasarannya dimulai saat ayahnya memberinya kompas. Di masa remajanya, dia tinggal sendiri di Munich untuk menyelesaikan sekolah setelah ibu dan ayahnya bekerja di Italia.

Pola pikir Albert Eintein menggerakannya tentang bagaimana sebuah hal bisa ada dan bisa terjadi. Semasa sekolahnya, Albert Eintein kesulitan dengan pelajaran Kimia dan Bahasa Prancis. Rasa penasarannya justru membuatnya berlari ke fisika. Dia mendalaminya dengan baik hingga melahirkan banyak teori fisika yang saat ini digunakan di dunia pendidikan.

Beberapa teori dari penemuannya yang populer antara lain teori relativitas umum, teori kesetaraan massa energi, dan bom atom. Rumus sederhana dari kesetaraan massa energi yakni E=mc2 serta hukum efek fotolistrik turut membuatnya menerima Nobel Fisika pada 1921.


2. Karl Marx

Berselang 4 tahun dari kelahiran Albert Einstein, ilmuwan sekaligus filsuf Karl Max meninggal dunia. Pria dengan nama asli Karl Heinrich Marx ini membabat habis pengetahuan sosial, mulai dari filsafat, ekonomi, sejarah, politik, sosisologi, hingga jurnalisme semasa hidupnya.

Karl Marx lahir dalam keluarga kelas menengah di Jerman pada 5 Mei 1818. Semasa hidupnya, dia mempelajari hukum dam filsafat. Dari sanalah berbagai teori konflik banyak dikuasainya. Misalnya tentang kelas sosial serta perubahan sosial yang terjadi pada zamannya.

Berbagai teorinya itu mendukung pengetahuan sosial terkait pejuangan kelas yang mendukung manusia dalam hidup dan berkembang. Semasa penemuan teori-teorinya, Karl Marx mendapat banyak pujian sekaligus krtikan. Penemuannya banyak mempengaruhi iimu sosial di dunia modern yang turut mempengaruhi perkembangan partai politik dan intelektual di dunia. Karl Marx meninggal dunia di usianya yang ke-64 tahun di London, Inggris pada 14 Maret 1883. Dia dimakamkan di Highgate Cemetery, London.
1
2


SEBELUMNYA

Mengenal White Day yang Jatuh Pada 14 Maret, Apa Bedanya dengan Valentine?

BERIKUTNYA

Mengenal Inner Child dan Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: