Albert Einstein (Sumber gambar: Taton Moise/Unsplash)

On This Day 14 Maret: Kelahiran Albert Einstein dan Meninggalnya Stephen Hawking

14 March 2023   |   13:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

3. Stephen Hawking

Fisikawan modern asal Inggris, Stephen Hawking juga meninggal tepat pada 14 Maret 2018 silam. Dia terkenal sebagai ahli teori fisika, kosmologi, serta pengarang. Semasa hidupnya dia banyak mencatat penelitian terkait kosmologi. Bahkan dia menjadi Direktur Penelitian untuk teori kosmologi di Cambridge University.

Stephen Hawking lahir pada 8 Januari 1942 di Oxford, Inggris. Pendidikan fisika diselesaikannya di Univerity College pada 1962. Kemudian dia meneruskan pendidikannya di Trinity Hall, Cambridge. Dia banyak belajar di bidang relativitas umum berfokus pada fisika black hole.

Stephen Hawking divonis mengidap penyakit amyotrophic lateral sclerosis di awal 60-an, saat usianya masih 20 tahunan. Sayangnya, penyakit yang tergolong neuromuskuler degeneratif ini tak bisa disembuhkan. Semangatnya tetap mendorong Hawking bekerja dalam dunia pengetahuan fisika.

Setelah menyelsaikan pendidikan doctor, Stephen Hawking melahirkan dua teori yakni Bing Bang dan Steady State. Big Bang atau dikenal dengan dentuman besar menjelaskan jika alam semesta bermula dari gumpalan gas yang ada di jagat raya. Sementara  teori Steady State menunjukan hasil jika secara matematis, teori ini bertentangan dengan teorinya sendiri.
 

4. Sir Peter Maxwell Davies

Sir Peter Maxwell Davies merupakan sosok penting bagi dunia musik semasa 1900-an. Dia merupakan komposer dan konduktor Inggris yang lahir pada 8 September 1934 di Salford, Inggris. Musiknya terbilang inovatif dan kuat hingga dia menjadi salah satu komposer paling berpengaruh di abad ke-20.

Pada 2004, Sir Peter Maxwell Davies pun diangkat menjadi Master of the Queen’s Music, sebuah jabatan penting dalam kehidupan kerjaan yang diberikan pada musisi yang luar biasa. Jabatannya mirip dengan Poet Laureate. Jabatan itu akan memikul kewajiban mengarang musik untuk memperingati acara penting kerjaan dan acara seremonial lainnya.

Beberapa karya komposisinya yang terkenal ialah The Yellow Cake Revue, The Lighthouse, Taverner, Eight Songs for a Mad King, hingga Cinderella. Sir Peter Maxwell Davies meninggal pada 14 Maret 2016 di Sanday, Inggris di usianya yang ke-81 tahun.

Editor: Dika Irawan 
1
2


SEBELUMNYA

Mengenal White Day yang Jatuh Pada 14 Maret, Apa Bedanya dengan Valentine?

BERIKUTNYA

Mengenal Inner Child dan Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: