Film ini diperankan oleh Michelle Yeoh. (Sumber gambar: IMDb)

Keren, Everything Everywhere All at Once Jadi Film Terbanyak Raih Piala Oscar 2023

14 March 2023   |   08:13 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Film Everything Everywhere All at Once berhasil memenangkan 7 kategori di ajang Academy Awards 2023. Kemenangan itu membuat karya yang mendapatkan arahan dari sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert menjadi yang terbanyak membawa pulang piala.

Dikutip dari laman Oscar, Everything Everywhere All at Once berhasil memenangkan penghargaan Actor In A Supporting Role, Actress In A Leading Role, Actress In A Supporting Role, Directing, Best Picture, Writing (Original Screenplay), dan Film Editing.

Di kategori Actor in Supporting Role, penghargaan diberikan kepada Ke Huy Quan. Sang aktor berhasil mengalahkan Brendan Gleeson (The Banshees of Inisherin), Brian Tyree Henry (Causeway), Judd Hirsch (The Fabelmans), dan Barry Keoghan (The Banshees of Inisherin).

Baca juga: Everything Everywhere All At Once Sabet Gelar Film Terbaik di Oscars 2023

Michelle Yeoh dalam perannya di Everything Everywhere All at Once adalah aktris yang memenangkan kategori Actress In A Leading Role dan menambah koleksi Piala Oscar ke-95. Warga negara Malaysia ini mengungguli Cate Blanchett (TAR), Ana De Armas (Blonde), Andrea Riseborough (To Leslie), dan Michelle Williams (The Fabelmans).

Di kategori Actress In A Supporting Role ada aktris Jamie Lee Curtis yang memberikan kontribusi Piala Oscar. Sang seniman menyingkirkan aktris lainnya, yakni Angela Bassett (Black Panther: Wakanda Forever), Hong Chau (The Whale), Kerry Condon (The Banshees of Inisherin), dan Stephanie Hsu (Everything Everywhere All at Once).

Giliran sang sutradara Daniel Kwan and Daniel Scheinert yang menyumbangkan piala melalui kategori Directing. Mereka menjadi pemenang setelah bersaing dengan Martin McDonagh (The Banshees Of Inisherin), Steven Spielberg (The Fabelmans), Todd Field (TÁR), Ruben Östlund (Triangle Of Sadness).

Film Everything Everywhere All at Once berhasil menambah koleksi Piala Oscar ke-95 setelah Paul Rogers memenangkan kategori Film Editing. Sang editor mengalahkan nominasi lainnya, yakni Mikkel E.G. Nielsen (The Banshees Of Inisherin), Matt Villa and Jonathan Redmond (Elvis), Monika Willi (TÁR), dan Eddie Hamilton (TOP GUN: Maverick).

Selain itu, karya yang rilis pada 2022 silam itu juga memenangkan Piala Oscar ke-95 untuk ketegori Writing (Original Screenplay) setelah mengalahkan The Banshees Of Inisherin, The Fabelmans, TÁR, dan Triangle Of Sadness.

Terakhir adalah kategori Best Picture. Everything Everywhere All at Once menjadi film terbaik dengan mengalahkan film lainnya yang masuk nominasi, yakni All Quiet On The Western Front, Avatar: The Way Of Water, The Banshees Of Inisherin, Elvis, The Fabelmans, TÁR, TOP GUN: Maverick, Triangle Of Sadness, dan Women Talking.

Dikutip dari laman Internet Movie Database (IMDb), kemenangan di ajang Piala Oscar ke-95 menambah deretan piala yang sudah diperoleh film ini. Tercatat, sebanyak 350 piala telah dibawa pulang oleh pada 2022 – 2023.

Contoh piala yang pernah diraih adalah Outstanding Performance by a Male Actor in a Supporting Role, Outstanding Performance by a Female Actor in a Leading Role, Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture, dan Outstanding Performance by a Female Actor in a Supporting Role. 

Everything Everywhere All at Once memperoleh semua kemenangan itu di ajang Screen Actors Guild Awards yang terselenggara pada tahun ini.

Film yang diperankan oleh Michelle Yeoh ini bercerita tentang seorang imigran China paruh baya yang mengalami petualangan gila, membuatnya dapat menyelematkan keberadaan diri dengan mengeksplorasi dunia lain, dan terhubung dengan kehidupan yang dapat dijalani.  Dengan pemberi nilai sebanyak 363.000 pengguna akun IMDb, maka film ini berhasil mendapatkan rata-rata rating sebesar 8 dari 10.

Meskipun begitu, laman Box Office Mojo mencatat, Everything Everywhere All at Once hanya memperoleh perkiraan pendapatan kotor sebesar US$106,7 juta di seluruh dunia. Penghasilan itu pun membuatnya hanya menduduki posisi ke-37 dalam daftar film terlaris 2022.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscars 2023, Everything Everywhere All At Once Kian Bersinar

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jadi Program Diplomasi Budaya, Cek Kegiatan Menarik di  Year of Culture Indonesia-Doha 2023

BERIKUTNYA

Sinopsis Midnight Museum, Drama Thailand Berbalut Misteri Penuh Teka-Teki

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: