POCO X5 5G (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Membongkar & Mengintip Komponen Bagian Dalam Smartphone POCO X5 5G

13 March 2023   |   20:28 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Dengan harga hanya Rp3 jutaan, POCO X5 5G menjadi salah satu smartphone yang paling diperhitungkan di kelasnya. Meski terbilang murah, ponsel pintar terbaru dari POCO ini menawarkan berbagai keunggulan dengan spesifikasi yang menarik bagi pengguna.

Jeksen, selaku Product Marketing Manager POCO, mengatakan POCO X5 5G meneruskan smartphone X Series dengan menawarkan performa yang ekstrem dan sanggup melibas berbagai jenis aktivitas, termasuk gim. Oleh karena itu, sejak awal kemunculannya, POCO X5 5G cukup banyak mengejutkan pasar. 

Namun, smartphone yang menawarkan kualitas, tetapi dengan harga yang bersaing, kerap mendapatkan stigma kurang menyenangkan. Banyak yang bilang harga smartphone bisa lebih murah karena ada komponen lain yang dikorbankan demi menonjolkan sisi lain.

Demi menyingkap tabir tersebut, Jeksen pun membongkar smartphone POCO X5 5G untuk melihat lebih detail komponen apa saja yang ada di dalamnya. Namun, Jeksen meminta tindakan membongkar smartphone harus dilakukan dengan bijak. 

Baca juga: Ada 7 Fitur Unggulan, Yuk Cek Spesifikasi dan Harga POCO M5
 

Komponen POCO X5 5G (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Komponen POCO X5 5G (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Sebaiknya, kata dia, pembongkaran dilakukan oleh seorang profesional. Sebab, jika dilakukan sembarangan, smartphone yang dibongkar bisa berujung pada kerusakan. Selain itu, pembongkaran secara mandiri juga bisa berakibat pada hilangnya garansi, terutama pada produk baru.

"Biasanya ada alat khusus juga untuk membukanya. Selain itu, ada sticker tertentu sebagai tanda garansi masih aktif, yang bisa rusak jika melakukan pembongkaran secara mandiri," ucap Jeksen dalam acara Teardown POCO X5. 

Acara yang digelar di salah satu kafe di Jakarta Selatan itu berjalan menarik. Di bantu oleh tim POCO, mereka pelan-pelan membedah semua komponen smartphone tersebut di hadapan media.

Dari bagian mainboard, telihat chipset Snapdragon 695 5G dengan fabrikasi 6nm. Cip ini cukup kecil. Namun, performa yang dihasilkan sangat baik. Dari pengujian internal, chipset tersebut mampu memperoleh skor AnTuTu sebesar 404.767, yang mana hasilnya lebih tinggi dibanding chipset yang digunakan pada seri X sebelumnya. 

Sebagai catatan, CPU Kryo 660, GPU Adreno 619 yang disematkan ini mampu meningkatkan setiap interaksi untuk menghasilkan pengalaman bermain yang lancar, streaming yang andal, dan juga fotografi pro-level dengan Spectra 346T Triple ISP. 

Komponen menarik selanjutnya ialah sektor pendingin. POCO X5 5G ternyata sudah dilengkapi graphite cooling berukuran besar hingga 9.600mm persegi. Kemampuan POCO X5 5G dalam mengelola temperatur hasil kombinasi chipset Snapdragon 695 5G yang rendah daya dengan cooling yang luas ini membuat POCO X5 5G semakin ekstrem digunakan untuk bermain gim, menonton, mendengarkan musik, maupun browsing seharian. 

POCO X5 5G juga sudah dilengkapi baterai Li-ion (Lithium ion) berkapasitas 5000mAh. Meski berdaya besar, ukuran baterai tidak terlalu memakan tempat. Baterai ini mampu bertahan non-stop 20 jam menelepon, 21 jam video streaming, 13 jam gaming, hingga 192 jam mendengarkan musik. 
 

Komponen POCO X5 5G (Sumber gambar: POCO Indonesia)

Komponen POCO X5 5G (Sumber gambar: POCO Indonesia)

Kemudian, bagian kamera juga cukup menarik perhatian. Kehadiran 48MP Triple Camera yang dilengkapi teknologi AI serta pilihan 12 filter membuat POCO X5 5G cukup bisa diandalkan. Disamping performa ekstrem yang dimiliki, POCO X5 5G sudah mampu memberikan kebebasan bagi para penggunanya yang suka memotret dan membuat konten video. 

Bagian layar, sebagai salah satu komponen terbaik POCO X5 5G juga menawarkan hal menarik. Layar 120Hz  AMOLED ini bisa dibilang super slim. Layar 6.67” AMOLED Dot Display pada POCO X5 5G memiliki refresh rate tinggi dengan super resolution touch, sehingga perpindahan gambar saat bermain gim, atau streaming video akan terasa mulus, dan memiliki tingkat presisi 10 kali lipat lebih baik. 

Spesifikasi layar POCO X5 5G juga makin baik berkat 100-P3 wide color gamut dan resolusi yang besar 2400 x 1080 px yang mampu menampilkan gambar berkualitas FHD+. Ponsel juga sudah memiliki NFC (near field communication) yang memudahkan transaksi non-tunai dengan smartphone. dengan berbagai fitur menarik di dalamnya, smartphone ini hanya memiliki berat 189 gram. 

Baca juga: 9 Cara Mematahkan Kecanduan Smartphone

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Goethe-Institut Bandung Bakal Gelar Pameran Sound of X

BERIKUTNYA

Cantiknya Jisoo Dalam Teaser Foto Terbaru ME

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: