Seniman Jeff Koons (Sumber gambar: Twitter Jeff Koons)

Profil Jeff Koons, Seniman Kontemporer Masyhur & Kontroversial Asal Amerika Serikat

12 March 2023   |   15:52 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Penghargaan Bergengsi

Jeff Koons telah menerima banyak penghargaan atas kontribusinya dalam dunia seni rupa kontemporer. Salah satunya adalah penghargaan Governor’s Awards for the Arts dari dari Dewan Seni Pennsylvania.

Tak hanya itu, mantan Presiden Perancis Jacques Chirac juga sempat mempromosikan Koons sebagai Officier de la Légion d'Honneur. Bahkan, Menteri Luar Negeri Hillary Rodham Clinton pun menganugerahi Koons dengan Medal of the Arts atas komitmennya yang luar biasa terhadap seni rupa di dunia.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jeff Koons (@jeffkoons)


Pada 2017, Koons juga dijadikan Artist-in-Residence pertama di Universitas Columbia Mortimer B. Zuckerman Mind Brain Behavior Institute. Selain itu, dia juga menjadi Anggota Kehormatan Universitas Oxford' s Edgar Wind Society dalam kategori Kontribusi Luar Biasa untuk Budaya Visual.

Di luar dunia seni, kehidupan pribadi Koons juga sering menjadi sorotan media. Pada 1991, dia sempat menikah dengan Ilona Staller, seorang bintang porno Italia yang dikenal dengan nama panggung Cicciolina. Sayangnya pernikahan mereka hanya bertahan 3 tahun dan berakhir dengan perceraian.

Kendati banyak menuai kontroversi, Jeff Koons tetap menjadi sorotan di dunia seni rupa. Ini dikarenakan seni progresifnya yang berdampak pada perkembangan seni kontemporer di AS dan global. Terbaru, tentu saja lewat seri patung terbatas Balloon Dog yang kini berkurang dari 799 seri menjadi 798 akibat pecah saat dipamerkan di Art Wynwood.

Selain itu, sejak pameran tunggal pertamanya pada 1980, karya Koons juga  telah dipamerkan di berbagai galeri dan institusi besar di seluruh dunia. Termasuk yang diselenggarakan oleh Whitney Museum of American Art, Jeff Koons: A Retrospective pada 27 Juni- 19 Oktober 2014.

Baca juga: Profil Yayoi Kusama, Seniman Gaek Nyentrik yang Berkolaborasi dengan Louis Vuitton

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
1
2


SEBELUMNYA

Hypereport: Ujung Tombak dan Potensi Domestikasi Hewan di Indonesia

BERIKUTNYA

Hypereport: Memaksimalkan Potensi Pariwisata Alam Liar di Indonesia 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: