Ilustrasi Google Meet. (Dok. Surface dari Unsplash)

Yah, Google Meet Akan Dibatasi Jadi Satu Jam untuk Akun Gratis

14 July 2021   |   12:09 WIB

Bagi Genhype yang menggunakan Google Meet sebagai salah satu aplikasi untuk melakukan konferensi video atau telepon dengan sambungan video, kali ini layanan Meet akan dibatasi untuk kalian yang menggunakan akun gratis.

Hal ini terungkap setelah 9to5Google mendeteksi adanya perubahan pada halaman bantuan, di mana Google telah menghentikan layanan konferensi video untuk kelompok di aplikasi Meet bagi pengguna yang memiliki akun Gmail gratis dengan batasan maksimal satu jam untuk setiap sesinya.

Sebelumnya, Meet diketahui mendukung layanan konferensi video untuk kelompok dengan durasi hingga 24 jam. Ini tentu membantu banyak pihak seiring dengan meningkatnya kegiatan secara virtual akibat pandemi Covid-19.

Meet pertama kali dibuka untuk pengguna nonperusahaan pada April 2020 untuk meningkatkan persaingan dengan aplikasi Zoom dan kala itu Google menjanjikan layanan pertemuan virtual dengan durasi tak terbatas hingga 30 September 2020. Akan tetapi, layanan ini diperpanjang hingga Maret 2021 kemudian diperpanjang lagi pada akhir Juni 2021.

Meski layanan gratisnya kini dibatasi, tetapi Google tetap menawarkan layanan konferensi video antar individu tanpa batas. Sementara itu, layanan konferensi video grup yang tidak terbatas hanya bisa digunakan bagi pengguna akun Google yang berbayar.

Berbeda dengan Google Meet, Zoom juga memiliki layanan konferensi video yang tidak terbatas dan gratis pada konferensi video antar individu. Berbeda dengan layanan antar individu, layanan konferensi video untuk pertemuan kelompok bagi pengguna akun gratis hanya dibatasi hingga 40 menit.

Saat ini, ada tiga layanan konferensi video yang banyak digunakan: Meet, Zoom, dan Microsoft Teams. Ketiganya mulai sebagai produk komunikasi bisnis yang kemudian diadaptasi oleh pengguna nonbisnis di awal-awal masa pandemi. 

Kini dengan berbagai keterbatasan bagi pengguna nonbisnis, tentu akan menarik untuk melihat layanan mana yang akan membuat orang-orang tetap bertahan menggunakannya.


Editor: Indyah Sutriningrum

 
SEBELUMNYA

Instagram Luncurkan Fitur Keamanan Ini untuk Akun Pengguna yang Diretas

BERIKUTNYA

Kenali 8 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: