Foto perubahan pada salah satu sekolah (Sumber : Instagram Happy Heart Indonesia)

Bangun Ulang Sekolah, Happy Heart Indonesia Gencarkan Kampanye Perubahan

09 March 2023   |   08:53 WIB

Genap 10 tahun berkiprah, Yayasan Happy Heart Indonesia menargetkan membangun ulang 40 sekolah sebagai bagian dari penyediaan fasilitas pembelajaran yang memadai bagi anak-anak usia sekolah di daerah terpencil. Uniknya, pembangunan sekolah tersebut akan memanfaatkan bahan plastik bekas daur ulang.

Sylvia Beiwinkler, Chief Executive Officer Happy Heart Indonesia, mengatakan bahwa target pembangunan ulang sekolah tersebut menjadi salah satu bentuk inovasi yang akan diterapkan pada tahun ini. "Plastik bekas daur ulang akan menjadi menjadi batu sebagai bahan bangunan sekolah," ujarnya, baru-baru ini.

Baca juga: Thenblank Gandeng Dusdukduk Daur Ulang Kemasan Jadi Produk Bernilai Lebih

Sylvia mengklaim, Yayasan Happy Heart Indonesia telah sukses membuat banyak perubahan, khususnya dalam membantu anak-anak yang selamat dari bencana alam serta membantu membangun ulang sekolah-sekolah di daerah terpencil. 

Sejauh ini, Happy Heart Indonesia telah membangun 293 sekolah yang mendapat dukungan dari banyak pihak termasuk berkat setiap kampanye yang digencarkan yayasan melalui media sosial. Dia memaparkan, dari banyaknya kampanye yang terlaksana, terdapat satu kampanye yang memberikan dampak besar bagi Indonesia, tepatnya kampanye yang digelar pada 5 tahun yang lalu.

Kampanye yang dimaksud oleh Sylvia adalah kampanye #IAMCHANGE. Kampanye yang difokuskan untuk membangun ulang sekolah-sekolah di daerah Nusa Tenggara Timur tersebut berhasil terealisasi dan menjadikan sekolah di provinsi tersebut terbangun dengan lebih layak dan memadai.

Selain itu, kampanye #ReachHHIgher yang digelar pada tahun ini juga diharapkan dapat makin memberikan dampak besar bagi Indonesia.
 

Kerja Sama Inovasi

Yani Sinulingga, Head of Marketing & Communication Happy Hearts Indonesia mengatakan bahwa untuk mendukung pembangunan ulang sekolah-sekolah yang disasar dalam program tersebut, 

Happy Hearts Indonesia menjalin kerja sama dengan perusahaan Block Solution Indonesia. Inovasi tersebut adalah pengubahan sampah plastik menjadi batako bangunan.

 

Ilustrasi Inovasi Block Solutions (Sumber gambar: dok Block Solutions)

Inovasi Block Solutions (Sumber gambar: dok Block Solutions)


Setiap sampah plastik, paparnya, diolah oleh pihak Block Solution menjadi batu sebagai bahan dasar bangunan. Batu yang  telah diolah dari sampah plastik ini disebut blocks (batako). Pembuatan blocks ini memerlukan rangkaian tahapan, yang di mulai dari pemisahan banyaknya sampah plastik terlebih dahulu, mencucinya, lalu masuk ke dalam proses pencacahan. 

Proses kemudian adalah pengolahan menjadi bahan baku yang akan digunakan untuk membuat blocks tersebut dengan disertai adanya proses injeksi. Produk blocks atau batako produksi Block Solution Indonesia telah dimanfaatkan di sejumlah daerah yaitu di Jawa dan Lombok.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Keren, Premier Live Pro Bawa Konser Glenn Fredly dalam Holographic Performance

BERIKUTNYA

Totalitas! Tim Bulu Tangkis Indonesia Siap Berlaga di All England 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: