Apple Akan Merilis iMac 2023 dengan chip M3. (Sumber Foto: Flipboard)

iMac Baru dengan chip M3 Akan Rilis Tahun Ini, Simak Keistimewaannya

07 March 2023   |   18:57 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kabarnya Apple saat ini sedang mempersiapkan iMac 2023 yang akan ditenagai oleh chipset M3. Diketahui iMac 2023 masih dalam tahap pengujian dan akan meluncur paling cepat di paruh kedua 2023 atau sekitar bulan September - Desember 2023. Kira-kira seperti apa keunggulan perangkat canggih tersebut?

Mengutip dari The Verge, Mark Gurman, reporter teknologi Bloomberg mengatakan bahwa iMac masih berada di tahap pengembangan lanjutan dan saat ini Apple masih melakukan uji produksi mesin.  iMac baru ini diperkirakan tidak akan memasuki tahap produksi massal sampai setidaknya tiga bulan, tapi masih bisa mulai dikirimkan pada paruh kedua tahun ini.

Rincian lain yang diungkap oleh Gurman adalah beberapa komponen internal iMac mungkin akan dipindahkan dan didesain ulang. Selain itu, proses produksi untuk memasang dudukan iMac ke layar juga akan berbeda dari sebelumnya.

Baca juga: Apple Umumkan Mac Mini dengan Chip M2 & M2 Pro, Cek Keunggulannya!

Gurman memaparkan bahwa iMac 2023 akan menampilkan ukuran layar 24 inci dan pilihan warna biru, perak, merah muda, dan oranye yang sama dengan model sebelumnya. Generasi terdahulunya iMac M1 dengan layar 24 inci dirilis pada 2021 atau sekitar 2 tahun yang lalu.

Gurman melaporkan bahwa iMac baru akan lebih bertenaga dengan chip M3. Perangkat ini akan menjadi salah satu mesin berbasis M3 pertama perusahaan Apple. Apple diperkirakan akan memamerkan chip M3 di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Juni 2023.

Selain itu, saat ini Apple juga sedang bersiap meluncurkan MacBook Air 15 inch, MacBook Air 13 inch versi upgrade, dan Mac Pro yang dibekali chip M2 Ultra. Gurman berspekulasi bahwa mungkin masuk akal bagi Apple untuk menyertakan chip M3 di MacBook Air 13 inci juga.

Banyak yang penasaran mengenai keunggulan iMac 2023, mengingat seri sebelumnya iMac M1 yang rilis pada 2021 dibekali spesifikasi yang mumpuni. iMac M1 dibekali dengan Apple M1 yang menggunakan teknologi Apple Silicon buatan Apple.

Chip Apple M1 sendiri sebelumnya telah disematkan pada MacBook Air, MacBook Pro, Mac mini dan bahkan di perangkat iPad Pro. iMac M1 tersedia dengan 7 pilihan warna yaitu Green, Yellow, Orange, Pink, Purple, Blue dan Silver. Mengenai harganya pun beragam.

iMac M1 (8-Core CPU, 7-Core GPU, 256GB SSD, 8GB RAM, 2 Thunderbolt / USB 4 ports, Magic Keyboard, Magic Mouse) seharga 20,499 juta Rupiah. Sementara iMac M1 (8-Core CPU, 8-Core GPU, 256GB SSD, 8GB RAM, dua Thunderbolt / USB 4 port, dua USB 3 port, Magic Keyboard dengan Touch ID, Magic Mouse) harganya 23,999 juta Rupiah.

Adapun iMac M1 (8-Core CPU, 8-Core GPU, 512GB SSD, 8GB RAM, dua Thunderbolt / USB 4 port, dua USB 3 port, Magic Keyboard dengan Touch ID, Magic Mouse) dibanderol seharga 26,999 juta Rupiah. Ketersediaan warnanya pun menyesuaikan dengan harganya.

iMac M1 dengan spek paling rendah tersedia dalam warna Blue, Green, Pink dan Silver, sementara spek menengah dan paling tinggi dijual secara lengkap dengan 7 warna yaitu Green, Yellow, Orange, Pink, Purple, Blue dan Silver. 

Baca juga: Memanfaatkan Layanan Daring Apple Tanpa Menggunakan Perangkat Apple

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tanpa Sylvester Stallone, Film Creed III Raih Rp889 Miliar di Pekan Pertama

BERIKUTNYA

SKKNI Bidang Perfilman Perlu Direvisi untuk Tampung Profesi Baru di Industri Film Nasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: