(Unsplash/Andreas Klassen)

Ini Dia 7 Kiat Genjot Produktivitas Perusahaan dan Pekerja dari Elon Musk

09 May 2021   |   18:51 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pandemi corona yang berlangsung panjang telah memberikan tekanan pada para pekerja dan perusahaan. Pagebluk itu telah mengubah pola kerja warga dari kondisi sebelumnya. Penyesuaian yang ada tentunya memerlukan waktu untuk pekerja guna beradaptasi. Akan tetapi, tuntutan pekerjaan selalu ada dan menjadi momok tersendiri yang menyurutkan gairah bekerja.

Dilansir Gadgets Now, Minggu (9/5) berikut ini adalah beberapa tip dan kiat yang diberikan oleh CEO Tesla Elon Musk untuk membantu meningkatkan produktivitas di tempat kerja. 

1. Jangan rapat besar kalau tidak dengan tujuan jelas
Menurut Elon Musk, kecuali pertemuan besar secara tegas memenuhi tujuan yang dimaksudkan, kegiatan seperti ini perlu dihindari. Dia mengatakan rapat yang berlebihan adalah penyakit tidak baik bagi perusahaan besar dan kian menjadi buruk dari waktu ke waktu.

"Harap singkirkan semua rapat besar, kecuali Anda yakin rapat itu memberikan nilai kepada seluruh audiens yang dalam hal ini harus dibuat sangat singkat," ujarnya.

2. Jangan terlalu sering rapat, kecuali untuk sesuatu yang mendesak
Selanjutnya, dia menyarankan agar perusahaan tidak terlalu sering mengadakan rapat, kecuali untuk sebuah urusan yang sangat mendesak.
"Juga singkirkan pertemuan yang sering, kecuali jika Anda berurusan dengan masalah yang sangat mendesak. Frekuensi pertemuan harusnya akan menurun setelah masalah diselesaikan," katanya.

3. Tinggalkan rapat jika tidak ada yang penting
Tips ketiga dari Musk ditujukan bagi para pekerja. Dia mengatakan mereka bisa meninggalkan rapat jika tidak ada sesuatu yang berharga yang bisa diambil.

"Keluar dari rapat atau tinggalkan panggilan segera setelah jelas itu tidak menambah nilai. Tidak sopan membuat seseorang tinggal dan membuang waktu mereka," tegasnya.

4. Jangan gunakan kalimat tidak masuk akal yang tidak dimengerti orang lain
Tips keempat, disarankan tidak memakai kalimat sulit yang tidak dipahami oleh orang lain. Gunakan kalimat yang mudah dipahami untuk membantu menghemat waktu semua orang.

"Jangan pakai akronim atau kata-kata tidak masuk akal. Secara umum, segela sesuatu yang membutuhkan penjelasan menghambat komunikasi. Kami tidak ingin orang harus menghafal semua glosarium di Tesla," kata Musk.
 

Elon Musk/istimewa

Elon Musk/istimewa



5. Ambil jalur terpendek untuk berkomunikasi
Elon Musk ingin karyawan mengambil jalur komunikasi terpendek untuk menyelesaikan pekerjaan, terlepas dari rantai komando yang biasanya ada di perusahaan-perusahaan besar.

"Komunikasi harus berjalan melalui jalur terpendeknya bukan melalui rantai komando. Tiap manajer yang coba menegakkan komunikasi rantai komando akan menemukan diri mereka bekerja di tempat lain," katanya.

6. Izinkan arus komunikasi bebas di suatu departemen
Tip keenam adalah untuk memungkinkan adanya arus komunikasi yang bebas di antara semua tingkatan dalam sebuah departemen.

Menurutnya, sumber utama masalah adalah komunikasi yang buruk antar departemen dan cara mengatasinya adalah membiarkan informasi mengalir bebas di antara semua tingkatan.

"Jika untuk menyelesaikan sesuatu antar departemen, indvidu harus bicara dengan manajer, yang bicara dengan direktur, yang bicara dengan VP, yang bicara dengan VP lain ... maka hal-hal yang sangat bodoh akan terjadi," ujarnya.

7. Gunakan akal sehat
Tips terakhir dari Elon Musk adalah tentang menggunakan akal sehat dan memilihnya sebagai panduan utama dalam menyelesaikan pekerjaan.

"Secara umum, selalu pilih akal sehat sebagai panduan. Jika mengikuti aturan perusahaan adalah hal konyol dalam situasi tertentu, sehingga orang akan dirugikan maka aturan itu harus berubah," tutur Musk.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Tayangan Keluarga yang Bisa Kamu Saksikan di Saluran WarnerMedia Selama Bulan Mei

BERIKUTNYA

Wah, Adidas Bakal Rilis Sepatu Bertema Xbox

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: