Ilustrasi seseorang meminum air kelapa. (Sumber gambar: Unsplash/Joey Nicotra)

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

05 March 2023   |   07:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Air kelapa bagi masyarakat Indonesia merupakan minuman yang sudah tidak asing lagi. Selain memiliki rasa yang khas dan melepas dahaga, buah yang kulitnya berwarna hijau ini juga jamak ditemui di berbagai tempat. Air kelapa memang dikenal bermanfaat untuk kesehatan bagi yang rutin meminumnya.

Tak hanya menyegarkan tubuh saat cuaca panas, air kelapa juga mampu mengatasi dehidrasi dengan cepat saat kekurangan cairan. Pasalnya, air kelapa memiliki kandungan elektrolit, mineral, vitamin, hingga kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Adapun, kandungan nutrisi dalam air kelapa pun cukup lengkap. Sebanyak 100 ml air kelapa menurut data komposisi pangan Indonesia mengandung 17 kalori, 02 gr protein, 0,1 gr lemak, 3,8 gr karbohidrat, 15 mg kalsium, dan 149 mg kalium.

Baca juga: Segudang Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

Dihimpun dari berbagai sumber resmi, berikut 5 manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh saat dikonsumsi dengan tepat dan tidak berlebihan.
 

1. Mengontrol Tekanan Darah & Kolesterol

Senyawa kalium dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan sirkulasi peredaran darah, mengurangi tekanan darah tinggi, serta risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa.

Selain itu, Natrium dalam air kelapa juga dapat menurunkan kadar gula darah. Alhasil, penggumpalan darah dapat dicegah dan kadar tekanan darah jadi menurun. Air kelapa muda juga mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL).
 

2. Mencegah Batu Ginjal 

Berdasarkan penelitian Prophylactic Effect of Coconut Water, air kelapa juga memiliki manfaat untuk mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal. Sehingga penyakit batu ginjal dapat dicegah saat mengkonsumsi air kelapa secara baik, atau tidak berlebihan.

Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki senyawa antioksidan yang dapat meminimalisir radikal bebas dalam tubuh. Salah satunya akibat tingginya kadar oksalat di dalam urin. Namun, penelitian tersebut masih perlu dikaji  karena baru diuji coba pada binatang.
 

3. Baik untuk Pencernaan

Pada praktik pengobatan tradisional, air kelapa dipercaya bisa mengatasi diare untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Begitu pula saat demam menyerang seseorang hingga mereka mengalami dehidrasi.

Hal ini disebabkan karena kandungan osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Komposisi cairan asam amino, natrium, dan gula yang tinggi juga dapat merehidrasi cairan tubuh dengan cepat.
 

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat lain dari air kelapa adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya beberapa varietas dari air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C alami yang baik untuk merangsang sintesis kolagen dalam tubuh.  

Selain itu, berdasarkan penelitian yang diterbitkan National Library of Medicine sifat antimikroba dalam air kelapa juga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat dan noda pada kulit seseorang. 
 

5. Pengganti Cairan Tubuh 

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memiliki banyak manfaat, termasuk pengganti cairan tubuh yang tepat usai melakukan olahraga. Namun, untuk mengembalikan hidrasi, air kelapa harus diminum dalam jumlah yang banyak.

Bonus lain dari air ini dibandingkan cairan biasa adalah air kelapa tidak menimbulkan perasaan mual atau kenyang. Sehingga, risiko begah setelah berolahraga juga bisa dihindari saat mengkonsumsi air menyegarkan dengan rasa yang khas ini.

Baca juga: Benarkah Air Kelapa Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Guns N' Roses & Arctic Monkeys Siap Guncang Glastonbury Festival 2023

BERIKUTNYA

Rangkul Penggiat Clothing Anak, OADKIDS Hadirkan Puluhan Brand Lokal Berkualitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: