Ilustrasi motor Harley Davidson. (sumber gambar: Unsplash/Daniel Thürler)

Cek 5 Motor Harley Davidson Termahal, Harga Tertinggi Tembus Rp45 Miliar

04 March 2023   |   13:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

3. Easy Rider Captain America, US$1,35 juta (Rp20,6 miliar)


Sumber gambar (drivermag)

Easy Rider. (Sumber gambar: drivermag


Easy Rider dari Harley Davidson dianggap oleh banyak orang sebagai sepeda motor klasik. Pasalnya banyak ditampilkan dalam film, salah satunya yang dibintangi oleh Peter Fonda dan Denis Hooper yang berjudul Esay Rider dan banyak diikuti  orang Amerika pada 1960-an. 

Momentum munculnya motor ini juga kontroversial. Yaitu, saat prajurit Perang Dunia II yang kembali dari perang melepas spakbor, hingga suku cadang untuk menyederhanakan penampilan motor Harley Davidson yang mereka miliki agar terlihat lebih ramping.

Namun, tren tersebut mendapatkan momentum yang signifikan di awal tahun 1970-an dengan dirilisnya Easy Rider. Tak pelak, banyak kustom chopper yang terkenal di kalangan penggemar, termasuk Legends Motorcycle Collection 1960 HD Sportster Chopper dan Custom Long Fork Harley-Davidson Chopper 2019. 

Kendati begitu, motor Harley Captain America juga memiliki sejarah yang membingungkan termasuk ketidakpastian sepeda mana yang asli dan menjadi purwarupa pertama d dalam film. Hingga akhirnya, pada 2014, salah satu motor ini terjual US$1,35 juta, atau setara Rp20,6 miliar dan menjadikannya sebagai salah satu sepeda motor termahal di dunia.

Baca juga: Menyalurkan Hobi dan Berbagi Lewat Touring Harley Davidson


4. Strap Tank, US$953.000 (Rp14,2 miliar)

 

Strap Tank merupakan sepeda motor Harley-Davidson super langka keluaran 1908 dan diyakini hanya ada 12 unit di dunia, yang salah satunya dilelang pada Januari 2023. Penamaan Strap Tank bukan tanpa alasan, karena tangki oli dan bahan bakarnya dipasang ke rangka dengan tali nikel. 

Menurut data yang dikumpulkan situs web yang melacak penjualan sepeda motor antik, Strap Tank Harley-Davidson tercatat di vintagent.com dijual seharga US$935.000 atau Rp14 miliar. Harga tersebut setelah dipotong biaya pada lelang yang digelar Januari di balai lelang Mecum Auction di Las Vegas.

Sebelumnya, Strap Tank 1907 dijual seharga $715.000 setelah dipotong biaya-biaya, tetapi tidak semahal harga model Strap Tank 1908 yang berhasil memecahkan rekor. Sepeda motor pemecah rekor ini memiliki banyak suku cadang asli, sehingga  membuatnya semakin langka dan menjadi incaran kolektor.


5. Pope Francis FXD Dyna Super Glide, US$331.000 (Rp5 miliar)

 

sumber gambar (bonhams)

Pope Francis FXD Dyna Super Glide. (Sumber gambar: bonhams)

Sepeda motor yang dijuluki Holy Davidson memiliki harga selangit karena terdapat tanda tangan Paus Fransiskus di tangkinya. Adapun, motor bermesin 1.585 cc itu diberi nama Harley-Davidson Dyna Super Glide oleh perusahaan otomotif asal Amerika itu.

Diketahui, kendaraan roda dua ini diberikan kepada Paus Fransiskus pada 2013 oleh Willie Davidson, mantan perancang di perusahaan sepeda motor di Harley Davidson. Namun, Paus menyumbangkan moge itu kepada Caritas, badan amal Katolik, dalam suatu acara di Vatikan.

Saat dilelang, Harley-Davidson Dyna Super Glide dengan tanda tangan Paus ini terjual seharga US$331.000 atau sekitar Rp5 miliar untuk kurs dolar Rp15.278 dalam pelelangan yang diselenggarakan rumah lelang Bonhams, di Paris pada 2014. Selain moge tersebut, jaket kulit Harley-Davidson yang juga ditandatangani oleh Paus, terjual seharga 57.500 euro.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Jangan Asal, Begini Cara Pertolongan Pertama Korban Luka Bakar

BERIKUTNYA

7 Cara Menciptakan Rumah Ramah Anabul

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: