Ilustrasi suntik vaksin dewasa. (Sumber gambar: Unsplash/Dim Hou)

Cek 8 Jenis & Manfaat Vaksin untuk Orang Dewasa

01 March 2023   |   14:40 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Vaksinasi atau imunisasi bukan hanya untuk bayi dan balita saja. Orang dewasa atau lansia juga memerlukannya sebab vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan penularan penyakit infeksi dengan membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit tertentu. 

Spesialis Penyakit Dalam dari RS Pondok Indah dr. Hikmat Pramukti, menerangkan vaksinasi juga berperan penting dalam mengeradikasi atau menghilangkan penyakit-penyakit yang zaman dahulu sempat membuat wabah dan mengakibatkan banyak korban jiwa. Hingga kini, beberapa virus dan bakteri penyebab penyakit diketahui hidup berdampingan dengan manusia.

Dia menjelaskan, vaksinasi dilakukan dengan menyuntikkan mikroorganisme virus atau bakteri yang telah dilemahkan ke dalam tubuh. Vaksin juga dapat berupa bagian dari mikroorganisme yang telah diolah sedemikan rupa sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk mengenali dan melawan virus atau bakteri penyebab penyakit infeksi tertentu. 

Baca juga: Booster Kedua Dimulai, Cek Stok dan Regimen Vaksin Covid-19 yang Cocok

Ketika seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang sudah terbentuk terkena penyakit, kemungkinan besar gejala yang dialami akan lebih ringan dan tidak parah. Dengan kondisi ini, maka perawatan intensif di rumah sakit juga tidak diperlukan. "Vaksin juga dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit infeksi," ujarnya di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Hikmat menerangkan ada beragam manfaat vaksinasi untuk orang dewasa. Seiring bertambahnya usia, risiko terinfeksi penyakit menjadi lebih tinggi. Banyak orang dewasa dan lansia mengalami penyakit berat dan membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit karena penyakit menular yang sebenarnya dapat dicegah dengan vaksin. Nah, vaksinasi membantu mereka memproteksi diri, menurunkan risiko terkena penyakit, dan terhindar dari komplikasi yang berat.

Perlindungan dari beberapa vaksin sewaktu bayi dan anak pun dapat hilang atau berkurang seiring waktu. Oleh karena itu, Hikmat menyebut vaksinasi dewasa diperlukan sebagai booster atau penguat proteksi. Jangan khawatir, tidak ada istilah kondisi kelebihan dosis vaksin. "Lebih baik vaksinasi ulang daripada tidak lengkap atau lupa riwayat vaksin sebelumnya yang membuat perlindungan menjadi tidak optimal," tuturnya.

Manfaat berikutnya dari vaksin dewasa yakni mencegah penyakit tertentu yang dipengaruhi oleh pekerjaan, gaya hidup, adanya wabah penyakit, atau kondisi kesehatan. Mengingat virus memiliki kemampuan untuk bermutasi dan membentuk penyakit baru, maka penting untuk selalu menjaga imunitas tubuh dari infeksi melalui vaksinasi.

Vaksinasi menurutnya juga tidak hanya melindungi diri, tetapi membantu melindungi orang lain. Beberapa orang di keluarga atau lingkungan sekitar kita mungkin tidak bisa mendapatkan vaksin tertentu karena usia atau kondisi kesehatan mereka. 

Dengan melakukan vaksin, kamu katanya secara tidak langsung turut memberikan perlindungan pada orang-orang yang tidak bisa divaksin. Semakin banyak cakupan vaksin pada suatu lingkungan tertentu, maka dapat terbentuk herd immunity

Herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut. Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan.

Selain itu, jika kalian menjaga diri dari penyakit tertentu dengan melakukan vaksinasi di masa dewasa, maka akan memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga, teman, pekerjaan, dan melakukan kegiatan favorit di waktu luang. 

Kendati demikian, untuk melakukam vaksinasi di usia dewasa tidak boleh asal. Ada baiknya kalian berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis penyakit dalam terkait keinginan untuk mendapatkan vaksinasi tersebut. Dengan demikian, kalian bisa mendapatkan vaksin yang tepat sesuai kondisi kesehatan. 

Baca juga: Bunda, Siap-Siap Bakal Ada Vaksinasi HPV Wajib Buat Putrinya
1
2


SEBELUMNYA

Rocky ASTRO Hengkang dari Agensi Fantagio, Kontrak Eksklusif Tak Berlanjut

BERIKUTNYA

Kapan Mobil Otonom Jadi Kendaraan Mainstream di Indonesia?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: