Perumahan di Korea Selatan (Sumber gambar: Unsplash/Priscilla Serneo)

7 Langkah Dekorasi Rumah Ala Drakor, Bawaannya Enggak Mau Kemana-mana

27 February 2023   |   21:30 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Pengaruh drama Korea alias drakor memang luar biasa. Apa pun yang tampil dalam drakor, bisa segera viral di media sosial. Mulai dari kuliner, busana, hingga bahasa. Tak terkecuali desain hunian. Para penonton dibikin terpukau oleh beberapa konsep interior yang tersaji dalam berbagai drakor. 

Selain menampilkan kemewahan, beberapa desain rumah atau hunian dalam drakor juga menyajikan sentuhan sederhana, tetapi bikin nyaman. Misalnya, dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha, rumah Chief Hong Doo Sik begitu menarik untuk diamati. Rumahnya tampak cozy dengan sentuhan natural dan compact

Sementara itu, dalam serial Crash Landing On You, penonton bisa melihat desain apartemen yang menggugah milik Yoon Se-ri. Apartemen tersebut didekorasi dengan pendekatan modern dan pilihan furnitur yang elegan. Kesan mewah dan minimalis begitu terasa di dalamnya. 

Bagi kalian yang juga ingin menyulap desain isi rumah ala Drakor, Hypeabis.id punya tips-nya.  Berikut ini adalah beberapa tip dekorasi rumah ala K-Drama yang bisa diaplikasikan di rumah kalian. 

Baca juga: 7 Tip Simpel Dekorasi Rumah agar Terasa Lebih Homey


1. Warna Cat Netral

Rumah-rumah yang ditampilkan dalam drama Korea cenderung menggunakan warna cat netral seperti putih, abu-abu, dan beige. Warna-warna netral ini memberikan kesan bersih, rapi, dan minimalis pada ruangan. Warna netral ini biasa dipilih sebagai tone utama. Kemudian, sebagai aksen atau dekorasi, dipilih warna-warna lembut untuk menyeimbangkan suasana ruangan. 


2. Elemen Natural

Salah satu elemen natural adalah tanaman. Beberapa rumah dalam drakor, kerap menghadirkan berbagai tanaman. Tidak sekadar mempercantik ruangan, tanaman juga mampu memberikan kesan segar dan dapat membersihkan udara. Kalian bisa menambahkan beberapa tanaman dalam ruangan seperti kaktus, sansevieria, atau monstera.

3. Konsep Terbuka

Tidak banyak sekat di dalam ruang adalah salah satu ciri yang tampak pada rumah-rumah di drakor. Dalam kenyataannya, rumah-rumah di Korea umumnya kecil, sehingga mereka mendesain rumahnya dengan padu. Untuk memaksimalkan ruang, mereka menghindari penggunaan partisi. Mengutip archify.com, biasanya pemilik rumah di Korea menggunakan karpet sebagai ilusi dari partisi. 


4. Lampu Gantung

Lampu gantung adalah salah satu elemen dekorasi yang sering muncul dalam drama Korea. Lampu ini bisa menjadi fokus perhatian di dalam ruangan dan memberikan kesan elegan. Kalian bisa memilih lampu gantung dengan desain yang simpel dan minimalis untuk menambahkan kesan modern pada ruangan.


5. Cermin Besar

Benda ini juga sering muncul dalam drama Korea sebagai elemen dekorasi yang menarik perhatian. Cermin besar bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan memberikan kesan glamor pada ruangan. Kalian pun bisa memilih cermin besar dengan bingkai kayu yang simpel atau bingkai metalik untuk menambahkan kesan modern pada ruangan.


6. Buku-buku dan Aksesori

Buku-buku dan aksesori seperti vas bunga, lilin, atau patung kerap muncul sebagai elemen dekorasi di dalam drama Korea. Kalian dapat menambahkan beberapa buku dan aksesori kecil pada meja atau rak buku di dalam ruangan. Namun, perhatikan pula komposisinya berimbang dengan elemen lain di dalam ruangan. 


7. Furnitur Multifungsi

Jika diperhatikan, beberapa ruang di Drakor menampilkan furnitur multi fungsi. Hal ini tak lepas dari terbatasnya ruang, sehingga penggunaan ruang multifungsi diperlukan. Kalian bisa mengaplikasikan hal ini di rumah, agar terlihat rapi dan bersih. Perabotan multifungsi sangat cocok buat kalian yang memiliki rumah mungil, karena dapat menghemat ruangan. 

Baca juga: Percantik Rumah dengan Menghadirkan Focal Point yang Mencuri Perhatian

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Simak Cerita Awal Mula Callista Aldenia, Desainer 16 Tahun yang Mendapatkan Orderan dari Billie Eilish

BERIKUTNYA

Daftar Lengkap Pemenang SAG Awards 2023, Film Everything Everywhere All at Once Mendominasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: