Setelah lima hari menampilkan kreasi wastra Indonesia, Indonesia Fashion Week(IFW) 2023 akhirnya menutup gelarannya pada 26 Februari 2023.(Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan)

Resmi Ditutup, Indonesia Fashion Week 2023 Bukukan Transaksi Rp60 Miliar

26 February 2023   |   22:19 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Setelah lima hari menampilkan kreasi wastra Indonesia, gelaran Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 akhirnya ditutup pada Minggu (26/2/2023). Penutupan IFW 2023 dimeriahkan oleh Tari Kreasi Karawo yang berkolaborasi dengan paduan suara dari Gorontalo Inovasi.

Dengan busana berwarna putih dan hijau, para penari berlenggak seraya dengan irama yang menghentak. Acara dilanjutkan dengan laporan dari Pendiri Asosiasi Pengusaha dan Perancang Mode Indonesia (APPMI), Musa Widyatmodjo yang mengumumkan keberlangsungan dan keterlibatan IFW 2023 dalam satu pekan mode ini. 

Baca juga: Indonesia Fashion Week 2023: Kreasi Menawan Sulam Karawo di Tangan Para Desainer

Dalam lima hari pelaksanaan IFW 2023, terlibat 2,000 kru dan model yang turut menyukseskan agenda ini. Selain itu, terdapat pula catatan kunjungan langsung yang membeludak di seluruh tenan gelaran IFW 2023. IFW 2023 juga membuka booth kreasi fesyen dari berbagai daerah di luar area hall fashion show.

"Tercatat 30.000 pengunjung yang datang selama IFW 2023 digelar. Kemudian tenan fesyen dari berbagai daerah juga mencatat transaksi besar, hampir mencapai Rp60 miliar," ungkap Musa Widyatmodjo dalam pernyataannya di Closing Ceremony IFW 2023, Minggu (26/2/2023).

Musa menyampaikan, transaksi puluhan miliar itu hanya terjadi secara offline, belum termasuk transaksi daring di e-commerce. Besarnya pasar tersebut juga tidak lepas dari ketertarikan pengujung dengan seni Karawo.

Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer mengatakan, dipilihnya seni Karawo sebagai tema IFW 2023 merupakan sebuah kebanggaan. "Ini pertama kalinya seni Karawo diangkat jadi tema IFW. Tentu ke depannya saya mengharapkan Karawo bisa semakin dikenal, setara dengan kepopuleran Batik atau kain Ulos dari Batak," katanya.

Dalam sesi penutupan, IFW 2023 pun sempat memberikan ragam apresiasi untuk kru yang terlibat, termasuk memberikan penghargaan kepada dua model terbaik. Best Female Catwalk Model dinobatkan kepada Sarah Tumiwa, sementara Best Male Catwalk Model diberikan kepada Ichsan Rindengan.

Echanting Karawo menutup sesi show dari deretan karya terbaik desainer berbagai daerah dalam menuangkan kreatifitasnya dalam membuat busana. Tethuna, pemenang Young Fashion Designer Competition 2022 yang mengangkat Karawo  pun melenggang di runway.

Kali ini, Tethuna membawa koleksi paduan navy dengan oranye lewat aksen detail dari sulam Karawo berpola yang lebih urban dan edgy khas anak muda. Dia juga menyematkan pola wavy berwarna-warni senada dengan tema Sagara dari Timur yang mengartikan keindahan laut wilayah Timur Indonesia. Beberapa busananya memberi detail Karawo yang modern dengan pola melingkar dalam paduan busana mengkilap.

Setelah Tethuna, show dilanjutkan dengan deretan busana elegan berkesan nature dari Wignyo. Warna hijau cerah mewarnai banyak motif salur vertikal yang kasual. Selain itu, ada juga show dari Enjioe Indonesia dengan busana pesta yang mewah berwarna merah dengan pola potongan yang minim, membawa kesan pakaian semakin bold tetapi tetap elegan.

Baca juga: Indonesia Fashion Week 2023 Ajak Desainer Daerah Populerkan Wastra Nusantara

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Indonesia Fashion Week 2023: Kreasi Menawan Sulam Karawo di Tangan Para Desainer

BERIKUTNYA

Barasuara Merilis Video Klip Single Merayakan Fana, Ajak Pendengar Masuk ke Dimensi Berbeda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: