Masakan pemenang juara pertama Young Chef Competition (Sumber gambar : Elle & Vire)

Daftar Pemenang Young Chef Competition Edisi Hidangan Penutup, Yuk Intip Kreasinya

26 February 2023   |   13:41 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tiga juru masak atau muda berusia di bawah 30 tahun berhasil memenangi kompetisi memasak hidangan pencuci mulut bertajuk Young Chef Competition yang diadakan di Jakarta. Mereka keluar sebagai juara setelah mengalahkan lebih dari 150 peserta lainnya yang ikut serta pada ajang tersebut. 

Christian Dewabrata S, Andreas Caecario Anandora W, dan Odetha Kenan adalah tiga koki yang menjadi pemenang di ajang tersebut. Hasil masakan mereka berhasil meluluhkan para juri yang terdari dari para chef terkenal di tingkat nasional dan internasional. 

Juri dalam kegiatan Young Chef Competition ini adalah Giles Marx, Chef Founder Amuz Gourmet Group; Sacha Lefebvre, Koki dan Pendiri Paris Sorbet Jakarta; Ucu Sawitri, Chef & Pelatih Akademi Katering; dan koki Gunawan Wu. 

Baca juga: Rosakis, Youtuber Asal Korea yang Gemar Memasak Makanan Asli Indonesia

Christian Dewabrata berhasil menjadi pemenang dengan menyuguhkan kreasi hidangan pencuci mulut kolak pisang. Pemenang kedua Andreas menciptakan Deconstructed Sekoteng Platted Dessert. Adapun, Odetha menyajikan empat porsi Deconstructed Kolak.

Sebelum menjadi pemenang, ketiganya menjadi bagian dari 152 peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kompetisi. Guna menjaring para peserta, para juri meminta peserta untuk mengirimkan resep asli yang dimiliki terkait dengan hidangan-hidangan manis khas Indonesia.

Dari ratusan resep yang masuk, juri memilih 12 resep yang dikirimkan oleh para koki. Mereka yang terpilih masuk sebagai finalis. Juri yang memilih resep dalam kompetisi ini adalah Chef Nicolas Boussin, Meilleur Ouvrier de France (MOF) Pâtissier 2000, Executive Pastry Chef dari Maison De L'excellence Savencia, serta Chef Ucu Sawitri, Professional Chef & Coach dari Catering Academy Indonesia.

Ketiganya masuk babak final bersama sembilan orang lainnya. Kemudian, mereka berkompetisi menjadi yang terbaik pada 25 Februari 2023 di Arkamaya Pendidikan Kuliner Kreatif Indonesia. Hasilnya, Christian Dewabrata S menjadi juara pertama, Andreas Caecario Anandora di posisi kedua, dan Odetha Kenan di posisi ketiga. 

Baca juga: Chef Juna & Renatta Bawakan Kisah Menarik Kuliner Nusantara lewat Serial Kisarasa

Country Manager Savencia Fromage & Dairy Indonesia, Nessy Meghayani, mengatakan para pemenang mendapatkan hadiah senilai puluhan juta. Tidak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan pelatihan di La Maison de l'Excellence Savencia, sebuah perusahaan yang didedikasikan sebagai sentra berbagi pengetahuan dan pengajaran untuk para profesional kuliner. 

Sementara itu, Kepala Aktivasi Pemasaran Regional Asia Selatan, Katherine Leow, yang menjadi juri tamu mengatakan keunggulan dalam kreasi dan resep koki muda di kompetisi memasak hidangan pencuci mulut ini dapat membangun masa depan kuliner atau pastry Indonesia.

Hidangan penutup disajikan untuk menghilangkan aroma atau rasa amis yang terdapat di dalam mulut dari makanan utama. Jadi, makanan yang juga disebut sebagai pencuci mulut ini biasanya memiliki rasa manis dan menyegarkan. Dilansir dari Batam Tourism Polytechnic, hidangan penutup terdiri dari dua bentuk yakni cold dessert dan hot dessert. 

Cold dessert adalah makanan penutup yang tersjadi dalam keadaan dingin, seperti puding, es krim, pai buah, dan sebagainya. Sementara hot dessert tersedia dalam kondisi panas atau hangat Makanan penutup yang termasuk dalam hot dessert seperti pancake, banana flambe, souffle, apple pie, dan lainnya.

Sebelum menikmati dessert, biasanya orang akan mendapatkan suguhan makanan pembuka dan makanan utama. Sajian pembuka adalah hidangan yang bertujuan merangsang nafsu makan seseorang. Tidak hanya itu, hidangan biasanya juga memiliki rasa yang ringan, enak, dan tampilan menarik. 

Sementara itu, makanan utama adalah hidangan pokok dengan porsi paling banyak dan padat lantaran memiliki tujuan untuk membuat seseorang yang menikmati merasa kenyang. Setelah itu, barulah hidangan penutup disajikan sebagai akhir dari rangkaian makan.  

Baca juga: Profil Chef Kondang Gordon Ramsay

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Mengenal Didi Kempot yang Jadi Ikon Google Doodle Hari Ini

BERIKUTNYA

Daftar Lengkap Pemenang Penghargaan Indonesia International Motor Show 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: