Cuplikan Kisarasa (Sumber gambar: Dailybox Group)

Chef Juna & Renatta Bawakan Kisah Menarik Kuliner Nusantara lewat Serial Kisarasa

02 September 2022   |   06:41 WIB

Like
Di balik kekayaan kuliner Nusantara tersimpan ragam kisah unik nan menarik untuk diketahui. Hal ini yang akan dikemas lewat konten serial dokumentar bertajuk Kisarasa: Kenali Kisah Dibalik Rasa yang didukung stratup restoran Dailybox Group. Duo chef kenamaan, Juna Rorimpandey dan Renatta Moeloek, akan memandu serial dokumenter tersebut. 

Terdiri dari 8 episode dengan durasi masing-masi 30 menit, dokumenter ini akan mengupas sisi lain kuliner legendaris Tanah Air. Pada episode pertamanya, Kisarasa akan membawa penonton menilik kisah kuliner bebek betutu bersama Ibu Rai, pemilik restoran kenamaan Betutu Ibu Rai di Kota Denpasar, Bali.

Menampilkan beragam cita rasa makanan Indonesia, dokumenter ini akan mengangkat beragam kisah sejarah kuliner lewat film dokumenter sinematik. Tidak tanggung-tanggung, sederet artis dan tokoh publik pun akan hadir dalam serial dokumenter itu seperti Raditya Dika, Najwa Shihab hingga Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Mereka akan turut berbagi cerita dalam dokumenter Kisarasa.

Baca juga: Serunya Melancong & Menikmati Kuliner Nusantara dalam Web Series Jiwa Manis
 

v

Cuplikan Kisarasa (Sumber gambar: Dailybox Group)

Cianicolay dari Jade Fifty Production, selaku Sutradara Kisarasa, mengatakan serial dokumenter bisa menjadi media untuk menampilkan cerita-cerita yang sifatnya historis. Namun, menurutnya, genre ini masih belum terlalu populer. Padahal, dokumenter dinilai memiliki derajat realita dan akurasi yang tinggi.

Karenanya, Kisarasa tidak hanya ingin menjelaskan tentang masakan, cara masak dan rempah-rempah tradisional, tetapi juga membagikan dan mengingatkan kembali kisah di balik kuliner legendaris Indonesia sekaligus kembali mengangkat citra genre dokumenter.

"Sangatlah penting untuk mengenali lebih jauh sejarah suatu makanan agar kita dapat lebih menghargai keberadaan makanan tersebut," katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Jumat (2/9/2022).

Terlebih, lanjutnya, ada banyak cerita penuh warna di balik keberagaman kuliner Indonesia.  Lewat dokumenter ini, Cianicolay berharap Kisarasa dapat menyampaikan kisah-kisah menarik tentang kuliner, dan menginspirasi banyak generasi sekaligus memicu rasa ingin mencicipi guna meningkatkan apreasiasi terhadap kuliner lokal Indonesia.

"Kuliner Indonesia memiliki berjuta kisah di baliknya. Mulai dari sejarahnya, resepnya hingga cerit dari orang-orang yang terlibat di proses pengolahan hidangan ini," imbuhnya.

Baca juga: 5 Tayangan Kuliner Netflix Ini Dijamin Bakal Menggugah Selera 
 

Cuplikan Kisarasa (Sumber gambar: Dailybox Group)

Cuplikan Kisarasa (Sumber gambar: Dailybox Group)

Chef Juna Rorimpandey mengatakan Kisarasa akan menyajikan beragam kisah kuliner tradisional Tanah Air dengan  satu benang merah, yakni kuliner tradisional dapat melegenda dan tetap relevan di tengah perkembangan zaman, karena ada sosok 'local heroes' yang berusaha melestarikannya. Mereka adalah para pemilik depot dan restoran lokal.

Kisarasa, paparnya, akan mengajak penonton untuk menilik lebih jauh aspek ini sehingga ketika menikmati kuliner Nusantara, penonton bisa lebih menghargai kuliner dan komunitasnya sehingga terciptalah suatu kebanggaan tersendiri. "Every dish has a story to tell," ujarnya.

Chef Renatta Moeloek mengatakan setiap makanan memiliki asal-usul yang panjang dan melibatkan kolaborasi banyak orang. Misalnya, untuk menyajikan sepiring brongkos khas Yogyakarta, membutuhkan satu kolaborasi yang apik mulai dari peternak sapi lokal, pengepul kluwek, hingga juru masak.

"Saya selalu tertarik untuk mengetahui asal-usul makanan yang saya nikmati. Kisarasa adalah serial dokumenter yang menceritakan betapa banyaknya tangan yang terlibat dalam proses pemilihan bahan baku hingga menjadi hidangan yang dinikmati oleh banyak orang," katanya.

Adapun, episode perdana Kisarasa tentang kuliner betutu khas Bali mulai tayang pada 1 September 2022 di YouTube Kisarasa.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Tips Mengatur Kondisi Finansial bagi Pasangan Milenial

BERIKUTNYA

6 Kiat Dekorasi Ruang Tamu agar Terlihat Lebih Luas & Estetik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: