Ilustrasi (Dok. Living Loving/Instagram)

Simak 7 Manfaat Meal Prep yang Perlu Kamu Ketahui

01 October 2021   |   08:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Meal preparation atau yang lebih sering disebut sebagai meal prep adalah salah satu cara untuk mempersiapkan di awal semua makanan yang akan dikonsumsi selama beberapa waktu ke depan. Misalnya, pada hari Minggu, kamu mempersiapkan makanan untuk dikonsumsi pada Senin sampai Jumat.

Makanan yang sudah disiapkan cukup disimpan di kulkas dan hanya perlu dihangatkan saat waktu makan tiba. Bukan hanya makanan setengah matang, kamu juga bisa membuat meal prep berupa sayuran dan lauk segar yang disiapkan untuk diolah menjadi makanan.

Pola makan seperti ini awalnya populer dipraktikkan oleh orang-orang sibuk yang hanya punya sedikit waktu istirahat atau waktu makan. Namun, saat ini banyak orang yang melakukan meal prep karena dianggap bisa memberikan banyak manfaat.

Seperti dilansir dari Select Health, Jumat (1/10), berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan meal prep.

1. Menghemat waktu

Hal-hal yang sering membuang waktu saat hendak makan di antaranya adalah mencari tahu ingin memasak apa atau bingung ingin memesan makanan apa secara online.

Dengan melakukan meal prep, setidaknya kamu tahu bahwa ada stok makanan yang bisa kamu olah sebentar untuk menjadi makanan yang siap dinikmati. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat waktu.

2. Menghemat uang

Melakukan meal prep pastinya akan menuntut kamu untuk membeli makanan dalam jumlah yang banyak. Meskipun begitu, kamu juga sudah memperhitungkan kebutuhan itu untuk beberapa waktu ke depan sehingga membuat pengeluaranmu lebih terarah dibandingkan dengan tidak dipersiapkan sama sekali. Selain itu, kamu juga akan jarang untuk makan di luar atau memesan secara online.
 

Ilustrasi (Dok. Seattly Mca/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Seattly Mca/Unsplash)

3. Bisa mengatur porsi makan

Ketika kamu makan di luar seperti restoran atau kafe, porsi makanmu menjadi tidak teratur sehingga rentan untuk mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang diperlukan setiap harinya.

Sebaliknya, ketika kamu melakukan meal prep dan menyiapkan makananmu sendiri, kamu dapat mengontrol porsinya termasuk tahu persis bahan makanan apa saja yang kamu konsumsi.

4. Mengurangi beban pikiran soal makanan

Terlalu sering memikirkan apa yang harus dibuat atau disiapkan ketika ingin makan mungkin tampak biasa saja. Tetapi bagi sebagian orang, hal itu bisa saja menimbulkan stres.

Oleh karena itu, membuat meal prep setidaknya bisa membantu kamu menyiapkan makanan untuk beberapa waktu sehingga kamu tidak perlu bingung memikirkannya lagi.

(Baca juga: 3 Tips Menyimpan Sayuran dengan Pembekuan, Mudah & Tahan Lama!)

5. Melatih keterampilan memasak

Jika kamu ingin lebih mahir memasak, melakukan meal prep tampaknya bisa menjadi guru yang hebat. Pasalnya, rutin mempersiapkan makanan bisa membantu kamu lebih mengenal dengan bahan-bahan makanan sehingga kamu akan tertantang untuk bisa menghidangkan suatu makanan hasil dari kreasimu di dapur.

6. Menciptakan hubungan yang lebih baik dengan makanan

Bukan tidak mungkin, ketika kamu sering melakukan meal prep kamu secara tidak langsung akan lebih banyak belajar tentang nutrisi makanan termasuk bagaimana mengolah makanan itu sendiri.

Selain itu, kamu juga akan mulai belajar untuk makan hanya ketika kamu lapar, bukan makan dengan tidak bijak pada tubuh.

7. Bisa menginspirasi orang lain

Kamu juga bisa membagikan hasil meal prep buatanmu di media sosial. Siapa tahu, dari sekian pengikutmu ada yang merasa tertarik untuk mulai membuat sebuah perubahan kecil yang justru memberikan banyak manfaat.

Dengan begitu, kamu secara tidak langsung telah menginspirasi orang lain untuk mulai menjalani gaya hidup yang sehat.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Jadwal Comeback & Debut Artis K-pop Oktober 2021

BERIKUTNYA

Mau Investasi Kripto? Simak Dulu Hal Ini!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: