Ilustrasi orang-orang di transportasi umum (Sumber gambar: Dennis Siqueira/Unsplash)

3 Starter Pack Ini Wajib Dibawa saat Beraktivitas di Luar Rumah

22 February 2023   |   18:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dengan semakin meredanya pandemi, aktivitas di luar rumah mulai padat lagi baik untuk sekolah, bekerja, hingga berwisata. Namun, saat keluar rumah, ada saja kondisi yang kerap membuat tidak nyaman akibat cuaca yang tidak bersahabat, suasana keramaian yang membuat lelah, hingga tindak kejahatan.

Untuk itu, kita perlu mempersiapkan sejumlah perbekalan penting agar aktivitas di luar rumah bisa dinikmati dengan menyenangkan. Supaya kalian tetap bersemangat beraktivitas di luar rumah, berikut ada tiga starter pack atau hal yang bisa kalian siapkan.


1. Jaga kulit dari cuaca panas

Perubahan cuaca panas maupun hujan yang kerap ditemui saat beraktivitas di luar rumah tentu akan sangat berdampak bagi kulit. Terlebih saat cuaca sedang terik, bukan tidak mungkin kondisi tersebut akan membuat kulit kalian menjadi belang, kusam, dan kering.

Baca juga: 5 Peralatan Rumah Ini Penting untuk Mendukung Gaya Hidup Sehat

Oleh karena itu, sebelum beraktivitas di luar rumah, pastikan kalian telah menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, untuk perlindungan ekstra pada kulit, kalian juga bisa menggunakan jaket anti-UV dengan bahan yang ringan dan menyerap keringat, termasuk membawa payung lipat multifungsi, topi, dan kacamata.
 

Penting untuk menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar rumah (Sumber gambar:

Penting untuk menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar rumah (Sumber gambar: Batch by Wisconsin/Unsplash)


2. Jaga diri dari ancaman kejahatan

Saat ini, tindak kejahatan bisa terjadi dimana saja. Terlebih, ketika di luar rumah, kalian akan bertemu banyak orang asing. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk selalu membawa self-defense kit atau alat-alat yang bisa menjadi pelindung diri dari segala tindak kejahatan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Salah satu caranya adalah dengan membawa alat pertahanan diri, seperti semprotan merica, ataupun personal alarm yang bisa digabungkan dalam satu kit agar lebih mudah dibawa ke mana pun.

Selain itu, dapat juga ditambahkan self-defense stick atau kubotan yang merupakan alat pertahanan diri berbentuk batang atau pisau kecil kurang lebih sepanjang 15 sentimeter. Stik yang ujungnya tajam ini akan membantu seseorang untuk menyerang titik-titik lemah musuh. 
 

Membaca buku bisa menjadi pilihan kegiatan saat di transportasi umum (Sumber gambar: Melanie Deziel/Unsplash)

Membaca buku bisa menjadi pilihan kegiatan saat di transportasi umum (Sumber gambar: Melanie Deziel/Unsplash)


3. Jaga mood saat keluar rumah

Sebelum beraktivitas di luar rumah, penting untuk menyiapkan penampilan yang rapi dan bisa membangkitkan semangat. Selain outfit, kalian juga bisa menggunakan parfum favorit yang bisa membuat kalian menjadi lebih percaya diri. 

Apalagi, saat bepergian, kalian tentu akan bertemu dengan banyak orang. Ramainya perjalanan ke kantor memang kerap membuat stres, belum lagi berhadapan dengan debu jalanan. Agar setiba di kantor tidak merasa badmood karena ‘bau jalanan’, jangan lupa membawa parfum ukuran sedang atau travel size di tas dengan wangi favorit kalian agar membantu memberi aroma segar pada tubuh dan kembali bersemangat.

Di samping itu, berada di tengah kemacetan dapat dibilang menjadi rutinitas harian banyak orang terutama yang berada di kota-kota besar, saat bepergian baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Biarpun menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, jangan sampai membuat mood kalian turun dan berubah menjadi negatif dengan cepat. Selama menunggu kemacetan atau saat mengantre bus maupun kereta, sebenarnya banyak cara yang dapat kalian lakukan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film di platform streaming.

Barang pertama yang bisa kalian bawa adalah buku. Bermain gawai secara terus-menerus tak jarang membuat kalian merasa jenuh. Tak ada salahnya, kalian mengisi waktu perjalanan dengan membaca buku entah itu fiksi atau nonfiksi. Selain menjadi hiburan, buku juga menjadi asupan gizi yang penuh manfaat bagi jiwa dan pikiran.

Baca juga: 5 Peralatan Dapur Unik Khas Jepang

Selain buku, barang yang bisa kalian bawa juga yakni earbuds atau headset. Tak hanya bisa menemani kalian di jalan sambil mendengarkan lagu favorit, earbuds juga dapat digunakan  untuk mencari hiburan lainnya lewat smartphone atau gawai.

Seperti live stream di media sosial, menonton tayangan film kesayangan, mendengarkan podcast atau siniar, bermain games, atau scrolling media sosial dan update perkembangan berita.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Rabu Abu, Hari Pertobatan Umat Katolik

BERIKUTNYA

Indonesia Fashion Week 2023 Ajak Desainer Daerah Populerkan Wastra Nusantara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: