J.K Rowling Salah Satu Penulis Novel Terkaya di Dunia (Sumber Foto: Instagram/jkrowling_official)

7 Novelis Terkaya di Dunia yang Cetak Ratusan Buku Best Seller, Nomor Satu Bukan J.K Rowling

18 February 2023   |   09:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apakah Genhype gemar membaca novel? Taukah kalian, di balik suksesnya sebuah buku terdapat setiap ide dan pemikiran kreatif penulis yang tertuang di dalamnya. Ada kekuatan besar dalam kata-kata yang bisa berpengaruh besar untuk orang-orang di seluruh dunia.

Profesi sebagai penulis novel tak bisa dipandang sebelah mata. Sebut saja nama-nama seperti J.K. Rowling dengan seri Harry Potter-nya yang melegenda. Adapun Stephen King yang dijjuluki 'King of Horror' berkat kepiawaiannya meracik cerita-cerita misteri seperti IT, The Shining, dan Pet Sematary. 

Baca juga: 10 Novel Terlaris Sepanjang Masa, dari Don Quixote hingga The Da Vinci Code

Para penulis novel ini juga telah meraup banyak kekayaan berkat bukunya yang berhasil mencetak best seller di beberapa negara. Nah Genhype penasaran kan, kira-kira siapa saja penulis novel terkaya di dunia dan karya-karya mereka yang selalu diburu para pembaca? Yuk, simak daftarnya!  


1. Elisabeth Badinter

Mengutip dari Edu Dwar, Elisabeth Badinter adalah penulis terkenal yang kerap menulis buku-buku tentang feminisme. Salah satu judul bukunya yang populer adalah. “The Conflict: How Modern Motherhood Undermines the Status of Women” yang artinya 'Konflik: Bagaimana Parenting Ibu Modern Merongrong Status Wanita'.

Meskipun sempat memicu banyak perdebatan pada 2010, buku ini ternyata laris di negara-negara Eropa. Banditer yang merupakan penulis sekaligus sejarawan asal Prancis ini memiliki kekayaan mencapai USD1,3 miliar atau Rp19 triliun dengan total lebih dari 20 buku yang dipublikasikan.


2. J.K. Rowling

Siapa tak kenal J.K. Rowling? Serial Harry Potter yang dirilis pada 1997 sampai 2007 mencetak banyak prestasi. Lebih dari 500 juta eksemplar buku telah terjual dan setidaknya telah diterjemahkan dalam 70 bahasa. Buku ini telah diadaptasi dalam film dan video game.

Pada tahun 2008, Forbes menyebut Rowling sebagai penulis dengan bayaran tertinggi di dunia. Apalagi ditambah dengan  pendapatan dari waralaba film dan video game. kekayannya diperkirakan mencapai USD1 miliar atau Rp14,6 triliun.
 

3. James Patterson

James Patterson dikenal dengan buku-bukunya yang bergenre thriller dan roman. Dia memegang rekor Guiness World sebagai penulis New York Times paling laris yang berhasil menjual 300 juta copy di seluruh dunia. Patterson juga merupakan penulis pertama yang sukses menjual 1 juta e-book.

Selama tiga tahun berturut-turut Patterson menduduki peringkat penulis dengan bayaran tertinggi versi Forbes yakni pada 2014, 2015 dan 2016. Kekayaannya diperkirakan mencapai USD800 juta atau Rp11,7 triliun.


4. Danielle Steel

Danielle Steel telah menulis lebih dari 140 novel dan 90 buku non fiksi lainnya. Bukunya diterjemahkan ke dalam 43 bahasa dan 22 di antaranya pernah diadaptasi menjadi film. Steel dinobatkan sebagai penulis fiksi terlaris keempat sepanjang masa yang sukses menjual bukunya sebanyak 800 juta kopi di seluruh dunia. Kekayaanya ditaksir mencapai USD385 juta atau Rp5,6 triliun. 


5. Stephen King

Stephen King telah menulis sebanyak 64 novel dengan genre horor, misteri, dan supranatural. Banyak film, serial televisi, dan miniseri yang diadaptasi dari buku-bukunya. Stephen King telah menerima banyak penghargaan, diantaranya Bram Stoker Awards, World Fantasy Awards, British Fantasy Society Awards, World Fantasy Award for Life Achievement, Grand Master Award dari Mystery Writers of America dan masih banyak lagi. Dia tercatat memiliki kekayaan hingga USD 500 juta atau Rp7,3 triliun.


6. Nora Roberts

Nora Roberts telah menuliss sebanyak 220 buku dengan genre romance. Dia juga merupakan penulis pertama yang dilantik ke dalam Romance Writers of America Hall of Fame. Novel-novelnya secara konsisten mendapat peringkat di daftar Penjual Terbaik The New York Times. Nora Roberts ditaksir memiliki kekayaan sebesar USD390 juta atau Rp5,7 triliun.


7. Barbara Taylor Bradford

Barbara mulai menulis fiksi saat usianya baru 7 tahun. Karya pertamanya adalah sebuah cerpen yang dijual ke sebuah majalah seharga tujuh schilling. Sejauh ini, Barbara telah menulis sebanyak 39 judul novel yang semuanya merupakan buku terlaris dengan lebih dari 30 juta eksemplar terjual di seluruh dunia. Bukunya yang paling populer berjudul 'A Woman of Substance'. Kekayaanya diperkirakan mencapai USD300 juta atau 4,5 triliun.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Emas Masih Jadi Investasi Pilihan Cocok untuk Investasi atau Dana Darurat

BERIKUTNYA

Asal-usul Diselenggarakannya Comic Con, Pameran Komik Terbesar di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: