Ilustrasi smartphone (Sumber gambar: Luis Villasmil/Unsplash)

Bukan Cuma Harga, Ini Berbagai Faktor yang Membuat Orang Ingin Ganti Smartphone

14 February 2023   |   20:01 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Ponsel cerdas atau smartphone tak bisa lepas dari kebutuhan manusia pada masa sekarang. Hal itu karena banyaknya kebutuhan masyarakat hari ini bersinggungan langsung dengan dunia digital, mulai dari kebutuhan metode pembayaran, pemesanan barang, hingga kebutuhan transportasi daring.

Studi pun menunjukan 98,3 persen pengguna internet saat ini mengakses dunia maya melalui smartphone. Kondisi itu menandakan peran smartphone yang semakin penting dalam keheharian, khususnya bagi generasi milenial dan generasi Z yang menggunakan media sosial untuk menikmati hiburan, membuat konten, hingga menghasilkan cuan.

Baca juga: 5 Alasan Kalian Perlu Upgrade ke Smartphone Baru

Tak heran jika kebutuhan akan smartphone yang compact dan mampu memenuhi segala kebutuhan tersebut kian diburu. Tak sedikit orang yang memilih untuk mempunyai dua jenis martphone untuk kebutuhan yang berbeda, misalnya kebutuhan pribadi dan kebutuhan kerja. Perusahaan smartphone pun berlomba-lomba menghadirkan ponsel yang mampu memenuhi semua kebutuhan itu.

Misalnya, Samsung yang baru saja merilis Samsung S23 Series 5G. Verry Octavianus, MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia menyampaikan, ada beberapa alasan mengapa konsumen memilih untuk mengganti smartphone. Salah satunya adalah keinginan untuk upgrade dengan ekspektasi inovasi yang lebih baru dan semakin praktis dalam menunjang aktivitas.

Selain soal harga yang sesuai, kamera smartphone masih menjadi fokus utama mengapa konsumen bergegas mengganti smartphone. Biasanya, kamera dengan kualitas yang bagus cukup menggiurkan bagi konsumen untuk upgrade smartphone. Hal ini tak lepas dari kebutuhan akan pembuatan konten, fotografi, atau viodeografi, yang semakin tenar dengan menggunakan perangkat praktis seperti smartphone.

Inovasi kamera menjadi hal penting bagi pertimbangan konsumen untuk membeli produk baru. Resolusi yang besar didukung dengan prosesor yang mumpuni turut menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli smartphone baru. Smartphone yang didukung dengan fitur menarik seperti kualitas gambar yang tetap baik saat pencahayaan sedang buruk, atau fitur manual camera, dan lainnya juga cukup menjadi pertimbangan.

Selain kamera, prosesor mulai jadi perhatian dan alasan penting mengapa pengguna berganti smartphone. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan performa smartphone. Tak jarang pengguna menemui kesulitan saat smartphone mulai lemot.

Prosesor sangat mendukung performa smartphone untuk urusan produktivitas hiburan yang terbilang berat, misalnya bermain gim, streaming, dan menonton video dengan kualitas tinggi. Seiring dengan smartphone baru rilis di pasaran, tentu saja performa prosesor dan chipset dengan CPU yang mumpuni menjadi alasan orang berganti smartphone.

Selain dari segi kamera dan performa, ternyata pengguna juga memilih mengganti smartphone dengan kapasitas baterai dan fasilitas fast charging. Sebab, saat ini pengguna sangat membutuhkan smartphone yang digunakan dalam waktu yang lama untuk menunjang kebutuhannya.

Selain kapasitas baterai yang besar dan tahan digunakan belasan jam, pengguna pun mencari kapasitas memori yang besar untuk keperluan galeri. Seperti diketahui, saat ini sudah banyak smartphone yang memberi ilihan kapasitas baterai hingga 1TB.

Terakhir, tampilan dan ketahanan smartphone juga cukup menjadi pertimbangan. Desain yang unik dengan material bodi smartphone yang kuat berhasil menarik konsumen untuk membeli. Smartphone yang memberikan kemanan dan menjamin kenyamanan turut menjadi alasan mengapa seseorang pada akhirnya memutuskan untuk upgrade smartphone.

Baca juga: Tren Smartphone Bersaing dalam Karakter Desain dan Warna

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Salma's Season Jadi Sinema Pilihan Menuju Madani International Film Festival 2023

BERIKUTNYA

Tingkat Kesepian Meningkat: Apakah Jasa Sleep Call Merupakan Solusi Tepat?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: