Tanggl 13 Februari. (Sumber gambar : Freepik/Newfabrica)

4 Peristiwa Penting Sebelum Hari Valentine

13 February 2023   |   16:15 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bulan cinta mencapai puncaknya dengan Hari Valentine yang dirayakan tiap 14 Februari. Namun, tahukah Genhype kalau satu hari sebelum hari kasih sayang, sebagian orang di belahan bumi barat merayakan Kiss Day? Ini adalah hari di mana orang-orang mengungkapkan cinta dengan cara yang paling romantis, bukan dengan kata-kata.

Tak hanya itu, 13 Februari juga ditetapkan sebagai hari spesial untuk merayakan sejumlah peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi di Indonesia maupun dunia. Misalnya Hari Persatuan Farmasi Indonesia serta peringatan Hari Radio Sedunia. 

Baca juga: Rekomendasi Kado Valentine untuk Cowok, Dijamin Tambah Sayang

Nah, biar tidak penasaran ada peristiwa penting atau sejarah apa saja yang terjadi hari ini, simak ulasannya berikut ini yuk!


1. Hari Persatuan Farmasi Indonesia

Hari Persatuan Farmasi Indonesia yang jatuh pada 13 Februari merupakan momen yang menandakan perjuangan bangsa untuk memperbaiki dan menambah sumber daya manusia di bidang farmasi dari segi kualitas maupun kuantitas. Peringatan ini bermula pada pembentukan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) di Yogyakarta pada 13 Februari 1946.

Pembentukan PAFI dimotori Zainal Abidin yang kala itu juga diangkat sebagai ketua organisasi tersebut. Terbentuknya PAFI menjadi wadah yang menyatukan profesi bagi asisten apoteker, apoteker, dan tenaga teknis di bidang farmasi. Dengan kata lain, Hari Persatuan Farmasi Indonesia merupakan momentum peringatan terbentuknya PAFI. 
 

2. Hari Radio Sedunia

Pada 13 Februari juga diperingati sebagai Hari Radio Sedunia. Peringatan ini diproklamasikan dalam konferensi umum ke-36 UNESCO pada 13 Februari 2011. Tanggal tersebut dipilih oleh karena merupakan tanggal hari jadi badan penyiaran internasional PBB yang dibentuk pada 13 Februari 1946. 

Radio merupakan media yang tidak lekang oleh waktu. Walaupun saat ini sudah banyak platform streaming , radio tetap dibutuhkan untuk memberikan informasi, edukasi, memungkinkan ekspresi lintas budaya, dan memainkan semua musik favorit kamu. 

Mengutip National Day, banyak orang dalam sejarah telah berkontribusi untuk menyempurnakan gelombang dan frekuensi, tetapi penemu Italia Guglielmo Marconi membuktikan kelayakan komunikasi melalui radio. Dia mengirim dan menerima telegram melalui sinyal radio pertama dalam sejarah dari Italia pada 1895. 

Stasiun radio pertama di Amerika didirikan di Pittsburgh pada 1919, dan radio FM memulai debutnya pada 1939. Penyiaran melalui radio menjadi digital pada 1994, ketika streaming radio dimulai melalui internet. Ini disertai dengan stasiun radio 24 jam khusus internet pertama. 
 

3. Gunung Kelud Meletus

Pada 13 Februari 2014, sekitar pukul 22.50, Gunung Kelud yang berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, meletus. Letusan ini dianggap lebih dahsyat daripadayang terjadi pada 1990. 

Gunung Kelud memuntahkan hujan abu vulkanik hingga ke Solo dan Yogyakarta. Lebih dari 100.000 jiwa mengungsi, aktivitas ekonomi lumpuh dan menimbulkan kerugian hingga triliunan rupiah, termasuk menganggu 281 penerbangan di Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Semarang, dan Bandung. 


4. Kiss Day

Pekan istimewa sepanjang tahun akhirnya tiba. Sepanjang 7 Februari hingga 14 Februari, orang-orang merayakan kasih sayang mulai dari Hari Mawar dan diakhiri dengan Hari Valentine. Pada 13 Februari, sejumlah pasangan bahkan mereka yang lajang turut merayakan Kiss Day atau Hari Ciuman.

Hari inimerayakan salah satu ungkapan cinta tertua yang membantu memperkuat ikatan dengan pasangan kita. Adapun, Kiss Day jatuh tepat sebelum Hari Valentine dan karenanya memiliki arti khusus.

Ciuman yang manis bisa menyembuhkan jika hubungan kalian mengalami guncangan akhir-akhir ini. Ciuman yang menenangkan dapat membantu kalian melupakan kekhawatiran, sementara ciuman lembut juga dapat membuat hari pasangan kalian  menyenangkan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

ARTBOX, Ajang Pameran Lifestyle dan Industri Kreatif Digelar di Singapura

BERIKUTNYA

Tips Memilih Cincin Pernikahan yang Cocok dengan Shio

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: