Comic frontier masuk edisi ke 16 (Sumber gambar: tangkapan layar laman comifuro.net)

Duh, Ajang Comic Frontier 16 Ditunda Jadi Mei 2023

08 February 2023   |   14:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Penyelenggaraan ajang pasar komik terbesar di Indonesia, yakni Comic Frontier 16 mengalami perubahan dari jadwal semula pada 11-12 Maret 2023, diundur menjadi 6-7 Mei 2023. Meskipun sejumlah partisipan menyatakan kecewa, penyelenggara hanya menyebut alasan keamanan dan kenyamanan bagi para partisipan.

Kabar perubahan itu disampaikan melalui akun Twitter @comifuro. Penyelenggara menuliskan bahwa perubahan terjadi karena mempertimbangkan pengaturan keamanan, akibat terjadi perkembangan yang tidak terduga di wilayah sekitar venue, yakni ICE BSD, Banten.

Baca juga: Jadi Komik Terpanjang di Dunia, Segini Harga Manga One Piece Versi Komplet 23 Tahun

Selain itu, perubahan waktu penyelenggaraan juga karena panitia mempertimbangkan kenyamanan bagi partisipan dan seluruh pihak yang terlibat. “Kami memutuskan untuk mengubah jadwal Comic Frontier 16 dari 11–12 Maret 2023 menjadi 6 -7 Mei 2023,” demikian keterangan penyelenggara.

Penyelenggara menuliskan bahwa circle atau peserta yang terdaftar dapat memilih untuk tetap berpartisipasi atau membatalkan keikutsertaan di Comic Frontier 16. Namun, circle yang tetap berpartisipasi akan mempertahankan nomor beserta space atau booth yang sudah didapatkan.

Sementara itu, circle yang membatalkan keikutsertaan akan mendapatkan refund secara penuh dengan cara mengisi form circle refund yang akan dikirimkan melalui surat elektronik. “Refund bisa dilakukan hingga 30 hari setelah menerima email,” demikian tertulis.
 
Perubahan tanggal itu pun mengundang sejumlah reaksi. Beberapa di antaranya banyak menuliskan telah memesan tiket dan penginapan untuk ikut serta dalam ajang tersebut. Unggahan itu mendapatkan 937 retweet dangan 3.520 tweet kutipan dan 2.049 suka. Tidak hanya itu, unggahan itu juga mencapai 1,3 juta tayangan.

Untuk diketahui, dalam laman comifuro.net, Comic Frontier (Comifuro) adalah event eksibisi yang diharapkan menjadi tempat menyalurkan minat dan bakat pembuat karya kreatif independen. Partisipan atau biasa disebut Circle dapat menyebarkan karyanya secara langsung dengan cara berjualan dan bertemu dengan orang yang memiliki minat yang sama.

Mereka yang antusias dengan ajang ini adalah pembuat komik, ilustrator, pembuat game indie, pembuat musik, dan seluruh kreator lokal, baik orisinal maupun fanmade/fandom-based.

Para peserta yang ikut dalam ajang ini memiliki kebebasan konten, sesuai dengan minat dan selera kreator, serta bebas mengatur format dan isi dari karya, hingga dapat berhubungan langsung dengan pembeli maupun fans; dan sebagainya.

Baca juga: Pengin Jadi Komikus? Ada Mata Kuliah Komik di Vokasi UI Lho!

Karya-karya yang boleh dijual di Comifuro harus buatan sendiri, bukan hasil unduhan dari internet, apalagi kopian dari karya yang telah ada. Kemudian, Comifuro tidak membatasi dan tidak bertanggung jawab atas jenis maupun isi materi karya yang dibuat.

Tidak hanya itu, bentuk karya yang dapat dijual adalah bebas, seperti komik, game, musik, artbook, CD, novel, visual novel, merchandise dan lain-lain.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Menyelisik Ambiguitas & Kritik Konsumerisme dalam Karya-Karya Farhan Siki

BERIKUTNYA

Penyakit Terkait Saraf dan Otak Sering Dialami Kaum Millenial dan Gen Z, Ternyata Ini Pemicunya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: