Memeriksa lokasi perangkat di Windows (sumber foto: Tangkapan layar Windows)

Ini Manfaat Layanan Lokasi di Windows

02 February 2023   |   17:18 WIB

Tahukah Genhype bahwa saat ini Windows pun sudah memiliki fitur layanan lokasi (location service)? Berbeda dengan ponsel, kebanyakan komputer pribadi memang tidak dilengkapi dengan perangkat penentu lokasi seperti GPS (global positioning system).

Meskipun begitu, komputer masih bisa memperkirakan lokasinya dengan berbagai cara. Misalnya, komputer bisa memperkirakan lokasinya dari informasi seperti alamat IP dan lokasi Wi-Fi yang digunakan.

Walaupun cara-cara ini tidak seakurat GPS, fitur lokasi ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mengatur waktu secara otomatis, hingga menentukan konten yang harus ditampilkan berdasarkan lokasi. Windows menyediakan layanan lokasi yang bisa dimanfaatkan sistem dan aplikasi lain yang membutuhkan informasi lokasi.
 

Pengaturan

Fitur layanan lokasi ini sebenarnya bisa dibiarkan tanpa pengaturan lebih lanjut. Namun Genhype mungkin ingin mengubah pengaturan karena beberapa alasan.

Pertama, tidak semua orang merasa nyaman informasi lokasinya dibagikan oleh komputer. Sebaliknya, ada fitur penting seperti Find My Device yang mungkin berguna tetapi belum tentu dapat berfungsi tanpa pengaktifan lebih lanjut.

Pengaturan izin layanan lokasi dapat dilakukan dari Settings, lalu memilih opsi Privacy & Security. Dari sana pilih opsi Location (terletak di bagian Apps permission). Setelan bawaan di sini adalah location services diaktifkan. Kalian bisa mematikannya bila ini tidak diinginkan.

Cara yang lebih baik mungkin adalah mengaktifkan fitur layanan lokasi, tetapi hanya mengizinkan aplikasi tertentu untuk mengaksesnya. Di bagian di bawahnya, kita bisa mengatur aplikasi mana saja yang memiliki hak akses.

Sebagian besar aplikasi mungkin tidak perlu (saya mematikannya untuk aplikasi seperti kamera dan Whatsapp), namun Anda mungkin ingin mengaktifkannya untuk aplikasi seperti Maps (peta). Peramban (browser) adalah aplikasi lain yang sering meminta informasi lokasi.  Anda bisa mematikan layanan tersebut dari sini.

Dari menu ini Genhype juga bisa melihat aplikasi mana saja yang pernah meminta izin akses lokasi, serta permintaan akses lokasi. Bila ada aplikasi yang ternyata tidak patut mendapatkan akses, Anda bisa memblokirnya dan mungkin mencopotnya dari komputer.

 

Pengaturan lokasi di Windows (Sumber foto: Tangkapan layar Windows)

Pengaturan lokasi di Windows (Sumber foto: Tangkapan layar Windows)


Find My Device

Satu fitur Windows cukup penting dari Windows yang memanfaatkan akses lokasi ini adalah  Find My Device. Fitur ini dirancang sebagai fitur keamanan. Dengan Find My Device, Anda bisa menemukan di mana lokasi perangkat Kalian saat ini, terutama untuk perangkat portabel (komputer jinjing).

Untuk memanfaatkan fitur ini, pastikan bahwa Kalian sudah mengaktifkan layanan lokasi. Kemudian, pastikan juga bahwa fitur Find My Device sudah aktif. Pengaturannya bisa dilakukan masih dari setelan Privacy & Security. Pilih opsi Find My Device, dan lihat apakah fitur ini sudah diaktifkan.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah fitur ini benar-benar berfungsi. Selain membutuhkan informasi lokasi, fitur ini juga mensyaratkan akun Microsoft. Bila Anda belum memilikinya, tapi ingin menggunakan fitur Find My Device, saatnya membuatnya.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Wi-Fi yang Tidak Terdeteksi di Laptop Windows & Mac

Buka alamat https://account.microsoft.com/devices. Ini akan menampilkan semua perangkat Anda yang terdaftar menggunakan akun Microsoft Anda, beserta lokasinya. Bila fitur ini ternyata belum diaktifkan (atau ternyata ada masalah), informasi lokasi ini tidak akan ditampilkan. Klik menu Find My Device untuk mengujinya. Anda akan mendapatkan perkiraan lokasi komputer Windows Anda.

Perlu diingat bahwa perkiraan ini belum tentu akurat. Namun bila komputer Anda dicuri, Anda bisa memanfaatkannya untuk pelacakan, bahkan mengunci komputer.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Remaja Serigala Beraksi Lagi Lewat Serial Wolf Pack

BERIKUTNYA

7 Rekomendasi Game Steam Rilis Februari 2023, Hogwarts Legacy hingga Returnal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: