Tanaman Putri Malu (sumber gambar Flickr)

Identik Sebagai Tanaman Liar, Ini 5 Manfaat Tanaman Putri Malu Untuk Kesehatan Tubuh

31 January 2023   |   20:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

3. Mengatasi Insomnia

Manfaat lain dari daun putri malu adalah dapat mengobati insomnia alias susah tidur. Bagi yang ingin menghilangkan masalah insomnia adalah dengan merebus daunnya hingg manjedi seperti ramuan teh. Setelahnya kalian bisa meminum ramuan tersebut sebelum tidur selama kurang lebih 15-20 hari untuk hasil yang maksimal.

Adapun, salah satu kandungan dari daun putri malu yang dapat mengobati insomnia adalah Kandungan melatonin. Zat ini menurut beberapa penelitian cukup mampu memberikan efek sedatif atau penenang yang akan membuat tubuh merasa rileks serta memicu rasa kantuk secara alami.

Baca juga: Lemon Balm, Tanaman Herbal yang Bisa Cegah Insomnia


4. Obat Anti Bakteri

Manfaat lain dari daun putri malu adalah kemampuannya sebagai ramuan anti bakteri. Masih menurut kajian literatur yang diterbitkan Pharmacognosy Review disebutkan bahwa pasta yang dibuat dari daun putri malu bahkan bisa menyembuhkan bisul dan gatal-gatal.

Selain itu, kandungan senyawa tanin dan hidroksiprolin pada tumbuhan putri malu juga dipercaya dapat menghentikan pendarahan dan menurunkan risiko infeksi pada luka. Sehingga kulit tubuh yang terluka akan cepat kering dan lebih cepat sembuh dibandingkan menggunakan obat jenis lain karena adanya komponen kolagen di tanaman tersebut.


5. Mencegah Kerusakan Hati

Tanaman putri malu juga mengandung senyawa mimosin, dan asam pipekolinat dan berkhasiat untuk mencegah dan mengobati kerusakan hati. Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa daun putri malu dapat melindungi hati dari berbagai infeksi parasit dan bakteri jahat

Adapun, dikutip dari pustakaborneo cara memanfaatkannya  adalah dengan merebus daun putri malu sebanyak 10 gram dengan air 200 cc sampai mendidih selama 15 menit. Hasil rebusan diminum rutin setiap hari agar ramuan tersebut dapat berfungsi secara maksimal. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 
1
2


SEBELUMNYA

Data & Fakta 5 Penyakit Tropis yang Jadi Endemi di Indonesia

BERIKUTNYA

Segudang Manfaat Niacinamide, Cocok untuk Kulit Sensitif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: