Membeli Parfum di Online Shop (Sumber Foto: Pixabay: StocksSnap)

Tips Belanja Parfum lewat Online Shop, Dijamin Anti Gagal Tanpa Perlu Cium Aromanya

31 January 2023   |   20:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apakah Genhype pernah beli parfum di online shop? Bagaimana ya cara menemukan aroma parfum yang kita inginkan tanpa menciumnya langsung. Kita hanya bisa membayangkan seperti apa aromanya setelah membaca deskripsi produk.  Sayangnya, seringkali wangi parfum yang dibayangkan tak sesuai ekspektasi.

Penilaian mengenai aroma bisa saja bersifat subjektif. Meskipun semua parfum beraroma wangi dan segar, namun tidak semua orang suka dengan jenis baunya. Inilah kenapa wangi parfum dikelompokkan ke dalam berbagai jenis, seperti aroma fruity (buah-buahan), floral (bunga), atau woody (kayu-kayuan). Tentunya supaya bisa menyesuaikan dengan preferensi setiap orang saat mencari aroma parfum yang disukai.

Baca juga: 3 Rekomendasi Jenis Parfum untuk Berbagai Acara

Mengutip dari Bustle, begini cara beli parfum di online shop yang antigagal.


1. Ketahui Notes Parfum

Ada tiga tingkat kandungan aroma parfum yang disebut dengan notes yang terdiri dari top notes, middle notes, dan base notes. Artinya kita bisa mencium tiga wangi yang berbeda saat menyemprotkan parfum tertentu. Misalnya ketika menyemprotkan parfum ke kulit atau pakaian, lalu setelah beberapa jam pemakaian, dan saat sudah menempel lama di kulit sepanjang hari.

Pilihlah parfum dengan notes dari campuran aroma yang cocok dengan kepribadianmu. Misalnya top notes baru mulai tercium di pagi hari, maka pilihlah wangi yang lembut dan tidak terlalu menyengat. Kemudian middle notes di siang hari, bisa memilih aroma yang segar seperti citrus untuk menutupi bau keringat. Dan pada malam hari, boleh saja memilih base notes dengan aroma agak kuat dan glamor. 


2. Baca Ulasan Yang Tepat

Penilaian mengenai aroma memang sifatnya subjektif. Namun, tak ada salahnya untuk membaca ulasan parfum yang ditulis oleh beauty blogger. Dengan begitu, kita bisa membayangkan seperti apa wangi parfum dari brand tertentu saat dia mendeskripsikan bagaimana aromanya dengan detail. 


3. Kenali jenis wewangian 

Untuk mengetahui seperti apa aroma parfum tertentu, kita bisa mencium wangi dari bahan bakunya. Dengan begitu hidung kita akan mulai membentuk gambaran penciuman yang tepat. Misalnya notes parfum oriental yang wanginya seperti rempah-rempah, aquatic seperti garam laut, citrus seperti buah jeruk, dan lainnya. 


4. Temukan Aroma yang Disukai

Jika sudah memahami banyak jenis wewangian, carilah pola aroma parfum dalam produk sehari-hari. Misalnya wangi apa yang selalu ada dalam produk sabun mandi, shampo, losion, atau lilin aromaterapi di rumah? Maka itulah aroma yang kita suka. Namun, jangan takut untuk terus bereksperimen dengan mencoba berbagai aroma lainnya ya!


5. Pertimbangkan Jenis Parfum

Apakah Genhype tahu apa bedanya Eau de Cologne (EdC), Eau de Toilette (EdT), atau Eau de Parfum (EdP)? Ketiga jenis parfum ini akan memengaruhi seberapa kuat aroma yang keluar.

EdC menggunakan konsentrasi minyak parfum 2-5 persen sehingga dinilai tidak tahan lama, sementara EdT menggunakan konsentrasi 5-15 persen, dan EdP menggunakan 15-20 persen yang untuk sebagian orang mungkin aromanya terlalu kuat.

Baca juga: 6 Rekomendasi Parfum Lokal Wanita, Wangi dan Tahan Seharian

Harga weparfum juga sering kali ditentukan dari jenisnya. Dengan kata lain EDP bisa lebih mahal daripada EDT karena mereka menggunakan lebih banyak minyak wangi dan tahan lama.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Agnez Mo Raih 2 Penghargaan WPVR 2022 Year-End Pinnacle Awards, Ini Daftar Lengkapnya

BERIKUTNYA

Data & Fakta 5 Penyakit Tropis yang Jadi Endemi di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: