Tren modest fashion/ilustrasi (sumber foto: JIBI/Hypeabis.id)

Intip Tren Modest Fashion 2023

31 January 2023   |   11:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Tren busana muslim atau modest fashion kian berkembang dan telah mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat. Para desainer pun terus berlomba menghadirkan tren fesyen hijab di panggung-panggung mode. Lantas, seperti apa tren modest fashion yang bakal berkembang pada 2023 ini?

Desainer Hannie Hananto mengatakan bahwa tren cuttingan untuk modest fashion pada 2023 akan berbeda dibandingkan beberapa tahun sebelumnya yang banyak berfokus pada model terusan seperti gamis atau dress .

Baca juga: Layering hingga Aksen Romantis, Simak 6 Tren Modest Fashion 2022

Tahun ini, tren busana muslim akan mengarah pada pakaian yang terdiri dari beberapa bagian yang dapat saling dikombinasikan seperti tunik, blouse atau dress, yang dipadukan dengan outer, kemeja, atau blazer, serta dilengkapi dengan bawahan berupa celana atau rok.

“Kalau tadinya busana muslim fokus ke gamis, sekarang trennya akan mengarah ke 2 pieces atau 3 pieces supaya lebih dinamis dan mudah untuk bergerak dari satu titik ke titik lainnya,” jelas dia.

Tren busana yang terdiri dari beberapa bagian ini pun menurutnya akan membuat penggunanya lebih mudah melakukan mix and match. Misalnya saja hari ini menggunakan rok yang dipadukan dengan blouse, lalu untuk memberi tampilan yang berbeda bagian atasannya bisa ditambahkan dengan outwear, dan lain sebagainya.

“Jadi dengan adanya beberapa bagian ini maka look nya bisa dibuat berbeda-beda dan bervariasi. Proses mix and match juga akan lebih muda. Cara ini juga bisa menjadi bagian dari sustainability fashion,” jelasnya.

Sementara itu, dari sisi pemilihan warna menurutnya masih akan didominasi dengan motif monogram dengan warna-warna monokrom . Meski demikian, tren warna cerah seperti orange, fuschia, dan warna magenta juga akan booming. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang didominasi dengan busana bernuansa pastel.

Adapun dari sisi hijab, tren nya akan mengarah pada desain yang lebih simpel dan mudah dipakai serta dapat mendukung aktivitas keseharian. Misalnya untuk pashmina akan dibentuk dengan model lilit, jilbab segi empat akan dibentuk menjadi segitiga.

Senada disampaikan oleh desainer Monika Jufry bahwa tren fesyen muslim pada 2023 ini akan berkembang dan lebih bervariasi. Tren penggunaan outer juga akan mendominasi dalam modest fashion.

Monika mengatakan bahwa penggunaan outer ini juga dapat menutupi bagian panggul yang mungkin belum tertutup sempurna oleh blouse atau dress yang digunakan.

“Tantangan bagi seorang desainer busana muslim atau modest fesyen adalah bagaimana kita bisa membuat karya yang stylish tapi tetap berusaha mengikuti kaidah berbusana muslim,” ucapnya.

Menurutnya penggunaan outer atau blazer akan menjadi tren gaya berpakaian untuk modest fesyen pada 2023 ini. Blazer, semi blazer atau outer yang akan menjadi tren pada 2023 ini tetapi dengan look yang lebih ringan sehingga dapat digunakan untuk gaya yang lebih kasual serta dapat dengan mudah di mix and match.

Baca juga: MUFFEST+ 2022 Hadirkan Konsep Sustainable dalam Modest Fashion Terbaru

Begitu pula dengan hijab, yang akan menjadi tren pada tahun ini adalah model hijab yang lebih simple baik dalam bentuk scarf maupun pashmina. Adapun dari sisi warna, Monika mengatakan bahwa tren warna cerah seperti pink salmon akan banyak dipilih.

(Ikuti terus laporan Hypeabis.id lewat Google News)

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kiat Memilih Riasan Bibir untuk Penampilan Maksimal

BERIKUTNYA

Cek Daftar Artis K-Pop yang Tampil di KCON 2023 Thailand

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: