Ilustrasi cara mengatasi bau mulut (Sumber gambar: Pexels)

Bau Mulut? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

22 September 2021   |   13:14 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bau mulut yang tidak sedap pastinya menurunkan kepercayaan diri saat kita berbincang dengan orang lain. Dalam istilah medis, bau mulut dikenal sebagai halitosis. Beberapa penyebabnya mulai dari kebersihan mulut yang tidak dijaga hingga efek dari salah satu penyakit. 

Spesialis konsultan periodonsia di RS Universitas Indonesia (RSUI) Depok, drg. Bendo Sulijaya Suyono, mengatakan bahwa penyebab bau mulut bisa timbul ketika kita mengonsumsi makanan yang berbau tajam seperti jengkol atau pete, merokok, kebersihan mulut yang buruk, mulut kering, penggunaan obat-obatan khusus, infeksi rongga mulut, infeksi pada rongga hidung, sinus, tenggorokan, dan paru-paru.

“Ini juga bisa disebabkan adanya penyakit sistemik seperti kanker, GERD, ginjal, hati, gangguan metabolik, serta masalah psikis,” ujarnya.
 Baca juga: 10 Makanan Ini Bisa Bikin Bau Mulut

Dia menjelaskan rongga mulut adalah jendela kesehatan kita. Sebanyak 700 spesies bakteri berkolonisasi di gigi, gusi, dan permukaan dalam pipi. Dari 700 spesies bakteri ini tidak semuanya jahat, namun ada beberapa bakteri yang perlu kita waspadai dan berkontribusi pada bau mulut. 

Sementara itu, mengutip Ciputra Hospital, untuk menghilangkan bau mulut, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan, berikut cara menghilangkan bau mulut: 


1. Rutin menggosok gigi

Gosok gigi adalah cara utama untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.  Lakukan setidaknya dua kali sehari untuk menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di mulut.

Nah, buat kamu yang mengalami bau mulut, menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida akan memiliki khasiat untuk menghilangkan bakteri dan mencegah bau mulut.


2. Menyikat lidah

Selain gigi, lidah juga bisa menjadi tempat bertumbuhnya bakteri. Sisa-sisa makanan yang tersisa akan menumpuk di lidah dan menyebabkan bau mulut.

Oleh karena itu, saat menggosok gigi, jangan lupa juga untuk menyikat lidah kamu. Saat ini sudah banyak sikat gigi yang punggungnya bisa dipakai untuk menyikat lidah.


3. Gunakan obat kumur

Setelah menggosok gigi, akan lebih baik kamu menggunakan obat kumur. Obat kumur yang dijual secara bebas dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. 


4. Mengganti sikat gigi

Sikat gigi yang telah usang tidak akan membersihkan gigi dengan maksimal. Alhasil sisa-sisa makanan masih tertinggal dan menyebabkan bau mulut.
Ganti sikat gigi kamu setidaknya tiga sampai empat bulan sekali dan pilih sikat yang memiliki bulu lembut ya agar tidak mengiritasi gusi kamu.


5. Minum air putih

Mulut yang kering terlalu lama dapat menimbulkan bau mulut. Dengan minum air putih kamu bisa membilas mulut sehingga sisa-sisa makanan tidak akan menempel.

Selain itu, minum air putih akan merangsang produksi air liur yang membantu agar mulut tidak kering. Minimalisir atau bila perlu hindari minum kopi, alkohol, atau minuman lain yang dapat membuat mulut kering ya. 


6. Kurangi makanan penyebab bau mulut

Beberapa makanan dapat menimbulkan bau mulut. Makanan yang memicu bau mulut antara lain adalah bawang merah, bawang putih, makanan pedas, makanan manis, petai, dan makanan dengan bau menyengat lainnya.


7. Periksa gigi secara berkala

Pemeriksaan gigi secara teratur penting untuk menjaga kesehatan mulut. Kunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut. Gigi yang rutin di periksa akan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk bau mulut.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Aneurisma Otak, Kondisi saat Pembuluh Darah Otak Membesar

BERIKUTNYA

Pokemon Trading Card Game Live Rilis di Smartphone Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: