Ilustrasi durian. (Dok. Jim Teo dari Unsplash)

Meski Punya Bau Menyengat, Durian Punya 5 Manfaat Ini Lho!

29 June 2021   |   21:18 WIB

Dengan julukan king of fruits, bau yang menyengat, dan rasa yang lembut, boleh jadi durian merupakan buah-buahan yang disukai sekaligus dibenci oleh sebagian dari Genhype, bukan? Akan tetapi, di balik semua rasa itu, durian ternyata menyimpan segudang manfaat bagi tubuh lho guys.

Yuk, simak lima manfaat dari buah durian di bawah ini.
 

1. Picu rasa senang

 

Ilustrasi perasaan senang. (Dok. bruce mars dari Unsplash)

Ilustrasi perasaan senang. (Dok. bruce mars dari Unsplash)

Kandungan trytopan yang merupakan salah satu jenis asam amino bisa memicu rasa senang setelah tubuh mengubahnya menjadi serotonin yang bisa memicu munculnya perasaan senang dan ketenagan.
 

2. Bantu mengatur tidur

 

Ilustrasi tidur. (Dok. Shane dari Unsplash)

Ilustrasi tidur. (Dok. Shane dari Unsplash)

Selain memicu rasa senang, trytopan juga membantu mengatur kualitas tidur yang lebih baik setelah diubah menjadi melatonin yaitu hormon yang membantu mengendalikan siklus tidur. Semakin tinggi kadar melatonin dalam tubuh, maka semakin mudah seseorang untuk tidur.
 

3. Kendalikan tekanan darah

 

Ilustrasi tekanan darah. (Dok. Mockup Graphics dari Unsplash)

Ilustrasi tekanan darah. (Dok. Mockup Graphics dari Unsplash)

Banyak yang bilang makan durian bisa membuat tekanan darah tinggi Anda melonjak, apa benar? Kaya akan potasium, durian bisa membantu mengendalikan tekanan darah sehingga mengurangi risiko hipertensi yang memicu sejumlah penyakit kronis seperti stroke dan gagal ginjal. Namun, jangan berlebihan juga memakannya ya.
 

4. Sumber energi yang baik

 

Ilustrasi berolahraga (Dok. Jordan Opel dari Unsplash)

Ilustrasi berolahraga (Dok. Jordan Opel dari Unsplash)

Dua biji durian mengandung setidaknya 89 kalori yang setara dengan sebuah pisang berukuran sedang. Kalorinya yang cukup tinggi ditambah dengan karbohidrat yang tinggi juga bisa menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh saat berolahraga.
 

5. Membuat kulit lebih baik

 

Ilustrasi kulit wajah. (Dok. Andriyko Podilnyk dari Unsplash)

Ilustrasi kulit wajah. (Dok. Andriyko Podilnyk dari Unsplash)

Dengan kandungan vitamin C, durian bisa membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh sehingga mengurangi pigmentasi dan keriput. Konsumsi dua biji durian atau setara dengan 11,6 miligram vitamin C bisa membantu mendapatkan manfaat tersebut.

Selain manfaat durian di atas, sebenarnya masih banyak manfaat durian yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari meningkatkan gairah seksual, mempercepat penyembuhan luka, membantu meredakan gejala penyakit liver, bahkan meringankan gejala malaria. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, durian bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di perut, misalnya perut terasa kembung, muntah, dan bahkan diare. Jadi jangan berlebihan ya!


Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Netizen Julid ke BTS dan Adik-adiknya, Siap-siap Diproses Hukum!

BERIKUTNYA

Nostalgia Musim Hujan di Lagu Terbaru Epik High

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: