Para pemain utama film Mangkujiwo 2. (Sumber gambar : Instagram/MVP Pictures)

Sinopsis & Fakta Lokasi Film Mangkujiwo 2 yang Lagi Tayang di Bioskop

26 January 2023   |   18:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Satu lagi film horor menghiasi layar bioskop Indonesia. Kali ini, Mangkujiwo 2, film dari Kuntilanak Universe yang bakal memacu adrenalin para pecinta film horor Tanah Air. Tayang mulai Kamis, 26 Januari 2023, siap-siap menyaksikan aksi balas dendam dan kebangkitan kuntilanak ya, Genhype.

Mangkujiwo 2 merupakan sekuel dari film Mangkujiwo yang dirilis pada 2020 lalu. Alur cerita dari film ini pun tidak lepas dari film Kuntilanak 1 dan 2 yang diproduksi MVP Pictures.

Digarap sutradara Azhar Kinoi Lubis, film Mangkujiwo 2 ini dibintangi para aktor ternama, senior, hingga seniman, lho.  Sebut saja Yasamin Jasem, Djenar Maesa Ayu, Sujiwo Tejo, Marthino Lio, Karina Suwandhi, Kiki Narendra, Widika Sidmore, Yayu A.W Unru,  hingga Sara Wijayanto. 
 

Sinopsis


Berlatar dekade 70-an, Mangkujiwo 2 melanjutkan kisah perebutan loji pusaka antara Brotoseno (Sujiwo Tejo) dan Tjokro Kusumo (Roy Marten). Adapun perebutan ini berujung kematian yang masih menyisakan misteri. 

Setelah kematian ayahnya, Tjokro Kusumo, Uma (Yasamin Jasem) berusaha melawan trauma seraya mencari jawaban atas misteri keterlibatan kuntilanak dalam hidupnya. Bersama Rimba (Marthino Lio), Uma berusaha melawan kekejaman Brotoseno yang menumpahkan darah banyak korban manusia. 

Mereka menyelidiki sekte Mangkujiwo dengan kemampuan yang ternyata dimiliki Uma. Dalam film ini, Uma memiliki kekuatan untuk melihat masa lalu dan akhirnya menjadi saksi atas kekejaman dan keserakahan manusia saat balas dendam. 

Di sisi lain, Brotoseno dibantu oleh Nyi Kenanga (Djenar Maesa Ayu) menjadikan sekte Mangkujiwo sebagai wadah untuk mewujudkan keinginannya membangkitkan kuntilanak melalui medium pesugihan. Ini dilakukan sebagai pembalasan dendamnya terhadap Tjokro Kusumo. 

Ya, Mangkujiwo 2 juga akan mengungkap alasan balas dendam Brotoseno. Teror dan ritual pun akan menghantui semua orang yang memiliki ambisi perebutan kekuasaan. 

 


Lokasi Syuting


Latar syuting Mangkujiwo 2 berada di tiga kota yakni, Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Dalam Instagram resmi MVP Pictures, ada alasan mengapa sejumlah kota itu dipilih.

Jogja dan Solo dipilih karena menjadi daerah pertahanan Mangkujiwo atau dapat dikatakan sebagai kota kelahiran Mangkujiwo. Kota besar ini juga mampu bertahan dari pengaruh budaya asing. 

Adapun Semarang, dianggap memiliki daya tarik tersendiri dalam nuansa era 70-an. Kota ini masih terbilang asli dalam bentuk dan suasana.

Baca juga: Film Horor Pesugihan Siap Rilis 23 Februari 2023, Sutradara Janjikan Cerita Seru

Masih di Kota Semarang, tepatnya di Ambarawa, lokasi ini dipilih menjadi tempat syuting Mangkujiwo 2 karena terdapat bangunan bersejarah, Benteng Pendem Ambawara atau Benteng Fort Willem I. Benteng Pendem merupakan istilah Bahasa Jawa yang berarti berada di bawah tanah atau terkubur. 

Bagaimana, sudah penasaran belum Genhype? Buat yang mau mengikuti alur kisa kuntilanak, saksikan Mangkujiwo 2 di bioskop kesayangan kamu mulai hari ini ya. 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Campak Bisa Dicegah, Waspadai Gejala & Komplikasinya

BERIKUTNYA

Mom, Ini Alternatif Nutrisi Untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: