Ilustrasi dekorasi ruang tamu. (Sumber gambar : Unsplash/Spacejoy)

Cek Arah Rumah & Elemen Pembawa Hoki Tahun Kelinci Air Menurut Pakar Fengsui

25 January 2023   |   13:22 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Imlek merupakan tradisi yang selalu dirayakan dengan meriah oleh masyarakat Tionghoa. Menurut kepercayaan, setiap pergantian tahun juga selalu membawa harapan baru lewat teknik perhitungan astrologi yang ada sejak ribuan tahun dari leluhur agar membawa keberuntungan bagi mereka.

Tak hanya itu,  konsep penataan ruang juga sering mengalami perubahan saat pergantian tahun yang mengacu pada konsep fengsui. Yaitu sebuah sistem yang mengatur mengenai penataan bangunan, baik secara spasial dan struktur untuk menyelaraskan energi tertentu demi mencapai keselarasan dan keseimbangan.

Baca juga: Bagaimana Prospek Bisnis pada Tahun Kelinci Air? Ini Kata Pakar Fengsui

Konsep fengsui pada dasarnya berakar pada ideologi tao, yang percaya bahwa ada beberapa kekuatan yang turut berperan dalam lingkungan dan perlu dioptimalkan. Kepercayaan tersebut secara luas membagi alam menjadi lima elemen yakni api, tanah, logam, air, dan kayu. 

Pakar fengsui Steven Eric Lazuardi mengatakan bahwa tahun kelinci air ini konsep penataan fengsui yang berjaya adalah yang kutubnya terletak di posisi barat. Jadi, elemen yang dapat difungsikan dalam dekorasi rumah adalah elemen emas yang akan memberikan energi positif bagi pemilik hunian.

"Untuk posisi barat dan barat laut ini posisi hunian yang baik adalah di arah kompas 247,5 sampai 337,5. Dan titik yang paling menguntungkan itu di 277,5 sampai 292,5 yang menjadi arah batang langit," papar Steven saat dihubungi Hypeabis.id.

Selain mengarahkan properti seperti meja, tempat bekerja, hingga tempat bisnis ke arah barat, Steven juga menyarankan untuk menambah berbagai furnitur lain, termasuk koleksi benda seni atau akuarium. Hal ini menurutnya juga akan menambah kejayaan dari pemilik hunian rumah.

"Penambahan akuarium itu pun bisa diaplikasikan. Di satu sisi berfungsi sebagai hiasan, tapi di sisi lain juga menimbulkan energi positif (chi) yang akhirnya memberikan pengaruh yang lebih baik pada pemiliknya," imbuh Steven.

 

Ilustrasi penataan ruang kerja dan akuarium (sumber gambar Unsplash/Penfer)

Ilustrasi penataan ruang kerja dan akuarium (sumber gambar Unsplash/Penfer)



Namun, Steven juga menyarankan untuk mengubah posisi arah dapur ke arah timur dan timur laut. Hal ini menurutnya untuk menghindari bala atau ciong agar pemilik hunian dapat bertahan tengah endemi dan krisis ekonomi tahun ini.

"Selain itu, di laci juga bisa ditaruh koin emas yang dapat menarik rezeki. Hal ini nantinya juga akan menimbulkan energi positif dan suasana yang lebih meriah dalam suatu rumah," papar Steven.

Adapun, bagi yang suka menghiasi rumah dengan tanaman, Steven menyarankan untuk mengaplikasikan tumbuhan seperti delima yang membawa simbol kepastian seiring endemi dan krisis. Sedangkan bagi yang menyukai benda seni bisa juga menambahkan lukisan tumbuhan baik bunga ataupun tanaman lain.

Baca juga: 5 Lukisan Pembawa Hoki di Tahun Kelinci Air menurut Pakar Fengsui, Lengkap dengan Contohnya

"Setiap lukisan itu ingin menyimbolkan sesuatu, untuk memberikan kesan tertentu bagi pemiliknya. Tahun ini salah satu lukisan yang bisa diaplikasikan adalah gambar bambu kuning, karena dalam ilmu fengsui tumbuhan ini juga sering ditanam untuk menolak bala," tegas Steven.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Panic! at the Disco Bubar, Brendon Urie Mau Fokus Urus Keluarga

BERIKUTNYA

Hypereport: Generasi Masa Depan itu Jangan Sampai Berpenyakitan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: