Selain memajang lukisan untuk menghindari energi negatif, pemilik hunian juga bisa menambahkan tanaman seperti delima dan akuarium. (sumber gambar Unsplash/Manja Vitolic)

5 Lukisan Pembawa Hoki di Tahun Kelinci Air menurut Pakar Fengsui, Lengkap dengan Contohnya

17 January 2023   |   13:57 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Konsep penataan ruang dalam kebudayaan China dikenal dengan nama fengsui, yakni sebuah sistem yang mengatur mengenai penataan bangunan baik secara spasial, struktur maupun tempat. Bagi etnis China, fengsui digunakan untuk menyelaraskan energi tertentu demi mencapai keselarasan dan keseimbangan.

Fengsui pada dasarnya berakar pada ideologi tao, yang percaya bahwa ada beberapa kekuatan berperan dalam lingkungan dan perlu dioptimalkan. Kepercayaan ini secara luas  juga membagi alam menjadi lima elemen yakni api, tanah, logam, air, dan kayu. Semuanya dapat didselaraskan dengan alam.

Baca juga: Kelinci Air, Cek Feng Shui Dekorasi Ruang yang Bawa Hoki

Pakar fengsui Steven Lazuardi mengatakan, di tahun Kelinci Air ini dalam konsep penataan ruang, warna yang bakal membawa hoki adalah kuning emas. Namun, ada juga benda-benda artistik lain, salah satu lukisan yang juga bisa dipajang untuk membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Selain itu, untuk menghindari energi negatif,  pemilik hunian juga  bisa menambahkan tanaman seperti delima dan akuarium dengan arah mata angin  barat, dan barat laut dengan ikan hias seperti koi dan arwana di dalamnya.

"Karena elemen buminya tahun kelinci Air kali ini logam dan langitnya air, maka untuk menambah estetika ruang dan mengatur chi [energi positf], bisa dikasih lukisan yang menggambarkan kejayaan seseorang atau zaman keemasan," papar Steven saat dihubungi Hypeabis.id.

Lantas, lukisan seperti apa yang dianggap dapat membawa keberuntungan pada tahun Kelinci Air ini. Simak ulasan berikut ini. 


1. Lukisan Bambu

 

Ilustrasi lukisan bambu (Sumber gambar: Flickr - tsoilanc1)

Ilustrasi lukisan bambu (Sumber gambar: Flickr - tsoilanc1)

Lukisan bambu bisa dijadikan sebagai penambah estetika ruang di dalam rumah, dengan memajangnya di dinding ruang tamu atau sudut lain di rumah. Dalam ilmu fengsui bambu merupakan tanaman yang dipercaya dapat menolak bala yang datang dari luar rumah. Untuk itu, Steven menyarankan untuk memacak lukisan bambu kuning.

"Setiap lukisan itu ingin menyimbolkan sesuatu, untuk memberikan kesan tertentu bagi pemiliknya, di tahun ini ya salah satunya bambu kuning itu karena dalam ilmu fengsui tumbuhan ini juga sering ditanam untuk menolak bala," kata Steven.


2. Lukisan Kupu Kupu

 

Ilustrasi lukisan kupu-kupu (Sumber gambar: Unsplash/Martin Ferreira)

Ilustrasi lukisan kupu-kupu (Sumber gambar: Unsplash/Martin Ferreira)

Selain lukisan bambu, Steven juga menyarankan untuk memajang lukisan kupu-kupu, karena serangga tersebut dikenal memiliki keindahan dan sesuatu nan romantis. Hal ini senada dengan tahun dengan kelinci Air yang melambangkan asmara dan keharmonisan dan. 

"Lukisan kupu kupu itu melambangkan simbolisme yang bahagia dan harmonis Selain itu dengan memajang lukisan ini dipercaya juga akan ada banyak tamu-tamu yang  datang dengan membawa keberuntungan bagi pemilik rumah," imbuh Steven.


3. Lukisan Ikan Koi

 

Ilustrasi lukisan koi (Sumber gambar: Flickr/kent galleros)

Ilustrasi lukisan koi (Sumber gambar: Flickr/kent galleros)

Lukisan ikan koi memang sudah karib dan banyak ditemui di hampir setiap rumah. Di tahun kelinci air ini lukisan tersebut juga bisa diaplikasikan dalam menambah nilai artistik sebuah ruangan, sekaligus mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Menurut Steven, ikan koi melambangkan kemakmuran, tapi dia menyarankan untuk memajang lukisan ikan koi yang di dalamnya terdapat 9 ekor ikan, yakni angka yang mendominasi di tahun kelinci air ini.


4. Lukisan Burung 

 

Ilustrasi lukisan burung (Sumber gambar: Unsplash/Catherine Kay Greenup)

Ilustrasi lukisan burung (Sumber gambar: Unsplash/Catherine Kay Greenup)

Jenis lukisan lain yang dipercaya membawa hoki bagi pemiliknya di tahun kelinci air ini adalah lukisan burung. Terlebih yang menggambarkan suasana burung yang berkicau di pagi hari. Karena akan memberikan semangat pada pemilik hunian untuk terus berada dalam energi positif saat berada di rumah.


5. Lukisan Kuda

  

Ilustrasi lukisan kuda (Sumber gambar: Flickr/ Mark AC)

Ilustrasi lukisan kuda (Sumber gambar: Flickr/ Mark AC)

Lukisan kuda yang sedang berlari di sebuah sabana yang luas juga bisa dijadikan alternatif untuk diaplikasikan dalam menambah estetika ruang dan memberikan chi positif terhadap pemilik hunian.  Secara filosofis, dalam ilmu fengsui kuda diasosiasikan dengan kesuksesan dan melambangkan karier yang cemerlang bagi anggota keluarga di rumah.

Baca juga: 5 Kiat Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui Agar Karier Moncer

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Bersantai di Limasegi Dipinus, Kedai Kopi di Tengah Hutan Pinus Cikole yang Sejuk

BERIKUTNYA

Grup Metal Asal Indonesia Siap Mengguncang Malaysia pada 19 Februari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: