Penguin adalah hewan yang ada di antartika (Sumber gambar: pexels/ pixabay)

5 Wisata Unik di Antartika yang Jadi Destinasi Impian Para Petualang

24 January 2023   |   13:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Berbicara tentang antartika, semua orang pasti membayangkan gletser dan penguin. Padahal, bagi orang yang pernah menjelajah kawasan benua yang barada di Kutub Selatan tersebut, terdapat sejumlah tempat wisata yang menarik dan wajib masuk daftar destinasi wisata.

Berdasarkan laman NASA, Antartika adalah sebuah benua terbesar kelima di bumi. Benua ini tertutup es, dan menutupi Kutub Selatan bumi. Tidak hanya itu, benua ini menjadi tempat terdingin yang ada di bumi. “Suhu pada musim dingin cukup dingin untuk membekukan air sepanjang waktu,” demikian tulis NASA dalam lamannya.

Baca juga: Menengok Lagi Petualangan Fotografi Jay Subyakto & Yori Antar ke Antartika

NASA menuliskan bahwa benua Antartika memiliki dua musim, yakni panas dan dingin. Selama musim panas, benua ini berada di sisi bumi yang miring ke arah matahari, sehingga membuatnya selalu cerah. Sementara pada musim dingin, benua ini akan berada di sisi bumi yang miring menjauh matahari. Kondisi ini membuatnya selalu gelap.

Tidak hanya itu, di benua ini juga tidak ada hujan atau salju. Tidak hanya itu, tempat ini juga tidak memiliki pohon atau semak. Tumbuhan yang dapat hidup di benua yang dingin hanya lumut dan alga. Meskipun begitu, tempat ini adalah rumah bagi hewan anjing laut dan penguin. Benua ini terdiri dari banyak es dalam bentuk gletser, rak es, dan gunung es.

Suhu Antartika yang terlalu dingin tidak memungkinkan seseorang tinggal di benua itu dalam waktu yang lama. Para ilmuwan yang datang bergiliran ke tempat ini untuk mempelajari tentang es yang ada di sana. Selain ilmuwan, orang yang datang ke Benua Antartika adalah para wisatawan atau turis yang hanya berkunjung pada musim panas.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata di benua Antartika yang menjadi destinasi paling berbeda dan menarik untuk para petualang.


1. King George Island

Tempat pertama yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Benua Antartika adalah King George Island, yakni pulau terbesar di Kepulauan Shetland Selatan yang terletak 75 mil di lepas pantai Antartika.

Pulau ini merupakan aerodrome untuk penerbangan ke Antartika, dan banyak stasiun penelitian dari berbagai negara berdiri. King George Island yang ditemukan oleh William Smith juga merupakan tempat bagi satwa liar dan mamalia laut seperti anjing laut, gajah, penguin, dan sebagainya.

Baca juga: Ahli Geografi Kini Akui Keberadaan Samudra Selatan di Antartika

Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati sejumlah bangunan dan situs sejarah selain pemandangan alam dan juga koloni penguin yang kerap mampir. Untuk menuju lokasi ini, para pelancong bisa memanfaatkan pesawat, mengingat sudah tersedia landasan terbang sebagai akses utama.


2. South Georgia Museum

Tempat lain yang harus masuk dalam daftar destinasi wisata di Benua Antartika adalah South Georgia Museum yang terletak di Grytviken, bekas stasiun perburuan paus di pulau sub-Antartika Georgia Selatan. Di tempat ini, para pelancong akan melihat sejumlah koleksi milik Government of South Georgia & the South Sandwich Islands (GSGSSI).

Bangunan utama yang terkenal dari museum ini bernama Manager’s Villa, dan didirikan pada 1914. Pada saat itu, bangunan ini menjadi tempat tinggal Grytviken yang merupakan manajer stasiun perburuan paus, keluarga, dan para staf.


3. Fortuna Bay

Benua Antartika juga memiliki Fortuna Bay yang berada di wilayah bagian Georgia Selatan, Antartika. Tempat ini adalah fjord atau semacam teluk dari gletser sejajar yang membentang dari utara sampai selatan dengan panjang 6 kilometer.

Selain alam yang memesona, kalian juga dapat melihat beragam jenis penguin, seperti kawanan penguin raja dan penguin gentoo. Kemudian, ada juga elang laut (phoebetria palpebrate), procellaria aequinoctialis, chionis alba, dan sebagainya.

Baca juga: Bukan Antartika, Ternyata Kota Terdingin Dunia Ada di Rusia

Wisatawan yang mau berkunjung ke tempat ini tidak dapat sembarangan, karena ada kuotanya, yakni tidak lebih dari 100 pengunjung, tidak termasuk pemandu dan pemimpin ekspedisi.
 

1
2


SEBELUMNYA

Dimulai Hari Ini, Cek Jadwal & Lokasi Vaksin Booster Kedua

BERIKUTNYA

Blonde hingga Pinocchio Masuk ke Daftar Nominasi Film Terburuk Razzie Awards 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: