Iustrasi alat musik (sumber gambar Unsplash/Dolo Iglesias)

Intip 5 Alat Musik Termahal di Dunia, Ada Biola Stradivarius hingga Piano Steinway

23 January 2023   |   17:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalangan musisi, mahakarya musik yang dihasilkan pastinya dipengaruhi instrumen yang digunakan. Pasalnya, alat musik yang dimainkan memiliki peran penting dalam membuat komposisi nada. Hal inilah yang membuat para musisi berani membayar harga tinggi untuk alat musik yang berkualitas.

Tak hanya itu, pasca mereka meninggal sejarah reputasi pemakai, hingga kualitas bahan yang masih terjaga, juga membuat beberapa instrumen musik kerap dilelang dengan harga selangit. Para kolektor barang antik pun siap merogoh kocek terdalam untuk mengoleksi alat-alat musik tersebut. 

Baca juga: Daftar Lukisan Termahal yang Terjual Sepanjang 2022

Dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut adalah 5 instrumen alat musik termahal sepanjang masa yang pernah dimiliki musisi terkenal dunia hingga dilelang dan kini dimiliki para kolektor barang antik.


1. MacDonald Stradivarius Viola, US$45 Juta

 

Instrumen musik termahal di posisi puncak ditempati oleh viola langka Stradivarius milik bangsawan dari abad ke-19 bernama The MacDonald. Viola ini adalah satu dari 10 viola buatan virtuoso Stradivarius yang masih utuh dan tersisa di dunia.

Dalam riwayatnya, viola ini sempat dimainkan oleh co-founder Amadeus Quartet, Peter Schidlof hingga akhir hayatnya pada 1987. Tapi, pada 2014, viola ini dilelang dengan harga yang fantastis, yakni 45 juta dolar AS, atau setara Rp674 miliar. Menariknya, hingga saat ini instrumen tersebut belum menemukan tuannya yang tepat. Apakah Genhype tertarik mengoleksinya?


2. Duport Stradivarius Cello, US$20 Juta

  

Pemain cello, Jean-Louis Duport (1749-1819). (Sumber gambar: Museum Musik Philharmonie de Paris)

Pemain cello, Jean-Louis Duport (1749-1819). (Sumber gambar: Museum Musik Philharmonie de Paris)

Daftar alat musik termahal berikutnya juga masih dari hasil buah tangan keluarga Antonio Stradivari. Tapi kali ini bukan viola, melainkan alat musik dawai lain yang bernama cello. Menurut catatan sejarah, cello tersebut dibuat pada 1711 untuk François Chicoyneau, yang merupakan dokter dari Raja Louis XIV.

Adapun, alat musik ini mendapatkan namanya dari pemain cello, Jean-Louis Duport, yang memainkannya sekitar 1800.

Selama seratus tahun berikutnya, cello tersebut berpindah tangan beberapa kali hingga tahun 2008, dibeli oleh Nippon Music Foundation dengan harga US$20 juta atau setara Rp299 miliar. Padahal, cello itu sendiri tidak dalam kondisi terbaik karena memiliki penyok yang terlihat di kayu. Tetapi, karena nilai historisnya cello ini kemudian memiliki harga selangit.


3. Giuseppe Guarneri Vieuxtemps Violin, US$16 Juta

Berada di urutan ketiga adalah salah satu biola termahal di dunia, yaitu The Vieuxtemps Violin yang diciptakan oleh virtuoso asal Italia Guiseppe Guarneri pada 1741. Biola ini terjual seharga US$16 juta pada 2012 atau setara Rp179 miliar kepada seorang pembeli anonim.

Sejak dibuat ratusan tahun silam, biola tersebut telah dimainkan oleh pemain biola terkenal di dunia pada waktu yang berbeda tetapi selalu dijaga dalam kondisi murni. Oleh karena itu, biola ini disebut tidak pernah retak, diperbaiki, atau bahkan ditambal. Terakhir, biola ini sempat dimainkan oleh Anne Akiko Meyers, pada konser tahun 2015.
1
2


SEBELUMNYA

Tengok 5 Hal Ini Sebelum Mengubah Portofolio Investasi pada Tahun Resesi

BERIKUTNYA

Banyak Diminati, Yuk Kenali Kelebihan & Kekurangan Investasi Safe Haven

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: