Ilustrasi aplikasi lipstik. (sumber foto: Unsplash/Daria Gordova)

Lipstik dengan Kandungan Bahan Alami Makin Diminati

22 January 2023   |   20:49 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Perona bibir dengan tekstur dan hasil matte menjadi salah satu jenis riasan bibir yang paling digemari, terutama karena sifatnya yang tahan lama dan memberi kesan penuh pada bibir. Namun, produk satu ini cenderung membuat bibir kering, menyebaban kerutan bibir terlihat jelas yang malah membuat penampilan kurang menarik serta tidak nyaman.

Nah, untuk menghindari bibir kering maka sebelum mengaplikasikan lip cream atau lipmatte, sejumlah tipa kecantikan menyarankan untuk menggunakan pelembab bibir (lip balm) terlebih dahulu sehingga membuat bibir menjadi lebih lembab sekaligus mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Selain itu, kalian juga bisa memilih produk yang dilengkapi kandungan formula alami yang dapat menutrisi, melembabkan dan melindungi bibir. Apalagi saat ini lipstik dengan kandungan bahan alami tengah menjadi tren, tak sedikit brand kosmetik yang memberikan kandungan bahan alami pada produknya.

Baca juga: Ladies, Kenali Perbedaan Lipstik & Lip Cream Berikut Ini

Supia Saupi, Founder Ufora mengatakan saat ini lipstik bukan hanya digunakan untuk membuat penampilan lebih segar dan merona saja tetapi juga dapat merawat bibir. Untuk merawat bibir tetap sehat di tengah kesibukan yang padat, maka bisa memilih lipstik yang tak harus mahal, tetapi mengandung bahan-bahan alami yang tidak merusak bibir.

"Pakailah lipstik yang berbahan alami dan tesktur ringan demi kesehatan bibir kita. Selain itu lipstik juga bisa dicampur untuk menghasilkan warna yang lebih indah sesuai kepribadian pemakainya," ujarnya.

Sementara itu, Ayu Adriani CEO Marketing PT Global Nutri Indonesia mengatakan belakangan ini ada banyak produsen lokal yang menggunakan bahan-bahan herbal seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, shea butter dan vitamin E pada produk perona bibir.

Kandungan tersebut melindungi bibir sehingga tidak membuat bibir menjadi hitam meski dipakai dalam jangka waktu lama. Selain itu juga dapat merawat bibir kering hingga menjadi lembab kembali  tanpa penggelupasan.

Selain Ufora, brand lain yang juga menghadirkan lip matte dengan kandungan bahan alami adalah Somethinc. Irene Ursula, Creator dari BeautyHaul, Somethinc, & Glowinc Potion mengatakan lip cream menjadi salah satu pilihan untuk dipakai di berbagai jenis kegiatan.

"Lip cream memiliki daya tahan lama dan dapat dipakai untuk berbagai jenis kegiatan dan memunculkan efek matte yang bisa memberikan kesan glamour dan juga elegan," ujarnya.

Sebelum membeli produk lip matte, ada baiknya Genhype memperhatikan kandungan alami berikut ini yang dapat mempercantik sekaligus merawat bibir:


1. Lidah buaya

Banyak orang mungkin mengandalkan bahan yang menenangkan untuk membantu mengatasi sengatan matahari, cobalah lidah buaya pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Enzim pada lidah buaya dapat membantu mengatasi peradangan dan menenangkan serta menyembuhkan bibir pecah-pecah.


2. Minyak Calendula

Dengan kemampuan alaminya untuk menyerap kelembapan dari udara, minyak calendula merupakan humektan yang sangat baik untuk kulit kering dan kulit pecah-pecah. Bahan alami juga memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi.


3. Minyak Kelapa

Minyak ini sebagian besar terdiri dari lemak jenuh. Minyak kelapa sangat menghidrasi dan membantu mempertahankan kadar air pada kulit karena menciptakan penghalang antara kulit dan lingkungan sekitar.


4. Minyak Jojoba

Selain banyak digunakan pada produk losion, minyak jojoba juga jadi bahan alami favorit dalam formula lipstik. Ini adalah salah satu bahan alami terbaik untuk bibir pecah-pecah. Minyak jojoba menyegel kelembapan untuk membantu melindungi dari agresor kulit dan elemen lain seperti cuaca dingin dan panas musim panas. Selain itu, bahan ini memiliki sifat anti-inflamasi, yang berfungsi untuk meredakan bibir yang teriritasi, meninggalkan efek menenangkan yang bertahan lama.


5. Shea Butter

Setelah populer di kalangan brand dengan produk pelembab bibir, kini Shea Butter juga banyak digunakan dalam produk perona. Dengan vitamin alami dan asam lemak, shea butter sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit maupun bibir. Bahan ini juga mengandung asam sinamat - senyawa kristal putih - yang dapat mengatasi bibir pecah-pecah yang teriritasi dan meradang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Keunggulan Pengisi Daya 200 Watt, Klaim Pengisian Penuh Dalam Hitungan Menit

BERIKUTNYA

Review Autobiography, Saat Sisi Tergelap Manusia Terkuak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: