Keunikan tradisi berbagi angpao adalah selalu menggunakan amplop berwarna merah . (sumber gambar; Pexels/ Rodnae Productions)

5 Fakta Menarik Tradisi Berbagi Angpau yang Identik dengan Imlek

21 January 2023   |   16:25 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Gunakan uang kertas baru

(Sumber gambar: Pexeles/Rodnae Productions)

(Sumber gambar: Pexeles/Rodnae Productions)


Meski tidak ada aturan tertulis, tapi uang yang biasanya dimasukkan dalam amplop merah biasanya diisi dengan uang kertas yang masih licin dan baru. Pemilihan uang baru sendiri merupakan bentuk berkah yang dibagikan kepada orang lain, sehingga diharapkan dapat memberi keberuntungan yang baru bagi penerima dan pemberi.

Tradisi menggunakan uang baru ini kemudian juga diadaptasi masyarakat Indonesia dan berbaur dengan agama dan budaya di berbagai wilayah sehingga membentuk sesuatu yang baru. Salah satunya adalah tradisi memberi amplop berisi uang kepada anak-anak saat perayaan  Idulfitri.


5. Diberikan dengan cara yang baik dan diterima dengan hormat

Selain menjadi tradisi tahunan, angpau adalah simbol dari berkah, oleh karena itu proses berbagi kebaikan ini harus dilakukan dengan cara yang baik. Saat perayaan Imlek angpau biasanya diberikan setelah keluarga berdoa pada leluhur dan meminta untuk keberuntungan di masa mendatang saat mereka berkumpul di rumah.

Baca juga: Sejarah, Makna & Pedoman Memberikan Angpau

Adapun, salah satu pedoman saat memberikan angpau adalah baik pemberi atau penerima tidak boleh menggunakan satu tangan. Pemberi, biasanya orang yang lebih tua akan menyerahkan angpau di atas kedua tangan anggota keluarga yang lebih muda.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Sejarah, Makna & Pedoman Memberikan Angpau yang Identik dengan Imlek

BERIKUTNYA

Asyik, Film Dokumenter J-hope in The Box Siap Tayang 17 Februari 2023 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: