Purna sedang melatih Rakib menggunakan senjata (Sumber gambar: Kawan Kawan Media)

Tayang di Bioskop, Simak Sinopsis Film Autobiography

19 January 2023   |   14:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film panjang pertama garapan Sutradara Makbul Mubarak,  Autobiography akan tayang di beberapa bioskop dalam negeri mulai hari ini, Kamis, 19 Januari 2023. Film bergenre drama ini telah memperoleh banyak penghargaan baik nasional maupun internasional.

Berdasarkan rilis yang diterima oleh Hypeabis,id, film Autobiography telah mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Di Jogja-Netpac Asia Film Festival 2022, film ini meraih Golden Hanoman Award yang merupakan penghargaan tertinggi.

Baca juga: 3 Film Indonesia Tayang Hari Ini, Autobiography hingga Balada Si Roy

Kemudian, film ini juga mampu membawa pulang Piala Festival Film Indonesia 2022 untuk kategori penulis skenario terbaik. Sementara itu, di ajang internasional, film Kawankawan Media itu memperoleh The International Critics Prize for Best Film in Orizzonti from the International Federation of Film Critics (FIPRESCI) Venice Film Festival 2022.

Lalu, Feature Fiction Award Winner Adelaide Film Festival Winner 2022; Grand Prize Winner-TOKYO FILMeX, International Film Festival 2022; Best Screenplay-Asia Pacific Screen Awards 2022; NETPAC Award-Taipei Golden Horse Film Festival 2022; dan sebagainya.

Kalian yang ingin menonton film Autobiography dapat menyaksikannya di sejumlah bioskop di dalam negeri, seperti Cinema XXI, CGV, dan Cinepolis.

Film Autobiography adalah film yang bercerita tentang sosok Rakib yang diperankan oleh Kevin Ardilova. Rakib harus bekerja sebagai pengurus rumah tangga tunggal di sebuah rumah kosong lantaran sang ayah berada di bali jeruji besi. Sementara itu, saudara laki-lakinya tinggal di luar negeri untuk bekerja.

Rumah kosong tempat Rakib bekerja adalah milik karakter bernama Purna yang diperankan oleh Arswendy Bening Swara. Purna merupakan seorang pensiunan jenderal yang keluarganya telah mengabdi selama berabad-abad di sebuah daerah di Indonesia.

Kemudian, Purna pulang ke rumah lantaran akan melakukan kampanye dalam bursa pemilihan bupati. Kepulangan itu pun membuat keduanya dekat. Rakib pun merasa terikat lantaran Purna menjadi mentor dekat dan menemukan sosok ayah.

Keterikatan itu membuat Rakib bersedia menjadi asisten sang pensiunan dalam pekerjaan dan kehidupan. Pada suatu hari, dia menemukan poster kampanye Purna sebagai Bupati dirusak oleh seseorang. Dia pun kemudian melacak pelaku perusakan tanpa ragu, dan memicu peningkatan rantai kekerasan.

Purna memiliki program pembangunan pembangkit lisrik jika terpilih menjadi bupati. Program itu akan membuat beberapa warga harus kehilangan tempat tinggalnya. Kondisi ini pun membuat sang pensiunan menemui berbagai rintangan, termasuk ancaman pembunuhan.

Selain Kevin Ardilova dan Arswendy Bening Swara, film dengan durasi 115 menit itu juga diperankan oleh Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Alm. Gunawan Maryanto.

Sementara itu, Makbul pernah menyutradarai beberapa film pendek, antara lain Sugih (2015), Irasaimase (2016), dan Ruah (2017). Film Ruah pernah terpilih sebagai Film Pendek Terbaik pada Festival Film Indonesia 2017.

Kemudian, Lembaga Sensor Film (LSF) mengkategorikan autobiography masuk dalam film untuk penonton dengan usia 17 tahun ke atas.

Baca juga: Autobiography, Debut Film Panjang Makbul Mubarak yang Filosofis

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

3 Film Indonesia Tayang Hari Ini, Autobiography hingga Balada Si Roy

BERIKUTNYA

Resep Nasi Goreng Gochujang, Nikmatnya Bikin Nagih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: