Nasi goreng Gochujang khas Korea Selatan (Sumber gambar: Freepik/Jcomp)

Resep Nasi Goreng Gochujang, Nikmatnya Bikin Nagih

19 January 2023   |   13:15 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Gochujang adalah salah satu bumbu paling penting dalam masakan Korea Selatan. Di luar Korsel, bahan ini biasa dikenal dengan nama Korean red pepper paste atau Korean chili paste. Pasta kental manis dan pedas ini biasanya berwarna merah atau merah tua.

Terbuat dari bubuk cabai Korea, kedelai yang difermentasi, dan beberapa bahan lainnya, gochujang memiliki kombinasi rasa tajam, manis, dan pedas dan cocok dengan hampir semua hal mulai dari sayuran, unggas, hingga hidangan daging.

Jika Genhype suka makan masakan Korea sehari-hari, gochujang harus ada di dapur kalian. Untuk membantu Anda, hypeabis menyajikan resep yang dapat kalian coba di rumah.

Baca jugaDijamin Enak! Yuk Coba Resep Nasi Goreng Rendang ala Chef Chepi

Genhype bisa membuat gochujang sendiri tapi memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dibutuhkan pengukuran yang tepat agar mencapai rasa yang ingin dicapai, jadi sebaiknya gunakan resep yang telah dicoba dan diuji.

Jika ingin membeli gochujang yang sudah jadi, tingkat kepedasannya mungkin berbeda di antara merek yang berbeda, jadi periksalah label untuk indikator tingkat kepedasan. Bagi banyak orang, medium-hot adalah yang sering dibeli kecuali kalian adalah orang yang memiliki indra perasa yang lebih berani.
 

Rahasia Gizi Gochujang

Gochujang dianggap sebagai superfood karena banyak manfaat kesehatannya, karena mengandung antioksidan, protein, dan vitamin yang tinggi. Ini juga merupakan bumbu yang ramah diet karena kandungan lemak dan kalorinya yang rendah.

Senyawa penting lainnya yang ada dalam gochujang adalah capsaicin, bahan kimia yang ada dalam makanan pedas. Capsaicin meningkatkan metabolisme dan proses pembakaran lemak yang sangat bagus untuk mereka yang mencoba menurunkan berat badan.

Berdasarkan studi dari Pusan National University di Korea Selatan, ekstrak bumbu fermentasi juga dapat mengurangi penumpukan lemak serta menghalangi pembentukan sel-sel lemak baru. Selain itu, gochujang adalah sumber vitamin B2 dan C yang baik. Yang pertama membantu menstabilkan metabolisme dan juga membantu fungsi normal tiroid. Vitamin C, di sisi lain, melindungi sel dari radikal bebas yang tentunya mengurangi risiko kanker.
 

Resep Nasi Goreng Gochujang (598 kalori)

Bahan-bahan:

2 cangkir nasi putih
3 sendok makan gochujang
3 sendok makan kecap rendah sodium
1 1/2 sendok makan madu
2 sendok teh cuka beras
4 sendok makan minyak wijen
2 bawang merah besar, cincang
3/4 sendok teh parutan jahe segar
2 siung bawang putih besar, parut
2 wortel ukuran sedang, parut kasar
2 sendok makan biji wijen panggang, sediakan juga untuk taburan 
4 cangkir bayam muda
4 telur ayam berukuran besar
2 daun bawang, iris tipis
½ cangkir daun ketumbar
Kimchi, untuk penyajian

Cara membuat:

  1.  Masak nasi. Sebarkan ke atas loyang yang dilapisi perkamen dan dinginkan dalam lemari es 20 menit. Dalam mangkuk kecil, masukkan gochujang, kecap, madu, dan cuka. Kocok lalu sisihkan.
  2. Panaskan 3 sendok makan minyak ke dalam wajan antilengket besar dengan api sedang. Tambahkan bawang merah dan masak, aduk sesekali, hingga 4 sampai  menit dan berwarna cokelat keemasan.
  3. Aduk jahe dan bawang putih dan masak 30 detik. Tambahkan nasi dan aduk hingga rata, lalu masukkan wortel.
  4. Tambahkan nasi dan aduk hingga rata, lalu masukkan wortel. Buatlah lubang sumur di tengah nasi dan tuangkan campuran gochujang. Aduk sesekali sampai nasi panas dan mulai, sekitar 5 sampai 6 menit.
  5. Kurangi panas menjadi lebih rendah dan masukkan biji wijen dan bayam.
  6. Dalam wajan antilengket, panaskan sisa minyak dengan panas medium dan masak telur hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Sajikan di atas nasi dengan daun bawang, daun ketumbar, dan biji wijen. Sajikan dengan kimchi.

Baca jugaSimak 2 Variasi Resep Olahan Tteokbokki, Mudah & Enak!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)


Editor: Indyah Sutriningrum 

SEBELUMNYA

Tayang di Bioskop, Simak Sinopsis Film Autobiography

BERIKUTNYA

Rekomendasi 6 Festival di Pulau Jeju, Salah Satunya Menyaksikan Aksi Perempuan Penyelam yang Tangguh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: