Potato Cheese Bread (Sumber gambar: Youtube.com/매일맛나 delicious day)

Resep Potato Cheese Bread, Camilan Sore yang Creamy dengan Sensasi Keju Lumer

14 January 2023   |   10:44 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pernah mendengar potato cheese bread? Yup, menu makanan ini sempat viral di penghujung 2022 lalu. Tampilan potato cheese bread yang mengunggah selera ini sempat berseliweran di media sosial tiktok. Bahkan tak sedikit yang tertarik untuk memasaknya.

Makanan ini sangat populer di Korea Selatan sebagai camilan. Biasanya penyajian potato cheese bread ini berdampingan dengan hotteok atau pancake ala Korea loh.

Baca juga: Kuliner Khas Betawi, Cek Resep Roti Buaya Mini Yuk

Potato cheese bread ini merupakan roti kentang yang dibagian tengahnya terdapat keju yang lumer.  Nah untuk Genhype yang bosan dengan camilan yang itu-itu aja, kamu bisa nih cobain potato cheese bread yang rasanya creamy, gurih, dan pastinya mengenyangkan. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk simak bahan-bahan apa saja yang harus dipersiapkan!


Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung protein tinggi
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan minyak kelapa sawit
  • 100 gram susu cair full cream
  • 50 gram kentang
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Keju mozzarella secukupnya


Cara membuat:

  1. Cuci, kupas, dan rebus kentang di air mendidih hingga teksturnya lembut, kira-kira membutuhkan waktu 15 menit.
  2. Haluskan kentang yang sudah direbus dengan cara ditumbuk hingga lumat. Sebaiknya gunakan tangan saja untuk melumatkan kentang hingga teksturnya seperti mashed potato.
  3. Sembari menghaluskan kentang, masukkan sekitar 50 gram susu cair full cream, serta sejumput garam dan lada. Aduk hingga semua bahannya tercampur rata. Lalu sisihkan.
  4. Ambil wadah yang cukup besar, masukkan tepung protein tinggi, gula pasir, baking powder, dan minyak kelapa sawit ke dalam wadah kemudian aduk hingga bahannya tercampur rata. Tambahkan sejumput garam dan sisa dari susu cair full cream.
  5. Uleni bahan hingga membentuk adonan seperti roti. Ratakan adonan roti hingga adonannya kalis kira-kira sekitar 5 menit.
  6. Setelah adonan kalis, diamkan adonan sekitar 10 menit. Jangan lupa untuk menutup adonan dengan plastik hingga adonannya mengembang.
  7. Setelah adonan mengembang, buka penutup plastik lalu kempeskan adonan. Pipihkan adonan di atas talenan yang lebar menggunakan rolling pin. Jika ingin membuat potato cheese bread berukuran kecil, kamu bisa membagi adonanya menjadi beberapa bagian.
  8. Pada bagian tengah adonan yang sudah pipih, letakkan kentang yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan parutan keju mozzarella di atasnya sesuai selera.
  9. Balut adonan seperti roti isi, ratakan bagian adonannya hingga tertutup sempurna sehingga ketika digoreng nanti kejunya tidak meluber keluar adonan.
  10. Siapkan wajan dengan sedikit minyak, kemudian goreng adonan dengan api sedang. Masak hingga kira-kira 10 menit dengan api sedang untuk mendapatkan hasil roti dengan warna emas kecokelatan. Jangan lupa untuk membalik adonannya.
  11. Potato cheese bread siap disajikan. Kamu bisa memotongnya menjadi beberapa bagian kemudian menyantapnya dengan saus favorit.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Deep Purple dan God Bless Manggung Bareng di Solo Maret 2023, Cek Harga Tiketnya

BERIKUTNYA

NVIDIA Broadcast Luncurkan Fitur Eye Contact Berbasis AI, Apa Keunikannya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: