Ilustrasi (sumber gambar : microsoft 365 / unsplash)

Ingin Sukses Menjadi Reseller? Ini Langkah-Langkahnya

12 January 2023   |   06:00 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Strategi yang cukup banyak dilakukan oleh brand lokal untuk dapat berkembang pesat tanpa harus mengeluarkan modal yang besar adalah membangun pasukan reseller. Cara tersebut dipercaya bisa lebih mendekatkan produk yang dihasilkan dengan konsumen.

Salah satu brand lokal yang sukses menjadikan kekuatan reseller dalam mengembangkan bisnisnya adalah MS Glow. Hingga kini, setidaknya sudah memiliki ribuan reseller yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menjadi reseller mulai banyak dipertimbangkan sebagai karier yang menjanjikan, terutama oleh para perempuan dan juga ibu rumah tangga. Pasalnya, dengan menjadi reseller, mereka bisa menjual produknya ke kerabat dekat, ataupun melalui berbagai platform belanja online yang tersedia.

Meski hanya menjadi reseller, tetapi tak sedikit yang bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar bahkan bisa membeli rumah maupun mobil. Lantas, apa saja tips atau kiat menjadi reseller yang sukses?

Berikut tips sukses yang dibagikan oleh sejumlah reseller MS GLOW yang mungkin bisa diterapkan oleh para perempuan yang ingin memulai menjadi reseller.

1. Memilih brand sesuai passion atau hobi

Menjalani bisnis sesuai dengan bidang yang disukai biasanya akan membuat rutinitas lebih menyenangkan. Untuk Anda yang senang bereksperimen dengan produk skincare, atau mengaplikasikan makeup, menjadi reseller di brand beauty and skincare tentunya sangat menyenangkan.

Akan lebih seru lagi jika Anda memang menggunakan produk tersebut, sehingga kamu bisa meyakinkan konsumen untuk ikut mencoba dan membeli produk tersebut dan menceritakan pengalamannya kepada pelanggan.


2. Memperhatikan kredibilitas brand

Jika sudah menjadi pengguna dari brand tersebut dan memiliki passion di bidang tersebut, hal lainnya yang perlu diperhatikan sebagai seorang reseller adalah memastikan bahwa brand tersebut memang aman dan kredibel untuk dijual ke konsumen. Tentunya, Anda tidak ingin ikut terlibat dalam rantai penjualan produk yang ternyata bisa membahayakan kesehatan konsumen.

Bagi Putri, reseller MS GLOW asal Balikpapan, kredibilitas brand menjadi kunci utama yang membuatnya yakin bisa menjual produk tersebut ke konsumen. “Untuk produk kecantikan, memiliki sertifikat BPOM adalah syarat mutlak. Sudah banyak kasus peredaran produk kecantikan yang ternyata mengandung bahan berbahaya, dan saya sangat menghindari hal tersebut. Adanya sertifikat BPOM itulah yang sangat membantu penjualan,” ujarnya.


3. Semangat meningkatkan kemampuan

Dalam menjalani bisnis reseller, tentunya akan menemukan berbagai tantangan, mulai dari banyaknya jenis produk yang perlu dikomunikasikan, hingga dinamika yang harus dihadapi saat berinteraksi dengan konsumen.

Memahami hal tersebut, MS GLOW telah mempersiapkan berbagai program pendampingan untuk reseller, mulai dari product knowledge, digital marketing, hingga kelas motivasi.

Tips dari Sayu, reseller MS GLOW dari Bali yang juga seorang ibu rumah tangga, maksimalkan program tersebut untuk menjadi bekal sukses memulai bisnis reseller.

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang berkeinginan untuk membantu perekonomian keluarga, awalnya Sayu sempat meragukan pilihannya karena ia merasa dirinya kurang mengerti tentang perkembangan teknologi.

Akan tetapi, program pendampingan yang disediakan dapat membantunya untuk melek akan teknologi dan mampu memasarkan produk dengan baik kepada konsumen. 

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Profil Michelle Yeoh, Aktris Asia Tenggara Pertama Peraih Golden Globes 2023

BERIKUTNYA

Logitech Rilis Keyboard & Tetikus Wireless Baru, Cek Harga & Spesifikasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: