The Banshees of Inisherin mendapatkan rata-rata rating 8,2 dari 10 di IMDb. (Sumber gambar: Searchlight Pictures)

Ini Alasan The Banshees of Inisherin Meraih 8 Nominasi di Golden Globes 2023

13 December 2022   |   18:33 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film Irlandia, The Banshees of Inisherin, menjadi headline nominasi Golden Globes 2023. Film dark comedy tentang kisah persahabatan di Irlandia tahun 1920-an ini menerima delapan nominasi, termasuk Film Terbaik (musikal atau komedi) dan nominasi penulisan dan penyutradaraan untuk Martin McDonagh.

Empat aktor yang terlibat dalam proyek sinema ini juga menerima nominasi akting: Colin Farrell (Aktor Terbaik), Kerry Condon (Aktris Pendukung Terbaik) dan Brendan Gleeson dan Barry Keoghan (Aktor Pendukung Terbaik).

The Banshees of Inisherin pertama kali ditayangkan awal tahun ini di Festival Film Internasional Venesia ke-79 dan begeitu dicintai oleh mereka yang menyaksikannya, membuat film tersebut mendapat tepuk tangan meriah selama 15 menit.

Baca juga: The Banshees of Inisherin Pimpin Nominasi Golden Globe Awards 2023, Cek Daftar Lengkapnya

Pasca perdana pada bulan Oktober, film ini dirilis di Irlandia, Inggris Raya, dan Amerika Serikat dan juga mendapat tanggapan yang tak kalah meriah dari penonton. Pada Golden Globes 2023, film ini mengalahkan film-film lainnya dari segi raihan nominasi di ajang internasional yang pada tahun ini adalah yang ke-80.

Selain nominasi Film Terbaik (Musikal atau Komedi), film berdurasi 1 jam 54 menit itu juga mendapatkan nominasi untuk kategori Best Original Score (Motion Picture) melalui Cartel Burwell.
 

Raihan delapan nominasi yang diperoleh oleh film ini tidak terlepas dari peran Martin McDonagh yang menjadi sutradara sekaligus penulis. Dalam perjalanan karirnya, McDonagh telah memenangkan banyak penghargaan dan juga masuk dalam nominasi. Dia bahkan pernah memenangkan Piala Oscar pada 2006 untuk kategori Best Short Film, Live Action, yakni Six Shooter.

Kemudian, dia juga masuk dalam nominasi Piala Oscar pada 2009 untuk kategori Best Writing, Original Screenplay melalui film In Bruges pada 2008. Di ajang Piala Oscar 2018, McDonagh juga masuk nominasi untuk sejumlah kategori seperti Best Original Screenplay dan Best Motion Picture of the Year.

Film yang diperankan oleh Colin Farrell, Brendan Gleeson, Kerry Condon, dan sebagainya itu berlatar belakang hampir seabad yang lalu di pulau fiksi, Inisherin, di tengah-tengah massa Perang Saudara Irlandia pada tahun 1923.

Saat negara itu berada di tengah kerusuhan dan pergolakan politik, dua sahabat Pádraic dan Colm menemukan persahabatan mereka yang telah terjalin lama dihadapi dengan tantangan ketika Colm mendapati dirinya ingin menyingkirkan Pádraic dari hidupnya.

Kedua mantan teman itu menyikapi pertengkaran tersebut dengan cara yang berbeda. Saat Pádraic mencoba untuk menyelamatkan persahabatan mereka, Colm mencoba untuk melanjutkan hidupnya dan memutuskan hubungan dengan Pádraic selamanya.

IMDb mencatat bahwa film ini mendapatkan rata-rata rating 8,2 dari 10 dengan jumlah pemberi rating mencapai sekitar 17.000 pengguna IMDb. Sejumlah penghargaan pun telah diraih oleh film ini. salah satunya adalah New York Film Critics Circle Awards pada 2022.

Film kedua yang menerima nominasi terbanyak di ajang Golden Globe ke-80 adalah Everything Everywhere All at Once yang tercatat masuk dalam enam nominasi. Film yang diperankan oleh Michelle Yeoh ini juga tercatat sudah memperoleh sejumlah penghargaan.

Sementara itu, film Babylon dan The Fabelmans tercatat menerima lima nominasi. Adapun, film Elvis, Guillermo del Toro’s Pinocchio, dan Tár masing-masing menerima tiga nominasi.

Adapun, Avatar : The Way of Water, Black Panther: Wakanda Forever, Glass Onion: A Knives Out Mystery, The Menu, RRR, Top Gun: Maverick, Triangle of Sadness, dan Women Talking masing-masing menerima dua nominasi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

ATEEZ Bikin Kejutan Comeback Akhir Tahun, Intip Teasernya Yuk!

BERIKUTNYA

Intip Penampilan Para Pemain Serial Mendua di Momen Gala Premiere, Adinia Wirasti hingga Tatjana Saphira

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: