Teknologi robotik terus berkembang dan telah banyak diimplementasikan dalam produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia (Sumber gambar: Unsplash/Jason Leung)

Mesin hingga Humanoid, Cek Deretan Teknologi Robot yang Dikenalkan pada Ajang CES 2023

10 January 2023   |   15:15 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Januari selalu jadi waktu yang dinantikan para penggemar teknologi (tech enthusiast). Pasalnya, awal tahun baru itu jadi waktu diadakannya salah satu pameran industri teknologi terbesar di dunia. Apalagi kalau bukan Consumer Electronics Show atau CES, yang selenggarakan oleh Consumer Technology Association. 

Acara tersebut diikuti oleh banyak raksasa teknologi dunia. Sebut saja Samsung, Intel, ASUS, dan yang lainnya. Mereka memperkenalkan dan menampilkan inovasi produk dan layanan mutakhir yang dikembangkan. CES 2023 telah rampung digelar beberapa waktu lalu, tepatnya pada 5-8 Januari tapi masih menyisakan banyak percakapan seputar teknologi di dunia maya. 

Dari sekian banyak pengumuman yang diungkap, ada satu tema yang menarik untuk ditelisik, yakni tentang teknologi robotik. Ya, pada ajang tersebut, sejumlah perusahaan mempresentasikan produk robot yang menarik perhatian. Mulai dari mesin pembersih lantai hingga robot anjing, yuk lihat lebih jauh deretan robot yang dikenalkan pada acara CES 2023. 

Baca jugaDyson Kembangkan Robot yang Bisa Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga


1. Roborock S8 Series 

(Sumber gambar: Roborock)

(Sumber gambar: Roborock)

Salah satu implementasi teknologi robotik yang paling umum dipakai saat ini adalah robot penyedot debu (vacuum cleaner). Seiring dengan perkembangannya, robot ini semakin pintar dengan pemasangan berbagai sensor hingga integrasi dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). 

Dalam ajang CES 2023, perusahaan yang berfokus di bidang ini, Roborock mengenalkan portofolio terbarunya, yakni S8 Series yang terdiri dari S8, S8+, dan S8 Pro Ultra - mirip dengan penamaan smartphone. Salah satu keunggulan perangkat ini adalah kemampuannya melakukan mopping, alih-alih hanya berfungsi sebagai vacuum cleaner
 

2. Worx Landroid Vision

(Sumber gambar: Worx)

(Sumber gambar: Worx)

Selain penyedot debu, implementasi robotik juga mulai banyak dilakukan dalam bentuk mesin pemotong rumput. Dalam hal ini, benar-benar berbentuk robot bukan lagi sekadar peralatan seperti gergaji mesin. Misalnya yang dilakukan oleh perusahaan Worx dengan memperkenalkan produk terbaru mereka di CES 2023, Landroid Vision. 

Robot pemotong rumput dari perusahaan berbentuk layaknya mobil futuristik berwarna hitam dan oranye. Perangkat itu memiliki kamera depan guna memindai lingkungan sekitar, dan memungkinkan alat menghindar objek selain rumput. Untuk tujuan utamanya, robot dibekali dengan tiga silet di bagian bawah. Landlord Vision juga dapat dikontrol melalui aplikasi di ponsel pintar, dengan salah satu fiturnya adalah penjadwalan waktu mesin harus melakukan pekerjaannya. 
 

3. Dog-E

(Sumber gambar: WowWee)

(Sumber gambar: WowWee)

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing adalah impian banyak orang. Terlebih saat ini hewan peliharaan telah gandrung dianggap sebagai keluarga. Akan tetapi bagaimana jadinya jika anjing peliharaan yang dimiliki adalah sebuah robot? Ya, hal itu telah coba dilakukan oleh perusahaan teknologi bernama WowWee. 

Pada gelaran CES 2023 kemarin, WowWee kembali mengenalkan produk robot anjing terbarunya, Dog-E. Bisa dibilang Dog-E merupakan robot anjing pintar, yang terhubung dengan aplikasi untuk kegiatannya. Robot tersebut dilengkapi dengan sensor audio untuk mendengar serta sensor sentuhan di kepala, hidung dan sisi tubuhnya.

Setelah pengguna mengaktifkan Dog-E, robot yang awalnya berwarna putih ini akan menjadi ‘hidup’ lewat proses pencetakan dengan menampilkan warna sebagai ciri yang unik. Proses itu dilakukan dengan mengelus bagian kepala, menyentuh hidung, dan lain-lain, tinggal tunggu beberapa waktu dan robot akan menampilkan warna tertentu. 
 

4. Pyxel 

(Sumber gambar: Educational Insights)

(Sumber gambar: Educational Insights)

Masih dari deretan robot berwujud hewan anjing, Educational Insights juga mengenalkan produk terbarunya di ajang tersebut yang diberi nama Pyxel. Berbeda dengan Dog-E yang lebih berfungsi sebagai ‘teman’ peliharaan, Pyxel punya tujuan edukasi khususnya terkait bahasa dan pemrosesan kode (coding). 

Perusahaan menyebut bahwa Pyxel diciptakan untuk menyuguhkan pengalaman pengkodean pada anak-anak. Tujuannya agar mereka terpapar dan senang dengan proses coding dan mengembangkannya ke tingkat lebih lanjut. Robot ini hadir dengan enam kode interaktif untuk membuat rangkaian kode Blockly, yang setelah diselesaikan pengguna bisa lanjut menulis kode dengan Python. 
 

5. Aeo

(Sumber gambar: Aeolus Robotics)

(Sumber gambar: Aeolus Robotics)

Sekarang kita beralih ke robot humanoid. Adalah perusahaan Aeolus Robotics yang pada gelaran CES 2023 memperkenalkan portofolio terbaru mereka, Aoe. Sebuah robot berlengan ganda yang dirancang untuk mengerjakan berbagai tugas layanan. Beberapa contoh yang diungkap adalah melakukan proses desinfeksi, patroli keamanan, hingga pengiriman makanan. 

Aeo memiliki navigasi otonom menggunakan banyak kamera dan sensor infra merah, dengan begitu robot bisa bergerak dan bermanuver di sekitar ruangan. Selain itu, robot juga dapat dioperasikan dari jarak jauh. Untuk saat ini, negara yang paling getol memanfaatkan robot humanoid adalah Jepang, yang dipakai di tempat-tempat seperti panti jompo, rumah sakit, hingga restoran.

Baca jugaBerkenalan dengan Ameca & Mesmer, Robot yang Bisa Tunjukkan Ekspresi Wajah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
 
Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cari yang Hijau-hijau, Cek 4 Taman Instagramable di Jakarta

BERIKUTNYA

Jadwal Pertandingan M4 World Championship Knockout Stage Day 4 10 Januari 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: