Robot ElliQ (Sumber gambar: Intuition Robotics)

Perusahaan Ini Membuat Robot Teman Lansia Agar Tak Kesepian

21 March 2022   |   09:20 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perusahaan Israel Intuition Robotics menghadirkan inovasi unik, yaitu sebuah robot yang dikembangkan sebagai asisten pribadi untuk orang tua atau lansia agar dapat mengatasi persoalan kesepian. Pengembangan tersebut tidak main-main dan membutuhkan waktu yang panjang. 

Intuition Robotics belum lama ini resmi meluncurkan produknya yang dinamai ElliQ. Ini adalah sebuah tablet yang terhubung ke robot berbentuk lampu, ditujukan untuk membantu lansia dalam tugas harian yang sederhana dan membantu mengurangi kesepian. 

Robot ElliQ, layaknya asisten virtual, dapat menjawab pertanyaan ringan, memulai percakapan, memutar musik, merekomendasikan latihan kebugaran dan konten kesehatan. Robot juga bisa memesan perjalanan ke apotek atau rumah sakit tertentu memakai layanan daring. 

Perusahaan menyebut bahwa pengembangan robot tersebut membutuhkan waktu sekitar 5 tahun penelitian mutakhir dan pengujian. Ini dirancang bekerja sama dengan desainer industri yang fokus pada hal ini. 

Selain itu, ElliQ juga dikembangkan dengan menggabungkan ilmu psikologi, ilmu perilaku, dan kemampuan kecerdasan kognitif tingkat lanjut untuk dapat memberdayakan orang dewasa dalam menjalani kehidupan yang aktif dan lebih terhubung. 
 

(Sumber gambar: Intuition Robotics)

(Sumber gambar: Intuition Robotics)
 

CEO & Co-founder Intuition Robotics Dor Skuler mengatakan bahwa situasi pandemi juga telah mendorong urgensi pengembangan robot ini. Dia menyatakan pada periode tersebut telah melihat banyak dampak buruk terkait kondisi mental populasi lansia. 

“Setelah bertahun-tahun bekerja keras, hari ini [peluncuran] akhirnya tiba. Kami dengan senang hari menghadirkan ElliQ dan tersedia secara luas untuk lansia yang menginginkan sahabat karib yang ramah,” katanya dalam pernyataan resmi. 

Adapun, hasil uji coba sebelumnya dari ratusan peserta menunjukkan bahwa mereka - kelompok lansia - secara intensif memanfaatkan ElliQ. Perusahaan menyebut keterlibatannya mencapai 20 kali interaksi dan total 20 menit dalam sehari. 

Para peserta uji coba umumnya menggunakan robot itu untuk mendukung kesehatan dan kebugaran sambil menghabiskan waktu dengan ElliQ sebagai pendamping. Ini dimungkinkan karena robot dibekali kemampuan unik untuk memproyeksikan empati dan membangun kepercayaan dengan pengguna. 

Adapun, ElliQ menyediakan beberapa fitur persahabatan, kesehatan dan kebugaran, komunikasi, hiburan, hingga bantuan tertentu. Berikut selengkapnya : 
  • Video latihan fisik hasil kemitraan dengan Silver Sneakers 
  • Konten kesehatan hasil kerja sama dengan Mayo Clinic 
  • Akses dukungan transportasi Uber Health 
  • Percakapan dan inspirasi harian 
  • Pengaturan dan pelacakan sasaran kesehatan & kebugaran 
  • Pengingat acara, janji temu, dan lainnya 
  • Kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan teks, melakukan panggilan video 
  • Perekaman dan berbagi memori 
  • Musik, lelucon, trivia, berita, dan aktivitas lain 
  • Pembaruan foto jarak jauh dari bingkai foto bawaan ElliQ 
 


Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Terima Tantangan Netizen, Titi DJ Balas Lagu Hati-Hati di Jalan dengan Merilis To Lose

BERIKUTNYA

Ramai Soal Pawang Hujan, Begini Sejarahnya yang telah Ada Sejak Zaman Purba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: