Saat ini, es kepribadian (sumber gambar : ben mullins / unsplash)

Ingin Tahu Kepribadian Kamu Seperti Apa? Yuk Coba Ikutan Tes Ini

11 July 2022   |   20:14 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui karakter kepribadian seseorang adalah melalui tes. Nah akhir-akhir ini, masyarakat khususnya generasi muda beredar cukup populer perbincangan mengenai tes MBTI. Genhype barangkali sudah pernah mendengar dan mencoba tren ini. 

MBTI adalah kepanjangan dari Myers-Briggs Type Indicator, yang merupakan sebuah tes yang dibuat untuk melihat gambaran umum mengenai kepribadian, kekuatan, karakter, dan preferensi seseorang.

Pada saat melakukan tes kepribadian, kalian harus menjawab berbagai pertanyaan dari 4 skala berbeda yakni extraversion (E) – Introversion (I); Sensing (S) – Intuition (N); Thinking (T) – Feeling (F); Judging (J) – Perceiving (P).

Baca Juga : Kenali Kepribadian Seseorang dari Warna Pakaian 

Nah, setelah melakukan tes dalam empat skala tersebut, kalian akan mendapatkan kombinasi huruf dari kepribadian yang paling dominan di setiap skala. Kombinasi empat skala itu akan menghasilkan 16 tipe kepribadian yang berbeda yaitu : 
 
  1. ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)
  2. ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)
  3. ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)
  4. ISFP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)
  5. INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)
  6. INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)
  7. INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)
  8. INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)
  9. ESTP (Extroverted, Sensing, Thinking, Perceiving)
  10. ESTJ (Extroverted, Sensing, Thinking, Judging)
  11. ESFP (Extroverted, Sensing, Feeling, Perceiving)
  12. ESFJ (Extroverted, Sensing, Feeling, Judging)
  13. ENFP (Extroverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)
  14. ENFJ (Extroverted, Intuitive, Feeling, Judging)
  15. ENTP (Extroverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)
  16. ENTJ (Extroverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Myers-Briggs Type Indicator ini tidak menunjukkan hasil yang salah atau benar ya Gehype tetapi tes ini dapat membantu kamu mengenali potensi dan keunggulan yang ada dalam dirimu.

Nah, ingin tahu kamu tipe kepribadian yang mana, berikut situs kepribadian yang bisa kalian akses secara gratis. Untuk mengikuti tes ini dibutuhkan waktu sekitar 12 menit tapi bisa juga lebih karena ngga ada batasan waktunya jadi kalian bisa santai mengisinya.

Lalu, jawab semuanya dengan jujur ya sesuai dengan kepribadianmu karena ngga ada jawaban yang benar atau salah kok dan sebisa mungkin jangan memilih jawaban netral. Hasil tes bisa langsung kalian dapatkan setelah mengisi semua pertanyaan dengan lengkap. 

Berikut ini adalah beberapa situs web yang bisa kalian coba untuk mengecek atau melakukan tes kepribadian MBTI :  
 

1. Satu Persen 

Platform Satu Persen menyediakan tes untuk mengetahui MBTI. Kalian, akan diminta untuk mengisi sebanyak 40 pertanyaan tentang berbagai hal, dalam dua pilihan ganda. Setelah selesai, kalian akan mendapatkan salah satu tipe kepribadian lengkap dengan informasi potensi dan solusi sampai tokoh yang kamu banget. 

Kalian bisa coba tesnya di sini
 

2. 16 Personalities 

Tes kepribadian dari situs web 16 Personalities disebutkan memerlukan waktu sekitar 12 menit. Berbeda dengan platform sebelumnya, di sini kalian diminta untuk menjawab pernyataan dengan pilihan setuju atau tidak setuju. Hasilnya dilengkapi dengan rincian beberapa sub sifat seperti pikiran yang introvert/ekstrovert, rasional atau emosional, dan lainnya. 

Kalian bisa coba tesnya di sini


3. Anthonykusuma 

Situs lain di mana kalian bisa menguji kepribadian adalah Anthonykusuma. Tes ini akan meminta penggunanya menjawab 60 soal dalam kurun waktu 10 menit. Kalian akan diminta memilih opsi tindakan atau sifat yang paling menggambarkan diri sendiri. Setelahnya, hasil akan keluar beserta dengan penjelasan singkat mengenai MBTI yang didapatkan, ciri-ciri, saran pengembangan, hingga profesi yang cocok. 

Kalian bisa coba tesnya di sini. 


Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kiat Menurunkan Massa Tubuh Secara Konservatif, Apa Itu?

BERIKUTNYA

Studi Terbaru: Mengonsumsi Banyak Garam Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: