Eggy Maulana Vikri berebut bola dengan pemain lawan di Piala AFF 2022 (Sumber gambar: tangkapan layar laman IG PSSI)

Indonesia vs Filipina: Ini Syarat Indonesia Lolos ke Babak Semifinal Piala AFF 2022

31 December 2022   |   15:25 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pertandingan tim nasional Indonesia melawan tim nasional Filipina dalam lanjutan babak kualifikasi Grup A Piala AFF 2022 menjadi pertandingan penentu bagi tim Garuda – julukan tim nasional Indonesia – agar bisa lolos ke babak semifinal. Indonesia membutuhkan kemenangan dan hasil imbang untuk lolos ke babak selanjutnya. 

Statistik mencatat bahwa Witan Sulaeman dan kawan-kawan harus menang saat melawan Filipina untuk memastikan diri lolos ke babak selanjutnya. Dengan kemenangan, tim nasional Indonesia tidak akan terganggu dengan hasil pertandingan lainnya antara Thailand melawan Kamboja.

Skema lolos lainnya untuk tim nasional Indonesia lolos ke babak semifinal adalah Thailand mengalahkan tim nasional Kamboja. Kemenangan Thailand akan membuat Kamboja tetap memiliki poin enam yang berarti masih berada di bawah poin Indonesia dan Thailand pada saat ini.

Baca jugaHitung-Hitungan Peluang Indonesia Jadi Juara Grup A Piala AFF 2022

Hasil apa pun dalam pertandingan antara Indonesia melawan Filipina akan tetap membuat Indonesia lolos ke babak selanjutnya jika Thailand berhasil mengalahkan Kamboja. Tim nasional Indonesia juga berpotensi lolos jika berhasil mencetak hasil imbang melawan Filipina, apa pun hasil pertandingan antara Thailand melawan Kamboja. Dengan hasil seri, Indonesia akan memiliki nilai delapan.

Tim Garuda berpotensi tidak lolos ke babak semifiinal jika kalah dari Filipina dan Kamboja menang atas Thailand. Dengan skema kalah dari Filipina, Indonesia hanya tetap memiliki poin tujuh. Sementara itu, Kamboja akan memiliki poin sembilan jika berhasil menaklukan Thailand.

Penentuan peringkat kedua dan ketiga Grup A antara Indonesia dan Thailand akan ditentukan dengan melihat besaran selisih gol lantaran keduanya akan tetap memiliki poin yang sama, yakni tujuh jika masing-masing kalah dari lawannya. Sementara itu, Filipina tetap berada di posisi keempat meskipun berhasil menang dari Indonesia karena hanya memiliki poin enam jika Kamboja menang atas Thailand.

Untuk diketahui, Indonesia sampai dengan pertandingan ketiga babak kualifikasi grup belum pernah kalah sekali pun. Tim asuhan Shin Tae-young ini berhasil menang dua kali dan seri satu kali.

Pada pertandingan pertama melawan Kamboja, Indoesia berhasil unggul tipis 2 – 1. Kemudian, Indonesia kembali unggul 7 – 0 saat melawan tim nasional Brunei Darussalam pada pertandingan kedua babak kualifikasi grup.

Saat melawan tim nasional Thailand, Indonesia hanya mampu bermain imbang 1 – 1 selama 90 menit pertandingan. Sampai saat ini, tim nasional Indonesia tercatat telah menyarangkan bola ke gawang lawan sebanyak 10 kali dan kebobolan dua kali.

Indonesia bersama dengan Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam untuk bersaing di babak kualifikasi Grup A. Sejauh ini, tim yang sudah dipastikan tidak lolos ke babak selanjutnya dari Grup A adalah Brunei  Darussalam dan Filipina.

Brunei menjadi juru kunci karena kalah di semua pertandingan babak kualifikasi grup. Sementara itu, Filipina tercatat kalah sebanyak 2 kali dan menang satu kali. Satu-satunya kemenangan Filipina adalah saat bertemu dengan Brunei Darussalam.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Hypereport: Tantangan Seniman & Desainer pada Era AI, Akankah Posisi Mereka Tergantikan?

BERIKUTNYA

Cuaca Ekstrem Akhir Tahun Tak Bikin Wisatawan Putar Balik, Ini Buktinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: