Pantai Sengigi Lombok. (Sumber gambar ; Unsplash/Tandya Rachmat)

Libur Tahun Baru, Jelajahi 7 Spot Wisata di Lombok Ini Yuk

29 December 2022   |   06:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Lombok menjadi alternatif destinasi wisata yang pas untuk menghabiskan libur tahun baru. Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, pulau ini terkenal dengan pemandangan alam yang mengagumkan seperti perbukitan hijau hingga pantai berpasi putih yang dibalut air birunya laut. 

Desa wisata di destinasi ini bahkan menarik untuk dijelajahi. Liburan Genhype akan makin berkesan, terlebih Lombok menempati posisi teratas sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia. Jadi, kamu enggak perlu cemas mencari masjid atau masalah untuk beribadah. 

Nah buat Genhype yang ingin bewisata ke Lombok, masukkan sejumlah spot-spot ini ke dalam daftar liburan kamu ya


1.  Pantai Senggigi

Jika di Bali ada Kuta, Lombok memiliki Senggigi yang menjadi lokasi favorit wisatawan lokal hingga mancanegara. Terletak di Lombok Barat, Sengigi menawarkan pemandangan eksotik dengan garis pantai yang panjang. 

Pasirnya masih bersih dengan agar yang jernih. Di pantai ini, kamu bisa mencoba berbagai macam olahraga air seperti kano, snorkeling, hingga selancar. Tidak usah khawatir, pengelola menyewakan alat-alat untuk melakukan olahraga itu. Bahkan kamu bisa mendapatkan jasa guide untuk berselancar di sana.


2. Pantai Kuta Mandalika

Mendengar nama Mandalika, kamu pastinya langsung teringat pada perhelatan akbar MotoGP pada Maret 2022 lalu bukan? Berada di Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah, pantai ini tidak jauh dari sirkuit Mandalika. 

Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih dan dikelilingi perbukitan hijau yang menyegarkan mata. Ada tradisi unik di pantai ini. Pada pertengahan Februari, biasanya penduduk setempat berkumpul untuk mengumpulkan nyale, cacing laut. Masyarakat setempat meyakini menangkap nyale akan membawa keberuntungan. 


3. Pantai Batu Berang

Berada di Lombok Barang, hanya perlu 15 menit dari Sirkuit Mandalika, kamu bisa menikmati pemandangan hutan bakau yang berbatasan langsung dengan pantai. Hutan bakau itu berjajar rapi di bibir pantai berpasir putih.

Selain menikmati pemandangan, kamu bisa menjelajahi hutan mangrove layaknya di Amazon. Kamu juga bisa lho berkontribusi menjaga bumi dengan menanam mangrove di lokasi tersebut. Liburannya jadi lebih berkesan bukan?

Baca juga: Resep Sate Rembiga, Kuliner Khas Lombok yang Cocok Temani Malam Tahun Baru


4. Pink Beach

Berbeda dari pantai lainnnya, Pink Beach memiliki pasir berwarna merah muda seperti namanya. Kamu juga akan dimanjakan dengan air laut yang jernih di bibir pantai dan biru ketika menjorok ke tengah. 

Berada di ujung selatan Kabupaten Lombok TImur, wilayahnya juga memiliki beberapa teluk atau gili yang bisa kamu jelajahi. Tidak jauh dari pantai yang dulu bernama Tangsi ini, ada gua Jepang yang menjadi tempat persembunyian saat masa penjajahan.
 

5. Bukit Merese

Wisata dengan panorama area perbukitan hijau yang berbatasan langsung dengan birunya pantai ini bukan hanya memanjakan mata namun juga menentramkan jiwa. Bukit Merese menjadi salah satu destinasi andalan Lombok yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jaraknya hanya 13 menit dari sirkuit tempat penyelenggaraan MotoGP beberapa waktu lalu.

Waktu terbaik mengunjungi Bukit Merese yakni ketika sunset dan sunrise. Namun untuk mendapatkan pemanadangan yang wah, Januari hingga April bukit ini dipenuhi rumput hijau yang subur. Jadi spot foto ciamik yang melengkapi feed Instagram kamu nih.


6. Desa Wisata Ende

Desa ini berisi penduduk asli Lombok yakni suku Sasak. Dengan keunikan peradaban masyarakat Suku Sasak yang masih sangat terjaga kelestariannya, bangunan tradisional yang masih berdiri kokoh, akan memanjakan setiap wisatawan yang berkunjung. 

Genhype juga akan disambut kesenian musik tradisional seperti genggong, gendang beleq, dan tarian peresean ketika datang ke Desa Wisata Ende. Lokasinya mudah dijangkau kok. Tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok dan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.


7. Desa Wisata Sembalun

Terletak di Lombok Timur, Semalun merupakan gerbang utama pendakian menuju Gunung Rinjani yang tersohor keindahannya. Berada di ketinggian 1.150 meter di atas permukaan laut, Desa Sembalun dikelilingi perbukitan dan  megahnya tebing-tebing batu yang kemiringannya nyaris mencapai 90 derajat. 

Dinding batu ini adalah hasil pembekuan materi letusan atau lava yang dimuntahkan Gunung Rinjani ratusan tahun lalu. Di beberapa bagian, tampak lumut dan rerumputan melapisi batuan tersebut menambah pesona kecantikannya. Tentu, udara segar pegunungan terasa kental di desa ini.

Baca juga: Berkunjung ke Desa Sade di Lombok


Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Waspada Gejala & 5 Penyebab Pendarahan Otak yang Dialami Indra Bekti

BERIKUTNYA

Diburu Pencinta Kuliner, Begini Strategi Pemasaran Sambal Bu Nik Gaet Pelanggan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: