Sate Rembiga khas Lombok. (Sumber gambar : Bango/Unilever)

Resep Sate Rembiga, Kuliner Khas Lombok yang Cocok Temani Malam Tahun Baru

06 December 2022   |   17:02 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sate merupakan kuliner yang cocok disantap pada saat liburan bersama orang-orang terdekat, tidak terkecuali perayaan malam Tahun Baru. Biasanya masakan berbahan dasar daging ini diolah melalui proses dibakar memakai tusukan, kemudian disajikan dengan bumbu kacang ataupun kecap. 

Kuliner dengan ciri khas daging yang ditusuk ini punya variasi yang sangat banyak, berbeda cara mengolah di berbagai daerah. Dengan begitu, Genhype enggak bakal kehabisan ide atau bosan mengonsumsi sate. Salah satunya, kalian bisa lo menyajikan sate Rembiga khas Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.  

Sate Rembiga adalah kuliner yang terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah-rempah. Salah satu ciri khas utamanya adalah penggunaan terasi Lombok, yang membuat cita rasanya begitu berbeda dengan sate dari daerah lainnya. 

Baca jugaWajib Dicoba! Ini 5 Jenis Sate Khas Nusantara di Festival Jajanan Bango 2022

Di Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 pada Oktober lalu, hidangan yang langsung disajikan oleh salah satu penjaja Sate Rembiga paling tersohor di Lombok, yaitu Sate Rembiga Ibu Sinnaseh. Kuliner ini menjadi favorit pengunjung yang rela antre panjang dan penjualnya harus restock bahan sampai beberapa kali.

Senior External & Digital Communication Manager PT Unilever Indonesia Tbk, Adisty Nilasari, menyampaikan pada FJB 2022, total 97.000 masyarakat datang untuk mengenali dan merayakan aneka kelezatan kuliner Indonesia. Sementara itu, ada 90 penjaja kuliner legendaris pada festival yang berlangsung di Plaza Timur dan Parkir Timur GBK Senayan. 

Menurutnya, semangat pengenalan terhadap kuliner nusantara tidak boleh berakhir di pelaksanaan festival ini saja dan harus terus berlanjut di tengah keluarga Indonesia. Oleh karena itu, berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo, pihaknya ingin menginspirasi para ibu agar terdorong mencoba menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah.

"Kami harap kegiatan ini akan membangkitkan semangat para ibu untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah,” sebut Adisty dalam Media & Community Gathering dan Live Cooking Demo bertema: Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu, secara virtual, Selasa (6/12/2022).

Sementara itu, Chef Ragil Imam Wibowo bercerita pada FJB 2022 lalu, dia diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi begitu banyak kuliner legendaris yang ada. Dia juga diminta untuk mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa otentik, tetapi juga mudah untuk diolah.

Akhirnya Ragil dan Bango sepakat memilih Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar untuk diperkenalkan lebih luas lagi kepada keluarga di rumah. "Saya percaya, resep yang kami angkat ini sangat bisa diaplikasikan oleh home chefs, yaitu para ibu di rumah," sebutnya. 

Baca jugaSuka Makan Sate Klatak? Yuk Cari Tahu Asal-usulnya
 

Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh

Total waktu pembuatan: 45 menit, tingkat kesulitan sedang 
 

Bahan

Sate
  • 250 gram daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disate
  • 2 gram garam
  • 5 pcs tusuk sate

Saus Rembiga
  • 120 gram bawang putih cincang
  • 50 gram kecap manis Bango
  • 10   gram terasi Lombok
  • 100 gram cabe merah besar
  • 50   gram cabe keriting
  • 50   gram minyak goreng
  • 100 gram air
 

Cara Memasak

Saus Rembiga

  1. Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan. Aduk merata dan panaskan hingga mendidih
  2. Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit 
  3. Matikan api, saus siap digunakan
  4. Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate
 

Sate Rembiga

  1. Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata
  2. Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata
  3. Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis
  4. Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar
  5. Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang)
  6. Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah.

Baca jugaMengenal Asal-usul Sate Taichan, Ternyata Tercipta Secara Kebetulan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Lagi Tren, Yuk Cobain Sensasi Wisata Budaya saat Liburan Nataru Nanti

BERIKUTNYA

RM Payakumbuah Milik Arief Muhammad Tawarkan Kemitraan, Omzet Capai Miliaran Perbulan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: