Ilustrasi transportasi di Jakarta (Sumber gambar: Adrian pranata/Unsplash)

Cek Jam Operasional Transportasi Umum dan Spot Perayaan Tahun Baru 2023 di Jakarta

28 December 2022   |   17:40 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta siap menyambut perayaan tahun baru 2023. Jelang pergantian tahun yang tinggal menghitung hari, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut akan menggelar ragam acara penyambutan malam tahun baru yang tersebar di kota dan kabupaten.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta Andhika Pertama mengatakan, warga Jakarta diperbolehkan merayakan semaraknya malam tahun baru di tempat terbuka dengan syarat tetap menjaga protokol kesehatan.

Baca juga: Cek 6 Titik Lokasi Festival Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta

Menjadi perayaan tahun baru pertama yang dilaksanakan di ruang terbuka, setelah terkurung pandemi selama dua tahun, sejumlah titik di Jakarta siap dipadati warga yang ingin merasakan euforia Tahun Baru.

Andhika menjelaskan, sepanjang jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman akan menerapkan konsep car free night di malam Tahun Baru nanti, sehingga warga Jakarta disarankan menggunakan transportasi umum untuk mengunjungi lokasi festival malam Tahun Baru.
 

Transportasi Umum

Pemerintah provinsi DKI Jakarta mengatakan akan memperpanjang jam operasional transportasi umum yaitu Transjakarta dan MRT hingga pukul 02.00 WIB pada malam pergantian tahun.

Warga yang tetap ingin membawa kendaraan pribadi diimbau untuk parkir di lokasi yang telah disediakan untuk menjaga ketertiban selama acara berlangsung hingga malam dini hari.

Demi kelancaran acara, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan sinergi dengan Polda Metro Jaya, BNPB, Kemenparekraf, PLN, dan antar OPD. “Di antaranya dengan menyiapkan pasukan keamanan dan kebersihan hingga ke tingkat wilayah kota,” ungkap Andhika dalam pernyataan tertulis.
 

llustrasi malam tahun baru di Jakarta (Sumber gambar: David Ananda/Unsplash)

llustrasi malam tahun baru di Jakarta (Sumber gambar: David Ananda/Unsplash)


Lokasi Titik Perayaan Tahun Baru

Sebagai informasi, Pemrintah provinsi DKI Jakarta menetapkan sejumlah titik lokasi perayaan malam tahun baru. Beberapa di antaranya berlokasi di Thamrin 10, Old Shanghai, Halaman Wali Kota Jakarta Utara, dan lainnya.

Tersedia juga acara hiburan malam khusus pemuda yang akan menyajikan ragam genre musik dari penampilan band yang berbeda-beda dengan tajuk Malam Muda Mudi di sekitar area Sarinah, Stasiun MRT Bundaran HI, FX Sudirman, M Bloc Space, dan lainnya.

Selain sejumlah titik lokasi festival malam tahun baru, kawasan wisata Monumen Nasional (Monas) juga akan dibuka untuk publik hingga pukul 01.00 WIB.

Di Monas, pengunjung bisa menyaksikan atraksi lampu warna warni dan suguhan air mancur mulai pukul 18.00 WIB. Kawasan Kota Tua juga akan menghadirkan banyak komunitas hingga pukul 01.00 WIb dini hari.

Taman wisata bermain, Ancol Taman Impian juga menyiapkan banyak atraksi mulai dari parade, bazar seni, live music, street art performance, hingga pertunjukan kembang api sepanjang malam pergantian tahun baru. Agar acara berjalan lancar, masyarakat juga diimbau untuk tetap waspada dengan situasi cuaca di mana hujan berintensitas tinggi dan cuaca ekstrem diprediksikan akan terjadi hingga malam tahun baru nanti.

Baca juga: Rekomendasi Alat & Bahan Barbeku untuk Merayakan Tahun Baru di Rumah

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Rekomendasi 6 Lokasi Pesta Kembang Api Terbaik 2023 di Indonesia

BERIKUTNYA

Ini Wisata Bersalju Terbaik di Dunia, Yuk Simak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: