Ada banyak aktivitas seru merayakan tahun baru, salah satunya adalah festival kembang api. sumber gambar (Unsplash/ DESIGNECOLOGIST)

Rekomendasi 6 Lokasi Pesta Kembang Api Terbaik 2023 di Indonesia

28 December 2022   |   19:16 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Tahun baru tinggal menghitung hari nih Genhype. Tentu momen istimewa ini pantang dilewatkan karena akan ada banyak aktivitas seru, salah satunya adalah menikmati festival kembang api, yang digelar di beberapa daerah di Indonesia.

Festival kembang api memang identik dengan momen pergantian tahun. Dalam sejarahnya, tradisi tersebut juga sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu oleh masyarakat di China. Sebab bangsa inilah yang pertama kali menemukan kembang api hingga akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Baca juga: Cek Jam Operasional Transportasi Umum dan Spot Perayaan Tahun Baru 2023 di Jakarta

Selain festival kembang api, euforia pergantian tahun biasanya juga dirayakan dengan acara-acara seru. Sebab, selain menjadi acara rutin, momen tahun baru juga menjadi ajang promosi destinasi wisata daerah. Dari sinilah kemudian perputaran ekonomi berjalan dalam memajukan industri pariwisata.

Terkait hal ini, Hypeabis.id merekomendasikan lima lokasi festival kembang api di berbagai daerah di Tanah Air. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut lima pesta kembang api terbaik yang dapat dinikmati pada 2023. 


1. Pantai Ancol, Jakarta

Bagi masyarakat di ibu kota, kalian bisa menikmati pesta kembang api dengan suasana laut di pantai Ancol, Jakarta Utara. Pada malam pergantian tahun baru 2023, Ancol juga menyediakan tiga lokasi pesta kembang api, yaitu Pantai Lagoon, Pantai Festival, dan Putri Duyung Ancol.

Selain itu, pengunjung destinasi wisata pinggir laut itu juga akan disuguhi street art  performance  dii Stone Area Symphony  of The Sea. Kemudian ada juga hiburan live music Ancol Musication di Pantai Lagoon pada 31 Desember 2022 mulai pukul 15.00 WIB.
 

2. Tebing Breksi, Yogyakarta

Kota Gudeg Yogyakarta juga memiliki salah satu lokasi favorit festival kembang api untuk merayakan pergantian tahun. Yaitu wisata Tebing Breksi yang berada di daerah Sleman, Yogyakarta. Bagi yang ingin merayakan suasana tahun baru anti mainstream, tentu tempat ini cocok dijadikan tujuan.

Keunikan Tebing Breksi saat merayakan tahun baru dengan pesta kembang api adalah karena lokasinya yang terletak di kawasan dataran tinggi. Tak hanya itu, kembang api yang diluncurkan di lokasi ini tentu akan memiliki keindahan tersendiri jika dilihat dari bagian bawah tebing.


3. Pantai Kuta, Bali

Jika Genhype sedang merayakan liburan natal dan tahun baru di Bali, kamu juga bisa menyaksikan pesta kemeriahan kembang api di Pantai Kuta. Lantaran memiliki deret pantai cukup yang panjang maka kamu bisa punya banyak pilihan tempat untuk menyaksikan festival kembang api di lokasi ini. 

Tak hanya itu, di pantai yang berlokasi di daerah Denpasar ini biasanya juga dilangsungkan gelaran konser musik yang tentunya semarak. Baik yang diinisiasi oleh warga lokal, restoran, kafe, atau klub malam yang berderet di pesisir Pantai Kuta.
 

4. Semarang, Jawa Tengah

Ibu kota Jawa Tengah ini juga memiliki lokasi perayaan pesta kembang api yang menarik untuk didatangi. Akan tetapi, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang berlangsung di Simpang Lima, momen perayaan tahun baru kali ini hanya dilangsungkan di beberapa lokasi saja.

Adapun, pada malam tahun baru 2023 festival kembang api di Kota Lumpia itu hanya digelar di beberapa titik yang sudah mendapat izin dari kepolisian, yaitu di kawasan pusat perbelanjaan Citraland, Hotel Paragon, dan Hotel KHAS.
 

5. Gili Trawangan, Lombok

Kepulauan Sunda Kecil juga menjadi salah satu lokasi yang bisa dijadikan alternatif merayakan pesta kembang api. Dengan suasana Gili Trawangan tentunya festival kembang api tahun ini akan menjadi momen berkesan bagi kalian, tentunya sambil berdansa dengan iringan musik khas pantai yang seru.

Tak hanya sekedar berjoget, biasanya di Gili Trawangan juga ada pertunjukan fire dance yang dilakukan oleh profesional lewat aksi-aksi mereka yang menakjubkan. Adapun, di pagi harinya kamu bisa bergeser ke sisi timur pulau untuk menunggu matahari terbit pertama di tahun baru.
 

6. Jembatan Ampera, Palembang

Bagi yang sedang traveling ke Kota Pempek di Palembang, tak lengkap rasanya jika tidak menikmati pesta kembang api di Jembatan Ampera. Pasalnya di jembatan bersejarah ini selalu menjadi spot paling populer untuk merayakan pergantian tahun.

Salah satu keunikan festival kembang api di Jembatan Ampera adalah latar belakangnya yang luas, sehingga kalian dapat menikmati panorama kembang api yang dinyalakan. Selain itu, Genhype bisa menikmati keindahan Sungai Musi yang melegenda. 

Baca juga: Cek 6 Titik Lokasi Festival Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Manoj Optimis Tembus 5 Juta Penonton, KKN di Desa Penari: Luwih Dowo, Luwih Medeni Tawarkan Hal Ini

BERIKUTNYA

Cek Jam Operasional Transportasi Umum dan Spot Perayaan Tahun Baru 2023 di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: