Salju membuat daratan menjadi putih (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Flo Maderebner)

Ini Wisata Bersalju Terbaik di Dunia, Yuk Simak

28 December 2022   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setiap tahun, salju menutupi sebanyak 46 juta kilometer persegi atau sekitar 17,8 juta mil persegi dunia, terutama di seluruh Amerika Utara, Greenland, Eropa, dan Rusia. Hampir setiap lokasi di Amerika Serikat terlihat hujan salju.

Salju juga turun di belahan bumi selatan selama musim dingin Australia, terutama di Antartika dan di pegunungan tinggi Selandia Baru dan Amerika Selatan. Dikutip dari National Snow and Ice Data Center, salju adalah curah hujan yang terbentuk ketika uap air membeku. Jadi, salju bukan hujan es. Namun, kristalisasi es yang biasanya terbentuk di awan.

Baca juga: Rekomendasi Wisata di 5 Destinasi Kota Favorit, Liburan Seru bareng Keluarga

Ketika suhu turun di bawah 0° C (32° F) dan ada kelembaban yang cukup di atmosfer, uap air mengembun langsung menjadi es tanpa melalui tahap cair. “Setelah kristal es terbentuk,  dia menyerap dan membekukan uap air tambahan dari udara di sekitarnya, tumbuh menjadi kristal salju atau pelet salju, yang kemudian jatuh ke bumi.

Saat salju turun, suatu daerah akan menjadi putih lantaran tertutup oleh es. Kondisi ini menjadikan beberapa daerah terlihat indah, sehingga menjadi tempat yang cocok bagi para traveller untuk menikmati keindahannya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut wisata bersalju terbaik pada 2022 yang dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan.
 

Jepang

Negeri Matahari Terbit ini adalah salah satu dari sejumlah negara yang dapat menjadi pilihan untuk menikmati wisata bersalju terbaik. Di negara yang kerap disebut sebagai Negeri Sakura itu memiliki festival salju pada musim dingin.

Festival Salju itu adalah Festival Salju Sapporo. Salah satu yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di festival ini adalah kontes patung salju internasional. Kontes yang dimulai pada 1974 silam itu adalah kontes yang melibatkan tim dari negara, wilayah, dan kota di seluruh dunia.

Kalian dapat menikmati dari dekat patung salju yang dibuat selama festival itu, dan mengabadikannya untuk memenuhi media sosial Instagram.
 

Finlandia

Negara lain yang menjadi tujuan untuk menikmati wisata bersalju terbaik adalah Finlandia. Di tempat ini, traveller bisa menikmati hamparan putih salju sambil melakukan sejumlah aktivitas seperti bermain ice skating atau menaiki mobil salju.

Tidak hanya itu, di tempat ini juga para pelancong bisa menikmati panorama menawan langit Finlandia yang menyuguhkan lanskap alam berwarna putih dan langit merah.
 

Ceko

Negara lain yang tidak boleh terlewati saat musim bersalju adalah Ceko, tepatnya di Praha. Untuk kalian ketahui, Praha adalah tempatnya bangunan-bangunan bersejarah, seperti Kota Tua atau Stare Mestro, Jembatan Charles, Kasti Praha atau Prazsky Hrad, Balai Kota dan Gedung Jam Astronomi, dan sebagainya. Saat salju turun, bangunan bersejarah itu menjadi sangat indah. Tidak hanya itu, bangunan itu pun kian terasa romantis.
 

Austria

Negara lainnya yang dapat menjadi destinasi wisata bersalju adalah Austria. Wisatawan dapat menikmati tur ski dan salju di negara ini. Budaya bermain ski di negara ini begitu kental sehingga membuat para wisatawan merasakan suasana kenal musim salju. Tidak hanya itu, desa-desa seperti di dalam dongeng, pegunungan, hutan bersalju, dan juga danau beku menjadi pemandangan yang indah.   

Baca juga: Liburan di Rumah Aja? Cek 5 Rekomendasi Film Bertema Natal Ini

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Jam Operasional Transportasi Umum dan Spot Perayaan Tahun Baru 2023 di Jakarta

BERIKUTNYA

Sambut Tahun Baru, Cek Drakor yang Tayang Januari 2023 di Viu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: