Netflix (Sumber gambar: Mollie Sivaram/Unsplash)

Jelang 2023, Netflix Rencanakan Hapus Fitur Berbagi Akun dan Password

28 December 2022   |   16:28 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Salah satu layanan streaming populer, Netflix berencana untuk menghapus fitur berbagi akun dan password di tahun mendatang. Kebijakan ini merupakan respons atas maraknya penyalahgunaan yang sudah keluar jalur dari aturan berbagi akun di Netflix.

Dilansir dari situs Netflix, akun berbagi seharusnya diperuntukan untuk mempermudah kepemilikan akun bagi orang-orang yang tinggal bersama dalam satu rumah tangga.

Namun upaya yang ingin diterapkan Netflix dalam kebijakan tersebut salah kaprah. Mereka mengalalami banyak masalah sejak meluncurkan fitur berbagi akun yang bisa digunakan oleh sejumlah perangkat tersebut. Selain menilik masalah keamanan, Netflix juga mengalami penurunan pendapatan dan pelanggan yang cukup besar karena hal ini.

Baca jugaNetflix Bakal Rilis Layanan dengan Iklan, Apa Untung & Ruginya buat Pelanggan?

Dilansir dari Forbes, Netflix nyaris kehilangan satu juta pelanggan hanya dalam rentang April hingga Juli 2022. MacRumors juga melaporkan sekitar 222 juta rumah tangga berbagi password dengan 100 juta rumah tangga tambahan.

Netflix datang dengan ide untuk mengatur fitur berbagi akun lebih ketat. Sebelumnya, Netflix meminta penggunanya untuk memverifikasi perangkat saat perangkat digunakan secara terus-menerus di luar rumah tangga. Pengguna mungkin tidak bisa melanjutkan untuk menonton Netflix sebelum memverifikasi perangkat tersebut.

“Kami melakukan ini untuk mengonfirmasi bahwa perangkat yang menggunakan akun tersebut berwenang untuk melakukannya,” ungkap Netflix dikutip dari situs resminya.
 

Netflix (Sumber gambar: Mollie Sivaram/Unsplash)

Netflix (Sumber gambar: Mollie Sivaram/Unsplash)


Verifikasi perangkat dapat dilakukan dengan cara mengklik tautan email dan nomor telepon dari pemilik akun utama Netflix. Nantinya, tautan tersebut akan berisi kode verifikasi 4 digit yang harus dimasukkan ke kotak kode verifikasi Netflix dalam waktu 15 menit.

Kode itu akan kadaluwarsa jika melewati 15 menit. Pengguna harus meminta kode ulang untuk verifikasi. Jika berhasil, maka perangkat tersebut bia digunakan untuk menonton Netflix.

Netflix menyebut langkah ini merupakan upaya layanan streaming itu untuk menepis penggunaan yang tidak sah dalam sebuah akun. Netlix akan mendeteksi perangkat pemilik akun Netflix secara berkala mulai dari penggunana informasi alamat IP, ID perangkat, hingga aktivitas akun dari perangkat yang masuk ke akun Netflix.

Langkah deteksi ini diambil untuk memastikan bahwa tidak ada perangkat lain yang digunakan pemilik akun di luar rumah tangga yang ditentukan.

Dari laporan Wall Street Journal, tampaknya Netflix mengindikasikan akan benar-benar menghapus fitur berbagi akun tersebut. Netflix berencana untuk membuat sistem pengguna berbayar bagi pemilik akun yang membagikan kata sandi Netflix dengan perangkat di luar rumah. Saat ini, akun Netflix bisa digunakan oleh lima profil dalam satu akun.

Fitur inilah yang acap kali digunakan oleh banyak orang dalam satu profil pengguna. Untuk itu, mereka merencanakan untuk membuat fitur satu rumah satu akun. Perangkat lain yang terdeteksi menggunakan akun diluar rumah tangga tersebut harus membayar biaya tambahan.

Baca jugaAlice in Borderland S2 Tayang, Yuk Cek Fakta Menariknya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Membanggakan! Ganda Campuran Indonesia Rinov/Pitha Masuk 10 Besar Dunia

BERIKUTNYA

Merek Fesyen Lokal Josephine Anni Rilis Koleksi Busana Kasual & Timeless

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: